Your browser does not support JavaScript!

Syarat, Cara, dan Keuntungan Mitra Agen Wahana

Penulis Andi Saputra - Diperbarui pada March 24, 2023

Ilustrasi kartun kantor wahana

Syarat, Cara, dan Keuntungan Mitra Agen Wahana – Mitra Agen Wahana adalah salah satu program bisnis yang ditawarkan oleh PT. Wahana Prestasi Logistik sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman dan logistik. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bergabung menjadi agen resmi Wahana dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Dalam program ini, para Mitra Agen Wahana akan menjadi mitra usaha resmi dari Wahana dan dapat menawarkan berbagai layanan pengiriman paket kepada konsumen, baik untuk pengiriman dalam kota maupun antar kota. Selain itu, para Mitra Agen Wahana juga dapat menikmati keuntungan berupa diskon harga, cashback, dan hadiah menarik lainnya.

Mitra Agen Wahana menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memulai bisnis di bidang logistik tanpa harus memulainya dari nol. Dengan bergabung dalam program ini, para Mitra Agen Wahana akan mendapatkan dukungan dari Wahana dalam hal pemasaran, pelatihan, dan peningkatan kapasitas bisnis. Sehingga, para Mitra Agen Wahana dapat membangun bisnis mereka dengan lebih mudah dan efektif. Hal itu wajar saja, karena Wahana selama ini dikenal dengan cek ongkir yang mudah.
Berikut kami berikan informasi lengkap terkait syarat, cara, dan juga keuntungan dengan bergabung menjadi Mitra Agen Wahana.

Syarat Menjadi Mitra Agen Wahana

Berikut syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menjadi Mitra Agen Wahan adalah sebagai berikut:

Memenuhi dokumen syarat adminstrasi.

Syarat administrasi untuk Mitra Agen perorangan:

  • Fotokopi KTP pemilik agen
  • Fotokopi KTP penanggung jawab agen (jika ada)
  • Fotokopi NPWP
  • 3 lembar pas foto berukuran 4×6

Syarat administrasi untuk Mitra Agen berbadan hukum:

  • Fotokopi akta pendirian perusahaan
  • Fotokopi NPWP Perusahaan
  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan)
  • Fotokopi surat keterangan domisili perusahaan
  • Pas foto penanggung jawab berukuran 4×6 (3 lembar)

Memiliki lokasi usaha dengan tipe bangunan permanen serta mudah terlihat/terjangkau.
Hal ini dimaksudkan agar Mitra Agen mudah ditemukan oleh pelanggan dan memberikan kepercayaan kepada pelanggan tentang keberlangsungan usaha.

Tersedia ruangan dengan luas minimal 2 x 2 meter untuk penerimaan paket.
Syarat ini penting agar agen memiliki ruang yang cukup untuk menerima paket dari pelanggan dan melakukan proses pengiriman dengan nyaman dan teratur.

Mampu menyediakan perlengkapan sebagai berikut:

  • Komputer/tablet/smartphone
  • Printer & CCTV
  • Internet
  • Timbangan & meteran

Syarat ini penting agar agen memiliki fasilitas yang cukup untuk melakukan proses pengiriman, seperti mencatat data pengiriman, mencetak label pengiriman, menghitung berat paket, serta memonitor proses pengiriman melalui sistem yang telah disediakan.

Lahan parkir yang memadai cukup untuk minimal 1 mobil.
Syarat ini diperlukan untuk memastikan bahwa agen memiliki fasilitas yang cukup untuk melakukan proses pengiriman, khususnya untuk menampung kendaraan yang digunakan untuk mengambil dan mengirimkan paket dari pelanggan.

Memiliki akses jalan dengan minimal lebar 4 meter dan dapat dilalui kendaraan roda empat.
Hal ini penting agar kendaraan yang digunakan dapat masuk dan keluar dari lokasi agen dengan mudah dan aman, sehingga proses pengiriman dapat dilakukan secara lancar.

Membayar biaya administrasi pendaftaran keagenan.
Biaya pendaftaran ini biasanya mencakup biaya training dan pengenalan sistem serta biaya administrasi lainnya yang diperlukan untuk menjadi mitra agen resmi Wahana.

Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, calon mitra agen Wahana dapat bergabung dan memanfaatkan peluang bisnis logistik yang terus berkembang dengan dukungan jaringan pengiriman Wahana yang luas dan sistem manajemen yang terintegrasi dengan baik.

Cara Menjadi Mitra Agen Wahana

Berikut adalah cara mendaftar menjadi Mitra Agen Wahana yang bisa Anda lakukan setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku:

Mengisi Formulir Pengajuan Agen Wahana
Tahap pertama untuk mendaftar menjadi Mitra Agen Wahana adalah mengisi “Formulir Pengajuan Agen Wahana” yang tersedia di website resmi Wahana pada www.wahana.com di halaman “Kerjasama Bisnis”. Calon Mitra Agen Wahana diharuskan untuk mengisi semua data dengan benar dan lengkap sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya. Setelah itu, calon Mitra Agen dapat mengklik tombol “Submit” untuk mengirimkan formulir tersebut. Pada tahap awal ini, data yang dikirimkan meliputi:

  • Nama calon Mitra Agen Wahana
  • Alamat lengkap usaha
  • Jenis bangunan yang akan digunakan untuk menjadi mitra
  • Nomor WA, Email, Sosial Media, dan sebagainya

Pengecekan Calon Mitra Agen Wahana
Setelah Anda berhasil mengirimkan formulir pengajuan tersebut, tim sales dari Wahana akan menghubungi calon Mitra Agen melalui kontak yang Anda isi di formulir sebelumnya untuk melakukan pengecekan data yang Anda berikan. Selanjutnya, Calon Mitra Agen akan dicek melalui beberapa survey baik secara online dan offline. Pengecekan online tersebut dilakukan untuk memeriksa kelayakan dari lokasi ruko atau tempat calon Mitra Agen, sedangkan pengecekan offline dilakukan untuk memeriksa semua kelengkapan dari syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menjadi Mitra Agen Wahana.

