Papan Rambu di Gudang Mainkan Peran Penting

By Cat Dewinta - MTIgSnVsaSwgMjAyMQ==

Papan Rambu di Gudang Mainkan Peran Penting

Lingkungan gudang yang serba cepat dan permintaan tinggi membutuhkan sejumlah besar tanda yang ditunjuk dengan benar. Segala sesuatu mulai dari penempatan palet hingga bahaya keamanan diberi label dengan ini. Mereka dapat membuat perbedaan antara gudang yang tidak teratur dan tidak efisien dengan gudang yang secara akurat memenuhi semua pesanan dalam waktu singkat.

Tidak perlu dipertanyakan lagi nilai papan nama di lantai gudang dan di setiap fasilitas, tetapi banyak bisnis gagal memperbaruinya sesering atau sestrategis yang seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan masalah besar dalam hal produktivitas jangka pendek serta margin keuntungan jangka panjang. Ini juga merupakan sumber perhatian utama untuk keamanan gudang.

Bagaimana Papan Rambu dapat Memberikan Manfaat?

Untuk menjaga personel tetap aman dan mendorong alur kerja yang efektif dalam jenis pengaturan serba cepat ini, diperlukan papan nama yang sesuai. Karyawan akan selalu tahu ke mana mereka harus pergi dan bagaimana mereka harus bertindak di lokasi atau skenario tertentu jika mereka memiliki indikator lalu lintas yang benar. Mereka juga diperlukan untuk Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) dan kepatuhan American National Standards Institute (ANSI) (ANSI).

Sementara tanda gudang berguna di semua jenis fasilitas, tanda tersebut sangat penting dalam logistik pihak ketiga (3PL) karena variasi permintaan musiman mungkin memerlukan penyesuaian tata letak secara berkala. Ketika ini terjadi, tanda khusus seperti nomor lorong dapat membantu staf gudang dalam menemukan dan mengelola inventaris secara efisien. Tanpa arah ini, gudang berisiko kehilangan sejumlah besar produktivitas setiap kali perubahan tata letak dilakukan.

Baca juga: Jasa Angkut Barang Terdekat Via Cargo

Jenis-jenis Papan Rambu Gudang

Tanda untuk gudang datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mereka biasanya diklasifikasikan menurut tujuan atau lokasinya, meskipun sebagian besar termasuk dalam salah satu kategori berikut:

Keamanan. Menampilkan tanda di seluruh lingkungan gudang atau pusat distribusi adalah salah satu cara paling efektif untuk mengomunikasikan aturan keselamatan. Ini harus memberikan informasi kepada pemirsa tentang kebijakan dan proses perusahaan sehingga mereka selalu sadar bagaimana melindungi diri mereka sendiri dan orang lain. Kode kebakaran negara dan peraturan OSHA mungkin memerlukan tampilan ini dalam kasus tertentu. Yang dimaksudkan untuk mengarahkan pengemudi forklift, membuatnya lebih mudah untuk menemukan kotak P3K, atau menarik perhatian pada keberadaan alat pemadam kebakaran adalah contoh umum.

Tanda keluar membantu staf di semua bagian gudang dalam menemukan jalan keluar dengan aman jika terjadi pemadaman listrik atau keadaan berbahaya lainnya. Ini sebanding dengan jenis tanda keselamatan lain dalam banyak hal, tetapi mereka juga harus diterangi untuk memastikan bahwa personel dapat segera menemukan pintu keluar.

Lorong/baris. Setiap lorong harus memiliki tanda yang mudah dibaca untuk memastikan bahwa baik karyawan maupun pekerja kontrak dapat menemukan inventaris yang diperlukan secepat mungkin. Rambu lorong gudang sering digantung di langit-langit atau ditempelkan pada tiang dan mungkin datar, miring, besar, kecil, plastik, atau aluminium. Banyak bisnis menginginkan tanda besar dengan teks tebal dan cerah yang dapat dilihat dari jauh. Rambu-rambu ini harus dipasang di semua titik masuk dan keberangkatan, tidak hanya di ujung setiap lorong, tetapi juga di setiap jeda yang terjadi ketika banyak lorong melintas, terlepas dari desainnya.

