Your browser does not support JavaScript!

Mengapa Gudang Menengah dan Kecil Harus Diotomatisasi?

By Dudek Muljana - September 24, 2021
Mengapa Gudang Menengah dan Kecil Harus DiotomatisasiManfaat sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis (AS/RS) berkembang hampir secepat daya tariknya sebagai alat penyimpanan dan pemenuhan di berbagai sektor.

Gudang harus meningkatkan otomatisasinya untuk memberikan hasil yang optimal – hasil yang melestarikan produk dan memaksimalkan investasi pengemasan perusahaan. Perangkat lunak manajemen gudang yang menggabungkan jalur otomatis dengan sistem lama mengalami evolusi teknologi di dua bidang: peralatan itu sendiri dan perangkat lunak manajemen gudang yang mengintegrasikan jalur otomatis dengan sistem lama.

Baca juga: Expedisi Pengiriman Barang Kargo Cepat Kirim Online

Semakin otomatis operasi Anda, semakin banyak kontrol yang Anda miliki atas biaya tenaga kerja, pembusukan, dan penanganan material, serta biaya pemeliharaan kontrol suhu di fasilitas besar, jika direncanakan, diterapkan, dan dipelihara dengan tepat.

AS/RS mungkin merupakan pilihan yang baik bagi perusahaan yang ingin meningkatkan output, meningkatkan atau menurunkan berdasarkan permintaan, dan berinteraksi dengan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) dan sistem lainnya.

Mari kita lihat kelebihannya lebih detail.

Peningkatan Produktivitas

Menggunakan teknologi terbaru untuk menggabungkan sistem manajemen gudang (WMS) dan sistem ERP untuk memaksimalkan efisiensi gudang, menghasilkan output yang lebih besar, itulah yang diperlukan untuk memasang AS/RS.

Efisiensi penggunaan satu titik kontak untuk kontrol gudang otomatis, serta pengumpulan data waktu nyata dan solusi kueri, ditingkatkan. Selanjutnya, fasilitas Anda akan berjalan lebih lancar dengan menyediakan status dan interaksi pengguna secara real-time, serta pemantauan dan audit karton.

Sistem manajemen pesanan dengan kepadatan tinggi memungkinkan throughput yang lebih baik daripada sistem rak shuttle berbasis derek atau radio standar. Palet dan peti dapat diangkut lebih cepat melalui sistem. Lebih jauh lagi, sistem ini sering kali dapat dibangun untuk mengikuti kurva struktur yang ada, meniadakan kebutuhan untuk konstruksi baru. Bentuknya yang khas memungkinkan palet untuk diletakkan di atas platform gerobak, mengurangi risiko papan rusak, ekor bungkus, dan masalah penanganan lainnya.

Baca juga: Jasa Pengiriman Terdekat Ekspedisi Paling Cepat dan Murah

Keuntungan lain adalah bahwa sistem saat ini dibangun dengan komponen industri standar, membuatnya lebih mudah untuk diperbaiki jika terjadi kegagalan. Karena suku cadang lebih mudah diperoleh, waktu henti harus rendah. Biaya perbaikan juga berkurang.

Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan jenis sistem apa yang akan dipasang. Bagi banyak perusahaan, AS/RS memberikan lebih banyak fleksibilitas.

Real estat menjadi lebih mahal, dan ruang yang tersedia mungkin terbatas, karena fasilitas distribusi lebih sering didirikan di lokasi perkotaan dan pinggiran kota. Ini menekankan pentingnya mampu membangun struktur yang lebih tinggi. Rak dapat ditumpuk setinggi yang diperlukan dengan AS/RS. Sistem dapat diatur untuk menangani rak tinggi tanpa membahayakan staf yang harus mengambil palet menggunakan peralatan.

Sistem modular menyediakan kapasitas penyimpanan terbesar, throughput tertinggi, dan footprint terpendek. Selain itu, seiring dengan berkembangnya persyaratan kapasitas dan SKU, lebih banyak modul dapat ditambahkan.

Kemudahan dimana sistem modular dapat diubah adalah keuntungan lain. Permintaan dapat berubah. Jika pola pembelian berubah, fasilitas Anda mungkin perlu ditingkatkan – atau diturunkan – untuk mengikutinya. Anda dapat menyesuaikan sistem modular Anda saat pemenuhan kebutuhan Anda berubah. Seluruh gudang dapat dioptimalkan berdasarkan volume dengan AS/RS. Campuran pesanan dapat diubah berdasarkan situasi.

Integrasi

Sangat penting untuk mengintegrasikan pengembangan peralatan dengan proses transaksional. Ini masih berubah. Teknologi lacak dan lacak memberikan gambaran yang jelas tentang di mana setiap palet berada dan kapan dikirim. Setiap item sekarang dapat dilacak sampai ke konsumen akhir.

Baca juga: Harga Jasa Pengiriman Barang Terbaik (Cargo Express)

Sistem otomatisasi gudang berat yang tidak fleksibel dan tradisional sulit untuk diintegrasikan ke dalam operasi yang ada, sehingga memerlukan modifikasi bangunan. Kapasitas penyimpanan densitas ultra-tinggi sistem yang lebih modern memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam tata letak, desain, dan volume bangunan, sementara juga memberikan lebih banyak kapasitas dan fleksibilitas penyimpanan di lokasi Brownfield.

Penting untuk diingat bahwa hanya bergerak lebih cepat tidak berarti peningkatan throughput. Akan lebih efektif jika solusi dibangun untuk berintegrasi dengan sistem yang ada. Sistem gudang Anda, seperti sistem manajemen inventaris Anda, merupakan elemen dari sistem transaksi Anda secara keseluruhan. Kemungkinan item yang perlu diambil dapat digunakan untuk meningkatkan AS/RS.