Penerapan Otomatisasi untuk Perkembangan Industri Logsitik

By Dudek Muljana - NCBKdW5pLCAyMDIx

Penerapan Otomatisasi untuk Perkembangan Industri Logistik

Dematic dan Sigma Healthcare telah bekerja sama untuk mengotomatisasi operasi di dua DC baru di Perth dan Brisbane. MHD menyelidiki lebih lanjut.

Sigma Healthcare adalah perusahaan grosir dan distribusi lini lengkap utama yang melayani apotek komunitas dan rumah sakit di Australia. Sigma mempekerjakan lebih dari 1.100 orang dan mengelola sepuluh pusat distribusi (DC) di seluruh negeri, melayani lebih dari 4.000 apotek.

Dengan lebih dari 1.200 apotek bermerek dan independen, termasuk beberapa merek ritel apotek paling terkenal di Australia seperti Amcal, Guardian, Pharmasave, Chemist King, WholeLife, dan Discount Drug Stores, Sigma memiliki salah satu jaringan apotek terbesar di negara ini. Mereka menyumbang sekitar seperempat dari semua pengeluaran konsumen di apotek di Australia.

Penekanan utama Sigma adalah memastikan bahwa semua warga Australia memiliki akses ke seluruh rangkaian obat Skema Manfaat Farmasi (PBS) melalui toko-toko farmasi komunitas dan rumah sakit. Sigma sangat menekankan pada kerja sama yang erat dengan pelanggan dan pemasok untuk mengembangkan dan menerapkan solusi grosir dan distribusi yang bernilai tambah, hemat biaya.

Konversi Sigma Menjadi Pusat Distribusi Otomatis yang Mandiri

Sigma mengimplementasikan solusi penanganan material dari Dematic, inovator intralogistik yang merancang, membangun, dan mendukung solusi dan perangkat lunak cerdas dan otomatis untuk operasi ritel, manufaktur, dan distribusi, sebagai bagian dari strategi optimalisasi jaringannya untuk meningkatkan daya saingnya di industri farmasi.

Untuk meningkatkan efisiensi operasi di dua DC barunya di Perth dan Brisbane, Sigma memilih Solusi Pengambilan Barang-ke-Orang (GTP) Dematic sebagai sistem utama. Keputusan Sigma didasarkan pada masalah sebelumnya dengan sistem lama yang diterapkan di DC lain, yang membatasi kapasitas perusahaan untuk terus meningkatkan penyampaian layanan pelanggan.

Tujuan utama Sigma untuk sistem baru ini adalah untuk menciptakan solusi otomatis yang modular dan dapat diperluas. Peningkatan produktivitas dan tingkat akurasi dicapai dengan mengurangi proses putaway, pengisian ulang, dan pengambilan manual, dengan tujuan DC memproses sebagian besar volumenya melalui metode pengambilan otomatis.

“Meningkatnya permintaan untuk produk dan layanan Sigma mendorong kami untuk menetapkan strategi pengambilan DC yang mampu memenuhi permintaan tinggi dalam hal efisiensi dan produktivitas,” kata Paul Brown, Manajer Operasi dan Logistik Nasional di Sigma.

“Kami ingin DC baru ini menjadi kuat dan inventif, sambil memenuhi Standar Australia dan persyaratan kualitas Sigma sendiri, oleh karena itu kami mengotomatiskan proses dengan solusi Dematic. Demikian pula, kami ingin membedakan layanan kami dengan meningkatkan DIFOT (pengiriman penuh, tepat waktu) dan memiliki kapasitas yang lebih maju untuk mengontrol pertumbuhan volume pesanan, ”jelas Paul.

Sebuah Metode untuk Mengotomatisasi dan Merampingkan Proses

Sigma memilih Dematic sebagai mitra otomatisasinya karena rekam jejaknya yang berhasil menerapkan solusi otomatis dalam operasi manufaktur dan distribusi Australia, serta keahlian globalnya dalam optimalisasi rantai pasokan dan inovasi gudang fast-moving consumer goods (FMCG).

