Your browser does not support JavaScript!

Logistik Pihak Ketiga dalam Pencarian Kualitas (3PL)

By Pandu Saputra - August 15, 2021

Logistik Pihak Ketiga dalam Pencarian Kualitas 3PL

Seperti yang dilaporkan Manajemen Logistik selama 18 bulan terakhir, masalah pandemi telah menyebabkan pengirim domestik dan internasional lebih mengandalkan pemasok logistik pihak ketiga (3PL).

Tumbuhnya Pasar 3PL

Akibatnya, tidak mengherankan bahwa pasar 3PL telah tumbuh secara signifikan. Menurut perkiraan oleh firma analis 3PL Armstrong & Associates Inc., pendapatan kotor pasar 3PL AS akan tumbuh 8,8% pada tahun 2020, menjadikan seluruh pasar menjadi $231,5 miliar, seperti yang ditulis oleh editor kontributor Karen Thuermer baru-baru ini.

Menurut Thuermer, “tim Armstrong menemukan bahwa sebagian besar pertumbuhan itu berasal dari manajemen transportasi internasional dan domestik, yang menanggapi kebutuhan terkait pandemi dan kebutuhan untuk mengganti inventaris ketika ekonomi mulai dibuka kembali.” “Dan tidak ada tanda-tanda akan melambat dalam waktu dekat.”

Baca juga: Cek Ongkir Sentral Cargo Darat & Deliveree (3 Pro Tips)

Bahkan, menurut Armstrong, pendapatan 3PL akan tetap tinggi hingga 2021, terutama di sektor manajemen transportasi domestik dan perantara pengiriman barang. Perusahaan mengantisipasi peningkatan pendapatan sebesar 20 persen pada akhir tahun 2020, dan memperkirakan total pasar 3PL akan meningkat dua digit di tahun mendatang.

Operator 3PL, di sisi lain, menghadapi sejumlah kesulitan. Untuk satu hal, sektor e-commerce kemungkinan akan tumbuh, seperti halnya permintaan akan layanan manajemen rantai pasokan di seluruh dunia.

“Banyak variabel, termasuk konsolidasi, e-commerce, dan digitalisasi, serta persyaratan untuk menjadi kuat dan responsif, terus berdampak pada industri 3PL,” kata Thuermer. “Namun, karena sektor 3PL dikenal dengan inovasi teknologi dan layanan, saya yakin mayoritas pemasok akan siap untuk tugas itu.”

40 3PL yang dipilih dalam kategori ini, menurut pembaca Manajemen Logistik, tidak hanya memenuhi tugas selama tahun 2020 yang bergejolak, tetapi juga berhasil menonjol dengan mempertahankan tingkat layanan kelas dunia.

Baca juga: Cek Tarif Pengiriman via Cargo Darat Murah

Pemenang Kategori Solusi Manajemen Transportasi

Kategori Solusi Manajemen Transportasi tahun ini memiliki 19 pemenang, dengan C.H. Robinson menerima total skor tertimbang tertinggi 47,52.

Tahun ini, Americold (10.27) dan UPS Supply Chain Solutions (10.27) menduduki puncak atribut Carrier Selection/Negotiation, sementara TForce Worldwide menduduki puncak atribut Order Fulfillment (10,78) dan Inventory Management (10,78) (9,56). Di Transportasi/Distribusi, Echo Global Logistics menerima skor tertinggi (10,14), sedangkan BNSF Logistics menerima atribut-tinggi 10,75 dalam Sistem Informasi Logistik.

Expeditors memiliki skor tertimbang keseluruhan kategori-tinggi 3PL 52,66 dalam kategori Solusi Pergudangan dan Distribusi Nilai tambah tahun ini, dan memimpin dalam karakteristik Sistem Informasi Logistik dengan 12,27 yang signifikan.

Layanan Pelanggan/Layanan Nilai Tambah dipimpin oleh Kuehne + Nagel (11.30); Order Fulfillment dipimpin oleh Ceva (12,69); Transportasi/Distribusi dipimpin oleh Kardinal (12.07); dan Manajemen Inventaris dipimpin oleh Averitt Express Supply Chain Solutions (12.07).

Baca juga: Cara Cek Ongkir Pengiriman Cargo Tercepat