Your browser does not support JavaScript!

Peningkatan Permintaan Gudang Akibat Maraknya Belanja Online

Penulis Steven Widjojo - Diperbarui pada July 26, 2021

Peningkatan Permintaan Gudang Akibat Maraknya Belanja Online

“Dalam 30 tahun saya bekerja di bidang logistik, saya belum pernah melihat permintaan seperti ini,” kata Robin Woodbridge. Prologis, bisnis tempat dia bekerja, memiliki dan memelihara gudang logistik di seluruh Inggris Raya.

Mereka berkembang secepat mungkin, tetapi mengikuti lonjakan pembelian internet saat ini sulit dilakukan. Epidemi hanya mempercepat kecenderungan, menjadikan penyimpanan sebagai aset yang diinginkan.

Dirft, taman terbesar Prologis, terletak di Northampton, langsung dari M1. Struktur besar yang menjulang di atas ladang dapat dilihat dari jalan raya. Ada tiga terminal angkutan kereta api di properti, yang agak besar.

Baik itu kacang panggang, komputer, furnitur, atau mode, ada kemungkinan besar objek tersebut akan memulai perjalanannya di sini saat Anda mengklik untuk membeli secara online.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Berat: Bisnis Ekspedisi Truk Kargo

Ukuran Besar Belum Tentu Mencukupi

Ratusan pekerja konstruksi bekerja keras untuk perluasan situs. “Kami sedang mengembangkan bangunan secara spekulatif,” Mr Woodbridge, kepala penyebaran modal perusahaan, menjelaskan. “Itu berarti kami tidak memiliki klien yang mengantri dan kami membiarkan mereka sebelum kami menyelesaikannya, yang tidak sering terjadi.”

Gudang pernah dibenci oleh investor, yang lebih suka memasukkan uang mereka ke dalam ritel dan gedung perkantoran.

Namun, hal-hal hari ini tampaknya benar-benar berbeda. Pusat kota dan jalan raya kami memiliki terlalu banyak ruang ritel, dan industri logistik tidak dapat membangun gudang dengan cukup cepat.

Asosiasi Pergudangan Inggris menugaskan data baru dari Savills untuk menggambarkan peningkatan besar dalam ruang gudang selama enam tahun sebelumnya.

Pada tahun 2015, Inggris memiliki 428 juta kaki persegi ruang gudang besar. Angka itu tumbuh sebesar 32%, atau menjadi tambahan 2.396 lapangan sepak bola.

Perpaduan penghuni juga telah bergeser. Toko-toko High Street mendominasi pasar pada tahun 2015, tetapi perusahaan logistik pihak ketiga seperti DHL dan Yodel sekarang memenuhi dan mengirimkan sebagian besar pembelian online kami.

Seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah, sebagian besar wilayah telah diambil oleh apa yang disebut pengecer online pureplay, seperti Boohoo, yang tidak memiliki lokasi fisik dan secara eksklusif menjual secara online. Hanya dalam enam tahun, para pedagang internet ini telah menumbuhkan jejak gudang mereka sebesar 614 persen.

Gudang itu sendiri tumbuh dalam ukuran juga. Di Dirft, struktur berukuran super seukuran 10 lapangan sepak bola mulai terbentuk. Fasilitas ini akan menjadi pusat paket tersibuk Royal Mail, menangani lebih dari satu juta item setiap hari.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang dalam Jumlah Besar (Aplikasi Delivery)

“Tanpa tempat perlindungan ini, masyarakat akan runtuh.” Mr Woodbridge menjelaskan, “Fasilitas ini membuat kehidupan biasa menjadi layak.” Menurutnya, setiap tambahan miliar pound dalam pembelian online memerlukan tambahan 775.000 kaki persegi kapasitas gudang.

Sekitar 15.000 orang diproyeksikan akan dipekerjakan di taman logistik besar ini setelah beroperasi penuh. Sekolah pelatihan baru akan segera dibuka untuk membantu merekrut dan mengajar mereka yang tertarik mengejar karir di bidang logistik.

Kevin Mofid, kepala penelitian industri dan logistik di Savills, menambahkan, “Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda memiliki seorang pria dengan mantel cokelat.”

“Seiring meningkatnya belanja online, begitu pula jenis personel yang dibutuhkan di pergudangan; hari ini insinyur robotika dan ilmuwan data.” Untuk meningkatkan efisiensi, gudang telah berkembang menjadi pusat keahlian teknis yang besar.” Dan dia merasa Inggris masih memiliki jalan panjang sebelum mencapai “gudang puncak”.

Savills melacak berapa banyak ruang gudang yang dibutuhkan bisnis dan melaporkan bahwa permintaan naik 232 persen pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020.

Persaingan ruang ini, menurut Kevin Mofid, menunjukkan lebih dari sekadar pola pembelian yang bergeser.

“Permintaan di industri industri dan otomotif juga meningkat. Misalnya, pabrik baterai baru untuk kendaraan listrik akan dibangun, dan perusahaan ingin menyimpan lebih banyak produk di Inggris sebagai akibat dari Brexit,” katanya.

Kendala dalam Melangsungkan Ekspansi

Pemerintah, menurut Peter Ward, kepala eksekutif Asosiasi Pergudangan Inggris, harus menyadari pentingnya industri yang tumbuh cepat ini bagi perekonomian.

“Meskipun kami mendengar banyak tentang membangun 250.000 rumah baru setiap tahun selama lima tahun ke depan, kenyataan bahwa ini akan menghasilkan satu juta poin pengiriman tambahan tampaknya telah hilang dalam shuffle.

“Sudah lama berlalu bagi pergudangan untuk dimasukkan ke dalam strategi perencanaan dengan cara yang sama seperti klinik dokter umum dan sekolah,” katanya.

Baca juga: Cek Ongkos Kirim SiCepat Cargo Terdekat & Deliveree