Your browser does not support JavaScript!

Kirim Motor dengan JNE Cargo: Syarat dan Metode

By Dudek Muljana - April 18, 2023

Kirim Motor dengan JNE Cargo: Syarat dan Metode

Kirim Motor dengan JNE Cargo: Syarat dan Metode – Pengiriman sepeda motor dapat menjadi proses yang rumit dan memerlukan banyak pertimbangan, terutama jika sepeda motor tersebut akan dikirimkan jarak jauh atau antar pulau. Salah satu layanan pengiriman barang yang dapat menjadi solusi adalah JNE Cargo atau JNE Trucking. JNE Cargo selain memberikan cara cek ongkir yang mudah, juga menawarkan layanan pengiriman sepeda motor yang cepat, aman, dan terpercaya dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Namun, sebelum menggunakan layanan ini, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, seperti surat kendaraan bermotor (STNK) asli dan buku service asli. Selain itu, JNE Cargo juga memiliki jenis-jenis motor yang dapat dikirimkan melalui layanan ini, seperti motor bebek, motor matic, motor sport, dan motor gede. Dalam artikel ini akan dibahas secara detail tentang syarat pengiriman motor dengan JNE Cargo, jenis-jenis motor yang dapat dikirimkan, serta keunggulan pengiriman motor dengan JNE Cargo.

Syarat Pengiriman Sepeda Motor dengan JNE Cargo

Pentingnya memenuhi persyaratan pengiriman ketika ingin mengirimkan motor dengan menggunakan layanan JNE Cargo tidak dapat diabaikan begitu saja. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa motor yang dikirimkan sampai ke tujuan dengan selamat dan tanpa masalah. Jika persyaratan pengiriman tidak dipenuhi, hal ini dapat menimbulkan berbagai risiko dan komplikasi selama proses pengiriman, seperti kerusakan atau kehilangan motor. Oleh karena itu, sebagai pemilik motor yang ingin mengirimkan motor menggunakan layanan JNE Cargo, sangat penting untuk memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan. Dengan begitu, motor dapat dikirimkan dengan aman dan terpercaya tanpa menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

Untuk melakukan pengiriman sepeda motor dengan JNE Cargo, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Menunjukkan dokumen STNK dan BPKB motor untuk membuktikan kepemilikan motor yang sah. Selain itu, pemilik motor juga harus membawa fotokopi dari kedua dokumen tersebut.
  2. Melengkapi data di formulir pengiriman motor dengan benar dan lengkap.
  3. Menyiapkan uang untuk packing dengan biaya sekitar 100.000-150.000 rupiah, tergantung pada jenis motor dan lokasi pengiriman.
  4. Pastikan bahwa tangki bensin dan bagasi motor sudah kosong untuk menghindari kebocoran atau kerusakan selama pengiriman.

Dengan memenuhi semua syarat tersebut, pengiriman sepeda motor dengan JNE Cargo dapat dilakukan dengan aman dan terpercaya.

JNE Cargo sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman dalam bidang pengiriman barang, tidak hanya menawarkan layanan pengiriman sepeda motor yang cepat dan andal, tetapi juga memberikan opsi untuk membeli asuransi tambahan untuk pengiriman sepeda motor. Dengan membeli asuransi tambahan, pemilik motor dapat merasa lebih tenang dan aman karena JNE Cargo akan memberikan ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan motor selama proses pengiriman. Dalam hal ini, JNE Cargo menyediakan beberapa pilihan paket asuransi yang dapat dipilih oleh pemilik motor, tergantung pada nilai motor dan kebutuhan asuransi yang diinginkan. Dengan menggunakan layanan asuransi tambahan dari JNE Cargo, pemilik motor dapat menghindari kerugian finansial yang besar dan memastikan bahwa motor yang dikirimkan akan sampai ke tujuan dengan aman dan terpercaya.

Tipe Layanan Pengiriman Berdasarkan Jenis Sepeda Motor

JNE Cargo merupakan salah satu jasa pengiriman sepeda motor yang dapat diandalkan dan terpercaya di Indonesia. Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirimkan motor adalah jenis motor yang akan dikirimkan, karena setiap jenis motor memiliki persyaratan pengiriman yang berbeda-beda. JNE Cargo menawarkan tiga tipe layanan pengiriman berdasarkan kapasitas mesin motor.

