Your browser does not support JavaScript!

Layanan Pengiriman di Shopify Tawarkan Layanan Mudah dan Murah untuk Anda dan Pelanggan Anda

Penulis Steven Widjojo - Diperbarui pada August 19, 2020

Layanan Pengiriman di Shopify Tawarkan Layanan Mudah dan Murah untuk Anda dan Pelanggan Anda

Menjalankan bisnis e-commerce membutuhkan banyak pekerjaan, mulai dari memilih kemasan produk hingga menyusun strategi tentang cara mendistribusikan pesanan ke pelanggan Anda. Khususnya bagi pemilik e-commerce yang menggunakan platform Shopify. Sebelum menggali lebih dalam mengenai pengiriman di Shopify, simak plugin pilihan editor kami yang sayang untuk dilewatkan pemilik online shop di bawah ini.

Baca juga: Shopify Indonesia Plugin Store: 6 Tambah Pesanan

Namun, strategi pemenuhan yang memindahkan pembelian Anda dari titik A ke titik B berfungsi sebagai dasar untuk keputusan strategis tersebut. Prosedur logistik yang Anda gunakan harus mempertimbangkan dengan cermat pilihan metode pengiriman, operator, dan layanan pengiriman Anda. Menemukan keseimbangan ideal antara apa yang diinginkan konsumen Anda dan apa yang benar-benar dapat Anda berikan dari perspektif operasional dan keuangan adalah kuncinya.

Untuk membuat prosesnya semulus mungkin, Shopify Shipping bekerja secara langsung dengan sejumlah operator, yang masing-masing menawarkan berbagai kelas pos. Hasilnya, Anda dapat mengirimkan pesanan ke pelanggan dengan cepat dan ekonomis, apa pun artinya bagi perusahaan Anda.

Apa itu Pengiriman di Shopify?

Pemenuhan pesanan menjadi lebih sederhana dan lebih cepat dengan Shopify Shipping, yang juga menangani banyak masalah pengiriman biasa. Pesanan dapat dikirim dengan sangat cepat dengan membeli label pengiriman langsung dari Shopify dan mencetak beberapa label sekaligus.

Dengan setiap operator, Shopify Shipping menyediakan banyak kelas pos, termasuk USPS, UPS, dan DHL di AS, Canada Post di Kanada, dan Sendle di Australia. Bergantung pada wilayah, operator, dan kelas pos Anda, Shopify Shipping memberi pengecer akses ke kemampuan seperti pengiriman semalam, pengambilan paket, asuransi pengiriman, data pelacakan, pengiriman internasional, dan banyak lagi. Selain itu, kami telah berbicara langsung dengan operator untuk mengatur harga yang terjangkau untuk setiap layanan pengiriman, yang segera disertakan ke setiap paket tanpa biaya tambahan kepada Anda.

Baca juga: Shopify Store Apps Shipping: 5 Olshop Wajib Tahu

Memilih Penyedia Pengiriman dan Logistik

Operator pengiriman Anda adalah bisnis yang mengambil barang Anda dan mengirimkannya ke klien Anda ketika Anda ingin mengirim pesanan. Perusahaan seperti DHL atau Canada Post adalah contoh dari operator pengiriman; mereka secara fisik membawa barang ke pintu atau kotak surat pelanggan Anda.

Tergantung pada permintaan dan anggaran Anda, setiap perusahaan pengiriman menyediakan berbagai pilihan pengiriman e-commerce. Misalnya, Anda mungkin dapat menggunakan operator yang sama untuk menawarkan pilihan kepada klien Anda antara kelas surat yang menjanjikan pengiriman dalam lima hari kerja dan yang lebih mahal yang menjanjikan pengiriman dalam dua hari kerja.

Pertanyaan-pertanyaan berikut harus dijawab sebelum Anda memilih perusahaan pelayaran:

  • Pengiriman dari dan ke mana?
  • Kirim dari mana?
  • Barang dagangan apa yang Anda kirim?
  • Berapa berat barang Anda?
  • Apa jenis kemasan yang akan Anda gunakan?
  • Berapa banyak yang bisa Anda belanjakan?
  • pakah Anda menyediakan pengiriman dengan biaya tepat, pengiriman tarif tetap, atau pengiriman gratis?
  • Apa yang klien antisipasi dari prosedur pengiriman Anda?
  • pakah mereka memerlukan tanggal pengiriman yang tepat atau apakah mereka mengantisipasi barang mereka untuk diasuransikan?
  • Apakah Anda memerlukan kerja sama pemasok logistik pihak ketiga (3PL)?

Anda siap untuk memilih satu atau sejumlah saluran layanan pengiriman yang sesuai untuk bisnis Anda, setelah Anda menjawab pertanyaan tersebut.

Meskipun Shopify telah berkolaborasi dengan beberapa operator untuk membuat prosesnya lebih sederhana bagi Anda, Anda dapat mengirim dengan operator mana pun. Anda dapat membayar dan mencetak label pengiriman langsung di Shopify jika Anda mengirim menggunakan Shopify Shipping dengan beberapa penyedia layanan Indonesia yang terintegrasi dengan aplikasi pengiriman Shopify seperti Deliveree, Paxel, Borzo, dan Lalamove.

Berkembang dengan Fulfillment Network Shopify

Guna memastikan bahwa setiap pengiriman berkontribusi pada pengalaman pelanggan yang sesuai merek dan memuaskan, diperlukan waktu dan usaha. Lebih dari lima produk yang dikirim dalam satu hari dengan cepat menghabiskan waktu yang dapat dihabiskan untuk bekerja di perusahaan Anda.

Jika pengiriman dan pemenuhan menghabiskan terlalu banyak waktu Anda, mungkin sudah waktunya untuk mencari layanan pemenuhan outsourcing dari mitra logistik. Saat berkolaborasi dengan mitra 3PL, mereka akan mengelola semua pengaturan operator untuk mengirimkan barang ke klien. Selain itu, Anda akan memiliki ruang ekstra di fasilitas dan gudang mereka untuk menyimpan produk Anda.

Selain itu, Anda dapat mengalihdayakan semua ini menggunakan Shopify. Dengan tambahan Jaringan Pemenuhan Shopify ke pilihan pilihan pengiriman kami, Anda dapat mengotomatiskan pemenuhan sehingga pesanan Anda dipilih, dikemas, dan dikirim segera setelah diterima. Dengan Shopify, Anda dapat secara strategis mendistribusikan produk Anda lebih dekat ke klien Anda, mengurangi penundaan pengiriman dan biaya. Shopify menawarkan jaringan gudang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Shopify masih memberi Anda tampilan inventaris terkonsolidasi sehingga Anda dapat mengetahui di mana semua barang Anda berada meskipun tersebar di beberapa gudang. Ini juga menghubungkan Anda dengan titik kontak utama, ahli logistik pribadi Anda, dan mata Anda di setiap gudang.

Baca juga: Menentukan Lokasi Pengiriman dan Distribusi di Toko Shopify Anda