Tujuan keseluruhannya adalah memperbarui DC barunya dengan teknologi pengambilan otomatis paling mutakhir. Solusi Pengambilan GTP Dematic merupakan peningkatan dari teknologi sebelumnya yang digunakan di DC lain, karena menyediakan cara untuk mencapai tingkat produktivitas yang ditargetkan sambil tetap mendukung sistem frekuensi suara dan radio yang ada.

“Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sektor obat-obatan cukup kompetitif saat ini,” jelas Paul.

“Apotek terus menekan Sigma untuk menjadi distributor eksklusif mereka untuk mencapai tingkat layanan yang lebih tinggi yang tidak mungkin dilakukan pada tingkat operasi sebelumnya. Kami dapat memaksimalkan dua DC baru kami dengan teknologi otomatisasi modern dan memastikan efisiensi maksimal dengan menerapkan pendekatan yang lebih inventif untuk operasi pengambilan.”

Dengan solusi A-Frame dan GTP, konsep solusi berfokus pada peningkatan produktivitas pengambilan dan pemindahan lebih banyak volume melalui sistem.

Perangkat lunak Dematic iQ mengoptimalkan operasi dengan menurunkan waktu siklus, biaya tenaga kerja, dan biaya pengiriman dan transportasi, dari pengambilan langsung ke kontainer pengiriman berukuran tepat hingga mengurangi waktu siklus, biaya tenaga kerja, dan biaya pengiriman dan transportasi. Sistem Manajemen Gudang Sigma yang ada terintegrasi dengan Dematic iQ.

“Solusi Pengambilan GTP Dematic mengirimkan produk langsung ke stasiun kerja, menghilangkan kebutuhan operator untuk melakukan perjalanan melintasi lantai DC untuk mencari dan mengambil barang secara manual. Menurut Darren Rawlinson, Regional Solutions Development Director di Dematic APAC, “solusi ini meningkatkan kinerja operator dengan mengintegrasikan penyimpanan berdensitas tinggi dan aman dengan kecepatan dan ketepatan pemilihan terarah dari stasiun kerja yang dirancang secara ergonomis.”

Solusi GTP menerima inventaris di stasiun kerja decant sistem penyimpanan Multishuttle Dematic, di mana pekerja memindai barcode dan memindahkan produk ke tas inventaris, yang secara otomatis ditimbang dan kemudian diangkut dan disimpan di tiga lorong. Ini memastikan tingkat akurasi inventaris tertinggi. Pengambilan pesanan dimulai dengan pengambilan tas inventaris dan pengiriman ke stasiun pengambilan, di mana lampu dan instruksi grafis mengarahkan operator untuk memilih barang yang sesuai dari tas inventaris. Barang-barang tersebut kemudian ditempatkan dalam rangka tas, yang dapat disimpan dalam buffer penyimpanan sebelum dikirim. Ketika proses pengiriman selesai, tas jinjing diambil dan diarahkan ke penyortir pengiriman untuk penutupan otomatis, pelabelan, penimbangan, dan pemindaian. Totes inventaris kemudian disimpan kembali sampai pesanan berikutnya tiba.

Sistem ini juga dapat bekerja di lingkungan yang dikontrol suhu, yang penting untuk barang obat tertentu yang harus disimpan antara 2 dan 8 derajat Celcius.

Implementasi Solusi

Dematic memberikan dukungan kepada Sigma dengan tim internal yang berspesialisasi dalam teknologi dan peralatan Dematic di Perth dan Brisbane selama fase penerapan proyek. Keahlian Dematic dalam perangkat lunak, kontrol, dan manajemen proyek membuat implementasi berjalan lancar dan efisien. Brisbane DC adalah yang pertama beroperasi, diikuti enam bulan kemudian oleh Perth DC.

“Sepanjang seluruh proses implementasi, termasuk peluncuran dan go-live, kami berkolaborasi dengan tim manajemen proyek internal Sigma. Menurut Glenn Barnes, Manajer Industri G&GM di Dematic, “keterlibatan ini berarti bahwa tim Sigma mengetahui bagaimana sistem akan bekerja dan siap dengan dasar-dasarnya untuk dimasukkan ke dalam DC baru.”

