Your browser does not support JavaScript!

Tahap Urutan Pengiriman Barang pada J&T Express [2024]

Penulis Andi Saputra - Diperbarui pada February 28, 2023

Tahap Urutan Pengiriman Barang pada J&T Express –  adalah salah satu perusahaan layanan pengiriman barang yang banyak digunakan di Indonesia. Dalam melakukan pengiriman barang, J&T Express memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui. Berikut adalah tahapan-tahapan dalam melakukan pengiriman barang menggunakan J&T Express. Sama halnya dengan jasa ekspedisi lainnya, proses pengiriman paket melalui J&T Express juga memiliki urutan yang jelas. Perbedaannya hanya ada di istilah atau status pengiriman.

Sebagai penjual maupun konsumen yang menggunakan jasa pengiriman barang J&T Express, penting untuk mengetahui urutan pengiriman J&T Express agar terhindar dari kebingungan saat kamu melacak paket kamu. Kamu juga bisa mempelajari  jika ingin mengetahui detail proses pengiriman barang menggunakan J&T Express. Namun, dengan mengetahui urutan pengiriman J&T Express secara garis besar juga dapat membantu kamu memahami keseluruhan proses pengiriman J&T.

J&T Express memiliki tahapan jelas dalam pengiriman barang yang penting diketahui oleh penjual dan konsumen untuk menghindari kebingungan saat melacak paket. Meskipun prosesnya mirip dengan jasa ekspedisi lainnya, J&T Express menggunakan istilah atau status pengiriman yang berbeda. Memahami urutan, arti istilah dan status pengiriman J&T Express membantu memahami keseluruhan proses pengiriman barang dengan J&T Express.

Sebagai penjual maupun konsumen yang menggunakan jasa pengiriman barang J&T Express, penting untuk mengetahui urutan pengiriman J&T Express agar terhindar dari kebingungan saat kamu melacak paket kamu. Kamu juga bisa mempelajari arti istilah dan status pengiriman J&T Express jika ingin mengetahui detail proses pengiriman barang menggunakan J&T Express. Namun, dengan mengetahui urutan pengiriman J&T Express secara garis besar juga dapat membantu kamu memahami keseluruhan proses pengiriman J&T.

Bagaimana Urutan Pengiriman J&T?

Semua barang atau paket yang masuk harus dikirim berdasarkan peraturan dari perusahaan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman. Prosedur pengiriman paket yang telah ditetapkan oleh J&T Express harus diikuti oleh semua marketplace yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Beberapa marketplace yang telah bekerja sama dengan J&T Express di antaranya adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dalam bekerja sama dengan J&T Express, marketplace harus memastikan bahwa produk yang dijual dan dikirimkan melalui layanan ekspedisi tersebut sesuai dengan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Bagaimana Proses Pengiriman Paket J&T Secara Detail?

Berikut adalah urutan pengiriman paket melalui J&T Express:

1. Pengirim Menyerahkan Paket ke Drop Point atau Pickup

Proses pengiriman pertama dalam J&T Express dimulai saat pengirim menyerahkan paket melalui Drop Point terdekat. Drop Point, atau lebih dikenal dengan sebutan agen, adalah perantara atau pihak penyambung antara kurir dengan pelanggan J&T Express. Dalam hal ini, J&T Express memiliki keunggulan dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya karena Drop Point J&T Express dikelola secara terpusat, sehingga risiko barang tercecer dapat dihindari.

Sistem Drop Point juga memungkinkan pelanggan untuk mengirim paket kapan saja, bahkan pada hari Minggu dan hari libur nasional. Namun, perlu diingat bahwa paket barang yang akan dikirimkan melalui Drop Point sebaiknya sudah dikemas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh J&T Express. Jika tidak memungkinkan, pelanggan dapat memanfaatkan layanan packing yang disediakan oleh J&T Express.

Selain melalui Drop Point, pelanggan juga dapat mengirimkan paket barang menggunakan layanan jemput paket (pickup). Layanan ini merupakan bagian dari inovasi J&T Express yang mempermudah pelanggan dalam mengirimkan barang tanpa harus keluar rumah. Dalam hal ini, pelanggan dapat mengatur jadwal jemput paket sesuai dengan keinginan, sehingga tidak perlu repot mengantarkan barang ke Drop Point. Hal ini tentunya memudahkan pelanggan yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk datang ke Drop Point.

Dengan begitu, J&T Express menawarkan berbagai macam pilihan bagi pelanggan untuk mengirimkan paket barang dengan mudah dan nyaman. Proses pengiriman yang cepat dan terpercaya menjadi salah satu keunggulan dari layanan J&T Express dalam menghadirkan pengalaman yang terbaik bagi pelanggan. Jika kamu tertarik untuk daftar agen J&T Express, pelajari syarat dan cara daftarnya di artikel lain kami.