Pembayaran Biaya Administrasi Keagenan Wahana
Setelah calon Mitra Agen lulus pengecekan dari tim sales, calon Mitra Agen dapat melakukan pembayaran administrasi dengan cara transfer ke Bank yang telah ditentukan oleh PT. Wahana Prestasi Logistik. Biaya pendaftaran tersebut dapat berbeda-beda tergantung wilayah dan jenis agen yang dipilih.

Mengikuti Pelatihan Keagenan dari Tim Wahana
Setelah calon Mitra Agen Wahana melakukan pembayaran biaya administrasi keagenan, pihak Wahana akan memberikan jadwal pelatihan sistem keagenan secara online kepada calon agen tersebut. Pelatihan ini akan membahas beberapa hal terkait sistem keagenan Wahana seperti syarat dan ketentuan pengiriman paket, pembuatan resi di dashboard agen, cara mencetak resi, serta cara menempel resi pada paket yang akan dikirimkan. Selain itu, dalam pelatihan juga akan dibahas tentang bagaimana cara melakukan permintaan pick-up barang. Pelatihan tersebut bertujuan agar calon Mitra Agen Wahana memahami dengan baik sistem keagenan Wahana dan bisa melayani pelanggan dengan baik dan profesional.

Pemberian Kelengkapan Atribut Keagenan
Setelah calon Mitra Agen Wahana telah melewati semua tahapan pendaftaran dan pelatihan sistem keagenan, mereka akan diberikan kelangkapan atribut keagenan berupa papan acrylic dengan logo Wahana, poster syarat dan ketentuan, spanduk/banner Wahana, seragam Mitra Agen, dan cashback yang berlaku. Atribut keagenan tersebut akan dikirimkan oleh pihak Wahana ke alamat agen yang bersangkutan. Setelah menerima semua atribut keagenan tersebut, maka calon Mitra Agen sudah secara resmi menjadi Mitra Agen Wahana. Atribut keagenan ini berguna sebagai alat branding dan memudahkan agen dalam memberikan informasi tentang layanan dan syarat dan ketentuan pengiriman yang disediakan oleh Wahana.

#2: Keuntungan Menjadi Mitra Agen Wahana

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi Mitra Agen Wahana:

Keuntungan dari setiap paket yang berhasil dikirim
Sebagai Mitra Agen Wahana, Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap paket yang dikirim melalui layanan Wahana. Keuntungan yang didapatkan bervariasi tergantung pada jenis layanan yang dipilih dan berapa banyak paket yang berhasil dikirimkan oleh Mitra Agen.

Ongkos kirim yang kompetitif
Wahana menawarkan ongkos kirim yang sangat kompetitif, sehingga Anda dapat menarik pelanggan yang mencari pengiriman yang cepat namun tetap terjangkau. Dengan ongkos kirim yang kompetitif ini, Anda sebagai Mitra Agen Wahana dapat bersaing dengan layanan pengiriman lainnya.

Jenis layanan pengiriman yang beragam
Wahana menyediakan berbagai macam layanan pengiriman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Layanan tersebut antara lain layanan Express, layanan Kargo, layanan NextDay, layanan Ekonomis, layanan Gedung dan Apartemen, serta layanan Singapura. Dengan menawarkan berbagai pilihan layanan tersebut, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dengan berbagai kebutuhan pengiriman mereka.

Terdaftar di marketplace online seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak
Wahana telah terdaftar di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak, sehingga pelanggan dapat mengakses layanan pengiriman dengan mudah melalui platform tersebut. Hal ini memberikan peluang bagi Anda sebagai mitra agen Wahana untuk meningkatkan pengiriman.

Jangkauan kiriman yang luas
Wahana memiliki jangkauan pengiriman yang luas, tidak hanya di seluruh Indonesia, tetapi juga ke Singapura. Hal ini memberikan peluang bagi Anda sebagai Mitra Agen Wahana untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan omset bisnis Anda.

Tempat yang fleksible
Sebagai Mitra Agen Wahana, tempat usaha Anda dapat digabungkan dengan agen Wahana. Hal ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan potensi penjualan Anda. Jika Anda memiliki toko atau usaha lain, maka Anda dapat membuka agen Wahana di tempat tersebut, sehingga pelanggan dapat mengakses layanan pengiriman dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Menjadi Mitra Agen Wahana memberikan peluang bisnis yang menjanjikan dengan jaringan yang luas di seluruh Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh penghasilan tambahan dan meningkatkan pengalaman serta keahlian dalam industri logistik. Meskipun menjadi Mitra Agen Wahana memiliki tantangan dan tanggung jawab yang besar, namun dengan kerja keras dan dedikasi, peluang untuk meraih kesuksesan dalam bisnis logistik bisa terbuka lebar.

 

Baca juga:

  1. Cara Mudah Cek Lokasi Agen Wahana
  2. Perbedaan dan Kelebihan dari Tiap Tipe Layanan Wahana
  3. Hari dan Jam Operasional Wahana (Terbaru)
  4. Layanan Express Wahana: Kelebihan & Kekurangannya
Cek Ongkir Wahana