“Kami memiliki tahap ‘peningkatan’ selama penerapan di mana kami membantu Sigma dengan aspek-aspek penting. Selain itu, staf pendukung teknologi residensial kami berkolaborasi dengan tim manajemen proyek untuk menjawab setiap pertanyaan dan memastikan bahwa setiap kesulitan teknis dapat diselesaikan dengan cepat,” jelas Glenn.

Dematic mempromosikan strategi “train the trainer” untuk menciptakan pengetahuan dan pemahaman kerja yang baik tentang sistem di antara staf operasional dan manajemen utama di Sigma selama peluncuran, yang kemudian mendidik semua karyawan Sigma yang bekerja dengan sistem tersebut.

“Dematic bekerja erat dengan tim manajemen proyek internal kami di kedua lokasi DC, yang sangat penting dalam memastikan bahwa staf kami sendiri mengetahui dampak sistem baru terhadap operasi dan cara kerjanya,” Paul menjelaskan. “Kami yakin bahwa sistem baru akan berfungsi dengan baik karena bantuan dan pengalaman Dematic selama peluncuran di seluruh proyek.”

Dukungan dan Layanan

Darren menunjukkan bahwa perbaikan berkelanjutan dan program dukungan Dematic memaksimalkan waktu kerja sistem dan efisiensi produksi. Dengan tim layanan perumahan di lokasi, ini mencakup dukungan 24/7 untuk semua peralatan, kontrol, dan perangkat lunak.

“Dengan secara proaktif berusaha mencegah downtime sistem, kami dapat menurunkan biaya overhead pemeliharaan sistem Sigma. “Aplikasi ini memberikan jaminan Sigma dari kami [para perancang sistem] bahwa sistem mereka berjalan dengan efisiensi maksimum,” Darren menjelaskan.

Integrasi sistem pengambilan otomatis canggih untuk efisiensi operasional yang lebih baik, menurut Glenn, telah menjadi manfaat yang signifikan bagi Sigma secara keseluruhan.

“Solusi GTP adalah inovasi penting untuk mengoptimalkan operasi DC – Sigma sekarang siap untuk memenuhi permintaan dan daya saing tingkat tinggi saat ini,” Glenn menjelaskan.

“Sistem ini didasarkan pada prosedur pengambilan dan buffering otomatis, yang berarti pesanan diambil, disangga, dan kemudian diurutkan secara kategoris. Jadi, untuk Sigma, prosedur ini mengoptimalkan seluruh proses pengambilan dan pengiriman dengan mengatur pesanan dengan benar dan efektif, yang jauh lebih cepat daripada operasi manual,” jelas Glenn.

Selama tiga tahun terakhir, gudang dan logistik telah menjadi prioritas utama bagi Sigma. Melalui penyebaran Dematic dan solusi lainnya ke jaringan DC barunya, Sigma kemudian membuat kemajuan signifikan pada program transformasi bisnis yang dimulai (Project Pivot), yang bertujuan untuk memberikan keuntungan efisiensi $100+ juta pada akhir tahun anggaran 2021. tahun.

Selain itu, Solusi Pengambilan GTP Dematic menyediakan ruang kerja yang lebih aman untuk semua staf DC, memenuhi semua peraturan saat ini yang berlaku untuk DC Sigma di Brisbane dan Perth, seperti Kesehatan dan Keselamatan Kerja, OH&S, Panduan Praktik Distribusi yang Baik untuk Produk Obat , dan peraturan pemerintah kesehatan saat ini seputar COVID-19.

Sigma kini dapat memenuhi volume pesanan saat ini dan di masa mendatang dengan peningkatan jumlah Unit Simpan Stok guna mendukung pertumbuhan volume sejalan dengan ambisi bisnis Sigma hingga tahun 2027.

“Solusi yang fleksibel dan terukur memungkinkan kami untuk mengoptimalkan operasi saat ini sekaligus memungkinkan kami untuk meningkatkan seiring pertumbuhan perusahaan kami. Demikian pula, dapat memantau pengeluaran logistik dan memperkirakan anggaran telah cukup bermanfaat bagi kami, ”jelas Paul.