Your browser does not support JavaScript!

Pentingnya Pengoptimalan Pengiriman Last Mile

By Pandu Saputra - August 12, 2021

Pentingnya Pengoptimalan Pengiriman Last Mile

Di era digital yang maju ini, toko online harus bekerja keras untuk menyenangkan pembeli e-commerce. Harapan pelanggan bahwa barang akan terkirim dengan akurat, cepat, dan dalam kondisi prima dengan biaya rendah. Untuk mempertahankan kepercayaan klien, tingkat layanan terbesar harus diterapkan secara teratur. Organisasi logistik terkemuka yang mengelola setiap bagian dari rantai pasokan dengan benar diperlukan untuk mempertahankan klien secara efektif. Kemampuan toko untuk mengelola koneksi dengan mitra bisnis sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka.

Baca juga: Transporter Umum Cargo Tracking, Ship, Handling

Memilih Perangkat Lunak untuk Pengoptimalan Last Mile

Penggunaan perangkat lunak pengoptimalan last-mile untuk melacak pesanan secara real time sangat penting untuk memenuhi permintaan klien. Sementara beberapa perusahaan mungkin memilih untuk melibatkan profesional perangkat lunak internal untuk membuat aplikasi khusus, layanan outsourcing ke vendor luar negeri yang dapat membantu perusahaan Anda bermigrasi ke pengembangan aplikasi seringkali merupakan pilihan yang paling hemat biaya.

Aplikasi logistik seluler meningkatkan fungsionalitas keseluruhan dengan mengintegrasikan berbagai bagian sistem inti. Dengan membuat laporan mendalam yang merangkum operasi distribusi, laporan tersebut membantu meningkatkan visibilitas secara keseluruhan. Laporan ini dapat digunakan oleh operator jarak jauh untuk membuat prosedur logistik langkah demi langkah untuk meningkatkan kinerja pengiriman jarak jauh.

Baca juga: Cek Ongkir All Ekspedisi Cargo Murah: 4 Pilihan Editor

Rencana tindakan, dibantu dengan penggunaan alat pengoptimalan jarak jauh, membantu pendelegasian aset dan tenaga kerja antara operasi pabrik dan gudang. Setelah selesainya pengembangan perangkat lunak last mile, kumpulan data dasar dibuat dengan memanfaatkan data historis. Ini adalah alat yang sangat berguna yang dapat digunakan untuk membuat penilaian yang lebih baik, meningkatkan prosedur, dan menerapkannya dengan benar. Ini penting untuk menerapkan rangkaian opsi pengiriman menit terakhir yang diperbarui perusahaan Anda, yang diarahkan untuk menurunkan biaya dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Mengoptimalkan Prosedur Operasi dengan Perangkat Lunak Pengoptimalan Last Mile

Rencanakan untuk membuat seperangkat prosedur operasi standar setelah Anda menghasilkan rencana kinerja yang realistis dan dapat diukur berdasarkan pengumpulan data yang Anda tetapkan. Ini mungkin memerlukan melacak kinerja pengemudi. Ketika rute tidak terhubung atau dirancang dengan buruk, ini dapat menyebabkan hilangnya produktivitas secara signifikan, menyebabkan sumber daya perusahaan Anda merembes keluar. Daripada menunggu atau membuang-buang waktu, waktu pengemudi yang jauh dari pusat distribusi harus digunakan untuk mengemudi di sepanjang rute yang paling efektif dan menurunkan muatan. Garis waktu untuk waktu pemuatan dan pemeriksaan kendaraan juga dilacak dengan bantuan perangkat lunak pengoptimalan jarak tempuh terakhir.

Baca juga: Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Besar