2. Paket Diterima Pihak Drop Point

Setelah paket diserahkan ke petugas J&T Express, maka langkah berikutnya adalah proses pencatatan data dan penginputan ke dalam sistem J&T. Di dalam bukti pengiriman yang diterima oleh pengirim, terdapat nomor resi yang dapat digunakan untuk melacak perjalanan paket.

Jika kamu menggunakan layanan pickup, maka nomor resi akan langsung diserahkan kepada pengirim. Tidak perlu khawatir, kamu dapat melacak paketmu kurang lebih dalam waktu 30 menit setelah paket dimasukkan ke dalam sistem J&T Express.

Pastikan untuk menyimpan nomor resi dengan baik agar memudahkanmu saat melakukan pelacakan. Dengan mengetahui nomor resi, kamu dapat memantau perjalanan paketmu hingga sampai ke tangan penerima dengan mudah dan cepat.

3. Pengiriman ke Transit Center

Tahap selanjutnya adalah pengiriman paket dari drop point menuju ke transit center ataupun gudang sortir. Letak transit center atau gudang sortir biasanya berada di pusat kota dari pengirim. Di tahap ini, paket-paket akan disortir dan dipisahkan berdasarkan daerah tujuannya. Tak jarang, paket akan melalui transit beberapa kali.

Secara keseluruhan, proses pada tahap ini memakan waktu cukup lama yaitu kurang lebih 1 hari kerja. Jadi saat kamu melacak paket kamu dan paket kamu terlihat tidak bergerak, kemungkinan paket kamu masih diproses di gudang sortir sebelum dikirimkan ke kota tujuan.

4. Pengiriman Paket ke Kota Tujuan

Setelah paket disortir berdasarkan kota tujuan dan masuk dalam sistem J&T Express, tahap selanjutnya adalah pengiriman paket ke kota tujuan. Paket akan ditampung sementara pada gudang sortir di kota tujuan. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan berbeda-beda tergantung pada jarak dan layanan pengiriman yang dipilih oleh pengirim.

J&T Express menawarkan beberapa pilihan layanan, di antaranya layanan regular dan layanan cepat EZ. Jika menggunakan layanan EZ, paket dapat sampai ke tujuan maksimal dalam waktu 3 hari. Namun, jika memilih layanan lain, waktu pengiriman bisa berbeda tergantung dari jarak dan rute pengiriman.

Sebelum memilih layanan pengiriman, pastikan kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing layanan. Harga dari setiap layanan juga berbeda-beda. Biasanya, layanan pengiriman dengan harga lebih murah akan membutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama. Pastikan untuk cek ongkir agar bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

5. Pengiriman ke Drop Point J&T Express Terdekat

Saat paket sudah sampai di gudang J&T pada kota tujuan, resi akan diperbarui dan selanjutnya akan dikirim ke drop point berikutnya. Pengiriman ke drop point ini dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan biasanya memakan waktu kurang lebih 1 hari.

Setelah itu, paket akan diserahkan kepada pihak drop point J&T Express terdekat dari alamat penerima. Dalam hal ini, kamu bisa memantau status pengiriman paket menggunakan nomor resi yang telah diberikan sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kapan paket akan tiba di drop point dan siap untuk diambil oleh penerima.

6. Pengiriman dari Drop Point ke Alamat Tujuan

Setelah paket kamu sampai di drop point terdekat dari alamat tujuan, pihak J&T Express terdekat akan memberikan instruksi pada kurir untuk mengantarkan paketmu ke alamat tujuan. Status pengiriman kamu juga akan berubah menjadi “sedang diantar ke lokasi oleh kurir”.

Perlu diingat juga bahwa kurir akan melakukan pengiriman paket kamu bersama dengan paket-paket lainnya. Oleh karena itu, penulisan alamat tujuan yang benar dan lengkap sangatlah penting agar kurir tidak kebingungan saat mengirimkan paketmu. Hal ini akan mempermudah proses pengiriman dan mencegah paket kamu tercecer atau tertukar dengan pengiriman lain.

7. Paket Terkirim

Kurir J&T Express akan melakukan pengiriman paket dan mengantarkannya ke alamat berdasarkan urutan atau daftar kirimannya. Setelah sampai ke alamat penerima, maka kurir akan menghubungi pihak penerima untuk menyerahkan paket dan urutan pengiriman J&T pun selesai dilakukan. Kamu juga bisa mengambil langsung paket di kantor J&T, layanan ambil paket langsung di kantor disebut J&T Jemari.

Kesimpulan

Mengetahui urutan pengiriman J&T Express sangat penting untuk memantau paket yang sedang dikirim. J&T Express selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan memperhatikan setiap tahapan pengiriman barang dengan cermat dan teliti. Jangan lupa untuk memasukkan nomor resi dengan benar saat melacak paket agar kamu dapat mengetahui status pengiriman paketmu dengan tepat.

Cek Ongkir J&T Express