Your browser does not support JavaScript!

Lebih Banyak Perusahaan Amankan Ruang dengan Sewa Kapal Kontainer

By Pandu Saputra - September 08, 2021

Lebih Banyak Perusahaan Amankan Ruang dengan Sewa Kapal Kontainer

Perusahaan logistik kewirausahaan mengalihkan fokus mereka dari sektor transpasifik yang padat dan menuju perdagangan Asia-Eropa yang sama-sama menguntungkan tetapi tidak terlalu padat.

Latar Belakang

Alphaliner hari ini mengumumkan bahwa mereka telah melihat dua operator baru di rute yang telah menyewa kapal kontainer kecil untuk mengangkut kargo mereka sendiri dan mendapat untung dari pasar spot yang menguntungkan.

Rif Line, sebuah perusahaan logistik Italia, telah menyewa dua kapal 1.100-1.200 teu untuk melakukan perjalanan antara Asia dan Civitavecchia, dekat kantor pusatnya di Roma, selama sekitar satu tahun. Untuk $35.000 per hari, Iberia Express 1.118-teu disewa selama 11-13 bulan.

Menurut vesselvalue.com, feedermax buatan tahun 2008 dimuat di Taicang dan Shanghai dan dijadwalkan tiba di Suez pada pukul 3 sore. besok. Minggu ini, forwarder menawarkan perjalanan kedua dari China dengan kapal 1.200 teu Cape Flores, yang tersedia untuk sewa 12 bulan dengan harga $39.000 per hari.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Berat: Bisnis Ekspedisi Truk Kargo

Rencana Rif Line

Rif Line berencana untuk menawarkan dua pelayaran bulanan dari Asia ke pelabuhan Italia, menurut Alphaliner.

“Pendatang baru membayar harga yang sangat mahal untuk kapal-kapal kecil ini,” tambah konsultan itu, tetapi harga spot saat ini antara Shanghai dan Genoa, menurut Indeks Pengangkutan Kontainer Shanghai, adalah sekitar $14.600 per 40 kaki. Jika 500 feu kargo spot dibawa, perjalanan ke barat dapat menghasilkan pendapatan $7,3 juta.”

Penyewaan carter pulang-pergi akan menghabiskan sekitar setengah dari pendapatan ini, dan pengirim dapat berjuang untuk mencapai titik impas setelah biaya pelabuhan dan bunker, tol Terusan Suez, dan biaya agen. Namun, berinvestasi dalam kepastian rantai pasokan yang lebih tinggi, yang sangat dihargai oleh konsumennya.

EShipping Gateways, perusahaan patungan antara OOCL Logistics dan JD Logistics (bagian dari toko e-commerce JD.com) yang sebelumnya telah menawarkan banyak pelayaran dari Asia ke Eropa Utara, adalah ‘pendatang baru’ kedua di rute yang diidentifikasi oleh Alphaliner.

Lyme Bay 3.674 teu, yang mendarat di Hamburg dari China pada 23 Juni, adalah pelayaran EShipping Asia-Eropa Utara pertama. PWL Group, agen kapal yang berbasis di Hamburg, mewakili EShipping selama kunjungan kapal tersebut.

Baca juga: Freight Forwarder & Cargo Logistik Transport (Top 3)

PWL juga merupakan agen untuk 2.702 teu Goofy, yang dirilis pada 1 September di Hamburg dan Zeebrugge. Selama panggilannya di terminal Burchardkai HHLA di Hamburg, kapal tanker itu mengeluarkan dan memuat 600 kontainer, menurut PWL.

Sea-Lead Shipping of Singapore, bekerja sama dengan EShipping dan Volta Container Lines Dubai, mengoperasikan kapal tersebut.

Sea-Lead dimulai sebagai NVOCC, membeli slot dari jalur pelayaran, pada Maret 2017, tetapi pada Oktober tahun yang sama, ia mulai mengoperasikan kapalnya sendiri antara Jeddah dan Port Sudan. Menurut PWL, pelayaran sering dari Cina ke Eropa Utara sekarang direncanakan.

“Pada akhir September, Manet (2.272 teu) akan berlayar dari China, diikuti oleh SL Tweety (2.490 teu) pada pertengahan Oktober,” klaimnya.

Baca juga: Perusahaan Logistik 3PL: Kamadjaja Logistics, Agility, Ceva, DB Schenker, Deliveree, Puninar, Pancaran Group