  1. Layanan JTR <150 untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin kurang dari 150 cc. Beberapa contoh merek sepeda motor dengan kapasitas mesin kurang dari 150 cc yang populer di Indonesia antara lain Honda Supra X, Yamaha Jupiter MX, Suzuki Smash, Kawasaki Kaze-R, dan TVS Neo.
  2. Layanan JTR 250 untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin 150-250 cc. Beberapa contoh merek sepeda motor dengan kapasitas mesin antara 150-250 cc yang populer di Indonesia antara lain Honda CBR 250RR, Yamaha R25, Kawasaki Ninja 250, Suzuki Inazuma, dan KTM Duke 200.
  3. Layanan JTR >250 untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih dari 250 cc. Beberapa contoh merek sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih dari 250 cc yang populer di Indonesia antara lain Yamaha MT-25/MT-03, Honda CBR500R, Kawasaki Z800, Suzuki GSX-S750, dan Ducati Monster 821.

Namun, sebelum mengirimkan sepeda motor, pastikan untuk membaca dan memenuhi syarat pengiriman yang berlaku serta mengemas motor dengan baik agar dapat terhindar dari kerusakan selama proses pengiriman. Dengan memilih JNE Cargo sebagai jasa pengiriman sepeda motor, Anda dapat memastikan bahwa motor Anda akan terkirim dengan aman dan cepat ke tujuan.

Cara Cek Tarif Pengiriman Sepeda Motor JNE Cargo

Pengiriman sepeda motor dengan JNE Cargo dibedakan berdasarkan jenis motor karena ukuran dan nilai barang yang berbeda, sehingga masing-masing layanan JNE Cargo memiliki tarif pengiriman motor yang berbeda pula. Sepeda motor dengan kapasitas mesin kurang dari 150 cc umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan nilai barang yang lebih rendah dibandingkan dengan sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih besar. Oleh karena itu, tarif pengiriman untuk jenis motor ini biasanya lebih murah. Sementara itu, sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih dari 250 cc umumnya lebih besar dan memiliki nilai barang yang lebih tinggi, sehingga tarif pengirimannya akan lebih mahal. Adapun untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin 150-250 cc, tarif pengiriman berada di antara kedua jenis motor tersebut. Dengan membedakan tarif pengiriman berdasarkan jenis motor, JNE Cargo dapat memberikan harga yang lebih sesuai dengan ukuran dan nilai barang yang dikirimkan, sehingga pengiriman menjadi lebih efisien dan terjangkau bagi pelanggan.

Untuk cek tarif pengiriman sepeda motor dengan JNE Cargo, Anda dapat melakukannya melalui website JNE dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka website JNE dan pilih menu Cek Tarif.
  2. Isikan kolom kota asal dan kota tujuan pengiriman sepeda motor Anda, serta estimasi berat motor Anda.
  3. Setelah itu, hasil cek tarif akan ditampilkan dalam bentuk tabel daftar pengiriman dan tarifnya.
  4. Perlu diingat bahwa tarif pengiriman motor dengan JNE Cargo dibedakan berdasarkan jenis kapasitas mesin motornya. Jadi, pastikan Anda melihat tarif yang sesuai dengan kapasitas mesin motor Anda di masing-masing layanan JTR <150, JTR 250, atau JTR >250. Tarif yang berbeda untuk setiap layanan didasarkan pada ukuran dan nilai barang yang berbeda.

Untuk melengkapi informasi mengenai cek tarif pengiriman motor dengan JNE Cargo, penting untuk diketahui bahwa harga yang tertera di laman cek tarif belum termasuk biaya packing dan biaya asuransi. Biaya packing diperlukan untuk memastikan bahwa motor Anda terlindungi dengan baik selama proses pengiriman, sedangkan biaya asuransi merupakan biaya tambahan yang dapat diambil untuk menjamin keamanan pengiriman motor. Kedua biaya ini akan ditentukan berdasarkan nilai dan ukuran motor yang akan dikirim. Pastikan untuk menanyakan informasi lebih lanjut mengenai biaya packing dan asuransi kepada petugas JNE Cargo ketika Anda mengirimkan motor.

 

Baca juga:

  1. Cara Cek Resi dan Lacak Paket Anda dengan JTR (2023)
  2. Cara Kirim Barang Mudah dengan Sistem Jemput JNE
  3. Jenis-jenis Layanan JNE untuk Pengiriman Paket & Cargo
  4. Jenis Barang yang Tidak Bisa Diklaim Asuransi JTR
Cek Ongkir JTR