Your browser does not support JavaScript!

Pentingnya Fleksibilitas Rantai Pasokan

By Pandu Saputra - September 13, 2021

Pentingnya Fleksibilitas Rantai Pasokan

Lanskap rantai pasokan menjadi lebih sulit dari hari ke hari. Organisasi dan tim akan ditelan oleh pesaing atau terjebak dalam ketidakefisienan jika peristiwa terkini tidak mendorong mereka untuk melihat nilai dari kelincahan rantai pasokan yang gesit. Pada akhirnya, ini semua tentang pola pikir: apakah perusahaan Anda proaktif atau reaktif.

Sementara bisnis reaktif berada di bawah kekuasaan kekuatan eksternal seperti gangguan rantai pasokan dan kerusakan peralatan, bisnis proaktif melihat ke depan dan mendeteksi risiko, kemudian bekerja mundur untuk berkoordinasi dan merencanakan ke depan. Kelompok-kelompok ini memahami bahwa mengkoordinasikan orang dan sumber daya sebelumnya sangat penting untuk memecahkan kesulitan sehari-hari dan mengantisipasi ancaman di masa depan.

Kami percaya bahwa kelincahan operasional – kemampuan organisasi untuk melenturkan dan menyesuaikan operasi, teknologi, dan informasinya dalam menanggapi perubahan kebutuhan bisnis dan perkembangan pasar – adalah kunci keberhasilannya. Menciptakan kelincahan dalam rantai pasokan memungkinkan para profesional rantai pasokan untuk meningkatkan waktu respons mereka terhadap perubahan, melihat kinerja di seluruh organisasi di satu tempat, berintegrasi di seluruh sistem inti, dan mencapai semua ini dengan kecepatan yang lebih cepat.

Fokus pada kelincahan ini telah menghasilkan kesuksesan rantai pasokan yang signifikan. Kelincahan operasional dapat berdampak besar pada proses rantai pasokan, mulai dari strategi sumber multi-bagian hingga kartu skor risiko vendor dan pembuatan program proaktif. Otomatisasi alur kerja dan visibilitas yang ditingkatkan adalah dua kualitas utama yang kami yakini mendorong pendekatan ini untuk meningkatkan kelincahan. Inilah cara mereka dapat membantu Anda meningkatkan kelincahan rantai pasokan sambil juga mempersiapkan perusahaan Anda untuk perubahan.

Baca juga: Tarif Cargo Murah Terdekat: Ekspedisi Antar Jemput

Otomatisasi Proses Kerja

Alur kerja yang terjebak dalam prosedur manual dan sistem manual seperti Excel jauh lebih memakan waktu untuk dikelola, belum lagi lebih berisiko karena kesalahan manusia. Menurut laporan Ketahanan Rantai Pasokan Quickbase, proses manual adalah akar penyebab dari waktu reaksi yang tertunda hingga perubahan yang tidak direncanakan bagi 39% pemimpin rantai pasokan. Lebih buruk lagi, ketika alur kerja terjadi di banyak sistem manual secara bersamaan, prosedur bisa menjadi sangat rumit untuk dipelihara. Pengeluaran yang berlebihan, kesulitan untuk mengukur, dan, tentu saja, kegagalan untuk merespons dengan cepat terhadap perubahan adalah semua kemungkinan hasil.

Ketika perusahaan merangkul kelincahan, mereka dapat mengatasi hambatan kritis seperti data terkunci dalam sistem inti dan kurangnya kerja sama. Alur kerja otomatis memungkinkan penyelesaian tugas dengan cepat dan konsisten tanpa memerlukan sumber daya tambahan. Solusi terintegrasi yang cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan alur kerja Anda, serta pendekatan berbasis tim yang memanfaatkan pengalaman tim Anda, akan memungkinkan Anda untuk bereaksi lebih cepat terhadap gangguan rantai pasokan.

Informasi yang Terlihat dan Dapat Diakses

Operasi manual ini juga menyebabkan masalah visibilitas data. Tim Anda tidak akan memiliki visibilitas ke informasi penting yang menginformasikan pekerjaan mereka jika data diisolasi dalam sistem inti yang tidak dapat diakses yang tidak ditautkan. Organisasi yang makmur adalah mereka yang menciptakan satu sumber kebenaran.

Dengan berfokus pada kelincahan operasional, tim bisnis Anda akan dapat menjalankan proses yang mereka kenal. Tim sekarang dapat berkolaborasi secara lebih efektif dan cepat dengan pemasok, vendor, dan pemangku kepentingan mereka di seluruh organisasi. Memberikan informasi yang benar pada waktu yang tepat untuk tim rantai pasokan akan memberikan perusahaan fleksibilitas yang mereka butuhkan untuk merespons perubahan.

Baca juga: Expedisi Pengiriman Barang Kargo Cepat Kirim Online

Memilih Platform Terbaik

Organisasi yang berhasil menerapkan otomatisasi alur kerja dan visibilitas akan membutuhkan platform yang sesuai. Tim dapat memanfaatkan platform yang benar untuk membuat model data yang canggih, menautkan ke lingkungan tertutup, dan menghasilkan pelaporan yang terfokus – semuanya dalam satu lingkungan terintegrasi. Anda dapat mendorong eksekusi terfokus dengan memastikan orang yang tepat bertindak pada pekerjaan yang benar pada waktu yang tepat menggunakan sistem tertaut dan data yang dinormalisasi, serta serangkaian peran yang fleksibel dan teregulasi.

Sementara banyaknya terminologi dan disiplin ilmu di luar sana dapat mengintimidasi, penting untuk diingat bahwa banyak bisnis masih dalam tahap awal mencari tahu bagaimana menyesuaikan alat dan budaya mereka untuk mencapai kelincahan operasional. Meskipun penting untuk melakukannya secepat mungkin, keuntungan dari memusatkan kelincahan dalam rantai pasokan Anda masih layak dilakukan. Jadi, dengan berkonsentrasi pada dua aspek ini dan mulai mengajukan pertanyaan yang tepat tentang bisnis Anda, Anda dapat mengelola gangguan dan bersiap untuk masa depan.

Baca juga: Harga Jasa Pengiriman Barang Terbaik (Cargo Express)