Rambu gantung. Papan rambu ini tergantung dari langit-langit dan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mereka sering menyertakan bahan label reflektif dengan barcode yang dapat dipindai dengan pemindai jarak jauh. Meskipun tanda gantung dapat digunakan untuk berbagai tujuan, tanda tersebut sangat berguna untuk menunjuk ruang penyimpanan massal. Ini adalah beberapa yang paling mudah beradaptasi dalam hal penempatan, karena dapat dipasang dengan menggunakan sambungan atau kabel logam.

Pintu bongkar-muat. Pengemudi dan operator gudang perlu mengetahui ke mana mereka harus pergi sebelumnya, dan tanda-tanda yang dipasang di pintu dok memberikan informasi tersebut. Jenis ini dipasang langsung ke pintu dok dan dapat dipasang dengan sekrup, perekat, atau bahkan magnet. Daya tahan harus menjadi pertimbangan utama saat menampilkan sesuatu di luar. Pengemudi yang beroperasi di malam hari dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari wajah reflektif.

Manfaat Keamanan dan Keselamatan

Terlepas dari kenyataan bahwa tidak semua tanda secara eksklusif untuk masalah keselamatan, mereka semua berperan dalam menjaga keselamatan pekerja gudang. Karyawan yang tidak yakin dengan prosedur dasar seperti protokol peralatan, lokasi inventaris, batasan berat, atau rute forklift rentan terhadap berbagai insiden dan cedera berbahaya. Lingkungan teraman adalah lingkungan di mana setiap orang tahu di mana mereka seharusnya berada dan bagaimana mereka harus bertindak setiap saat.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang dalam Jumlah Besar (Aplikasi Delivery)

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Bahkan gudang yang paling terorganisir pun terkadang sulit untuk dinavigasi. Ketika semua inventaris diberi label dengan rapi dan papan petunjuk disajikan untuk memberikan isyarat visual yang cepat, lalu lintas dapat disederhanakan. Karyawan cenderung tidak menghasilkan kemacetan lalu lintas yang mematikan produktivitas di antara gang ketika mereka dapat melihat sinyal untuk memetik, menyimpan, dan hal-hal penting lainnya.

Mereka sangat penting untuk menginstruksikan staf di fasilitas dengan restrukturisasi inventaris berkala, seperti yang disebutkan sebelumnya. Produktivitas karyawan akan meningkat ketika mereka dapat mengandalkan signage untuk mengarahkan lalu lintas dan alur kerja.

Manajemen Persediaan

Terlepas dari jenis bahan atau produk yang disimpan atau bagaimana mereka ditangani oleh staf, rambu membantu menjaga gudang tetap teratur. Bukan rahasia lagi bahwa manajemen inventaris yang sangat baik sangat penting untuk tidak hanya mengoptimalkan operasi gudang tetapi juga meningkatkan akurasi pesanan dan layanan pelanggan. Pola pikir dan perilaku karyawan dipengaruhi oleh pendekatan fasilitas Anda terhadap organisasi. Personil akan mengikuti isyarat mereka dengan menangani semua pesanan dengan tepat jika mereka memberikan arahan dan informasi yang jelas.

Berikan perhatian khusus pada area perhatian Anda yang ada saat Anda memilih tanda yang dipesan lebih dahulu. Apakah ada masalah dengan visibilitas? Jika itu masalahnya, pilih yang besar dengan huruf dan warna tebal, dan gunakan tipe gantung untuk mencegahnya. Apakah perlu memindai barcode dari jauh? Gunakan grafik reflektif untuk meningkatkan akurasi pemindaian jarak jauh bila memungkinkan.

Signage yang komprehensif sangat penting, jadi periksa secara menyeluruh setiap bagian gudang Anda untuk mengidentifikasi potensi kemacetan atau bahaya keselamatan. Pekerjaan ini akan terbayar dalam jangka panjang, menghasilkan gudang yang lebih aman, lebih rapi, dan lebih efisien.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Berat: Bisnis Ekspedisi Truk Kargo