Your browser does not support JavaScript!

Cara Tawarkan Tarif Flat, Gratis, dan Strategi Pengiriman Lainnya di Platform Shopify

Penulis Steven Widjojo - Diperbarui pada September 22, 2020

Cara Tawarkan Tarif Flat, Gratis, dan Strategi Pengiriman Lainnya di Platform Shopify

Biaya merupakan salah satu hal yang krusial dari rencana pengiriman Anda. Elemen terpenting dari strategi pengiriman Anda adalah bagaimana Anda menagih klien untuk pengiriman, yang berdampak langsung pada tingkat konversi dan margin keuntungan Anda. Mari kita periksa beberapa metode yang paling sering digunakan untuk menentukan biaya pengiriman e-commerce Anda. Menggunakan beberapa pilihan plugin Shopify menjad salah satu rekomendasi editor kami untuk memudahkan bisnis Anda, simak lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga: Shopify Indonesia Plugin Store: 6 Tambah Pesanan

Menawarkan pengiriman gratis. Sementara beberapa pengecer menyediakan pengiriman gratis untuk semua pesanan, yang lain memiliki batasan. Misalnya, barang apa pun di atas $100 memenuhi syarat untuk pengiriman gratis.

Tambahkan biaya yang tepat. Biasanya, ini memerlukan penggunaan harga operator pengiriman yang akurat secara real-time. Berikan opsi pengiriman tarif tetap. Setiap pesanan dapat menerapkan satu harga pengiriman tetap. Rp 50.000 misalnya, untuk pesanan apa pun yang dikirim ke mana pun di Indonesia.

Anda mungkin berpendapat bahwa e-commerce berkembang pesat sekarang lebih dari sebelumnya. Cara Anda berbisnis berubah seiring perkembangan teknologi dan epidemi COVID-19 mengubah perilaku konsumen.

Karena pandemi, lebih dari separuh konsumen, yang sebelumnya lebih menyukai pembelian di dalam toko, telah beralih ke pembelian online, menurut jajak pendapat kami. Perubahan perilaku jangka panjang sedang dibawa oleh transisi ini.

Pengiriman adalah salah satu masalah yang memperluas penjualan e-commerce saat ini. Sudah umum bagi pemilik bisnis untuk khawatir tentang pengiriman dan pengiriman. Terlepas dari upaya terbaik Anda untuk memilih, mengemas, dan mengirimkan produk Anda segera setelah transaksi dilakukan, Anda masih bergantung pada perusahaan pelayaran untuk mengirimkan kiriman sesuai jadwal dan dalam kondisi prima.

Kurir yang Anda pilih berdampak pada bagaimana klien memandang perusahaan Anda dan seluruh pengalaman mereka. Namun, ada beberapa metode yang dapat Anda kendalikan untuk rencana pengiriman Anda.

Mengapa Menggunakan Taktik Pengiriman yang Tepat Wajib Dipertimbangkan?

Itu adalah kisah yang terlalu umum. Seorang klien baru mengunjungi toko online Anda, menemukan barang yang mereka cari dengan harga yang mereka sukai, dan menambahkannya ke keranjang belanja mereka. Ketika pelanggan mencapai halaman checkout, itu terjadi: mereka memperhatikan biaya pengiriman dan mulai menebak-nebak pembelian mereka.

Sebuah produk yang sebelumnya mereka yakini dengan harga yang masuk akal, kini tampak agak mahal. Selanjutnya, salah satu dari dua hal terjadi:

  1. Meskipun pengeluaran lebih tinggi, mereka memilih untuk melanjutkan.
  2. Mereka meninggalkan bisnis Anda setelah meninggalkan gerobak mereka.

Baca juga: Shopify Store Apps Shipping: 5 Olshop Wajib Tahu

Karena itu, pengiriman lebih dari sekadar pengeluaran yang diperlukan untuk menjalankan bisnis; itu juga berpotensi berdampak pada perusahaan Anda secara keseluruhan. Memiliki rencana pengiriman yang baik akan memungkinkan Anda untuk:

  • Meningkatkan pengalaman klien. Dengan rencana pengiriman Anda, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman berbelanja yang konsisten dan memuaskan dengan menetapkan harapan yang jelas. Ingatlah untuk bersikap terbuka dan jujur ​​tentang keadaan apa pun yang dapat menyebabkan barang pelanggan Anda tertunda dalam pengiriman, termasuk COVID, bencana alam, keterlambatan operator, efek lalu lintas tinggi, dll.
  • Meningkatkan nilai pesanan rata-rata (Average of Volume). Promosi dan penawaran yang terkait dengan pengiriman adalah strategi hebat untuk membuat pelanggan membelanjakan lebih banyak uang dan dapat secara signifikan meningkatkan nilai pesanan rata-rata. Misalnya, Anda dapat memberikan pengiriman gratis dengan pembelian minimum untuk jangka waktu tertentu atau untuk barang tertentu.
  • Kembangkan perusahaan Anda. Anda dapat memperluas bisnis Anda dengan menjual ke lebih banyak orang di lebih banyak lokasi di seluruh dunia jika Anda memiliki rencana untuk pengiriman internasional.
  • Tingkatkan tingkat konversi Anda. Pelanggan lebih mungkin untuk menyelesaikan transaksi mereka ketika mereka tahu apa yang harus diantisipasi dengan harga yang terasa adil. Memberikan pilihan kepada klien juga meningkatkan penjualan; Anda dapat membiarkan mereka memilih operator, jendela pengiriman, dan bahkan strategi pemenuhan, termasuk pengambilan di tepi jalan dan pengiriman lokal.

Bagaimana Cara Memberikan Pengiriman Gratis Tanpa Merugikan Anda?

Kenali margin Anda! Mengetahui  biaya untuk mengirimkan pesanan dan keuntungan yang akan Anda peroleh akan memungkinkan Anda memberikan pengiriman gratis. Meskipun mungkin sulit untuk memperkirakan hal ini untuk setiap kemungkinan pesanan, Anda dapat melihat AOV Anda saat ini dan biaya pengiriman untuk pesanan dan barang Anda yang paling sering. Anda dapat mengukur kemungkinan pengiriman gratis berdasarkan proyeksi tersebut.

Baca juga: Top 5 Mengapa Anda Harus Pilih Shopify Sebagai Platform Online Shop