Your browser does not support JavaScript!

Kargo Technologies dalam Merubah Industri Logistik Indonesia

By Cat Dewinta - June 02, 2022

kargo-technologies-dalam-merubah-industri-logistik-indonesia-og

Dalam beberapa tahun terakhir, industri logistik Indonesia telah mengalami tantangan beserta pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan ini telah didorong oleh ekonomi negara yang sedang berkembang dan permintaan konsumen yang meningkat. Industri logistik sudah menjadi industri yang menggiurkan, dan persaingan yang semakin ketat hanya membuatnya semakin menjadi-jadi. Banyak perusahaan memperluas operasi mereka ke pasar baru, sementara yang lain berusaha meningkatkan efisiensi mereka agar tetap kompetitif. Salah satu pemain kokoh di pasar logistik Indonesia adalah Kargo Technologies. Pada artikel ini kita akan mencoba untuk mengeksplorasi Kargo Tech dan pola pikir seperti apa yang mereka miliki untuk bertahan dalam kompetisi.

Jikalau Anda mencari infromasi lengkap terkait bagaimana performa Kargo Tech dengan pemain lain di pasar logistik Indonesia, baca artikel kami berikut: Kargo Tech vs Deliveree: Adu Platform Trucking Top 2022

Perkenalan Singkat Kargo Technologies

Kargo Technologies adalah perusahaan logistik di Indonesia. Mereka mengkhususkan diri dalam pengiriman kargo melalui transportasi darat. Kargo Technologies didirikan pada tahun 2018 oleh Tiger Fang dan Yodi Aditya dan sejak itu berkembang menjadi salah satu perusahaan logistik terkenal di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan angkutan darat menggunakan berbagai jenis kendaraan kecil hingga besar dalam armadanya. Mereka juga menyediakan Sistem Manajemen Transportasi (TMS or Transpoertation Management System) yang disebut Kargo Nexus. Kargo Technologies menyediakan layanan transportasi dan distribusi kargo ke berbagai pelanggan di seluruh Indonesia.

Kargo Tech bertujuan untuk merevolusi industri logistik Indonesia yang saat ini bernilai seperempat triliun dolar AS. Biaya logistik di Indonesia adalah salah satu yang tertinggi di dunia, menyumbang 25 persen dari PDB negara. Truk digunakan untuk memindahkan segalanya, tetapi setiap tahun miliaran kilometer ditempuh dalam keadaan kosong, dan sebagian besar transaksi bisnis yang melibatkan pengangkutan muatan truk masih ditangani terutama melalui telepon dan kertas. Kargo Technologies sangat percaya bahwa inovasi teknologi dapat sepenuhnya mengubah sektor ini, mengantarkan sistem yang jauh lebih efektif dan transparan, dan pada akhirnya mendorong Indonesia maju.

Baca juga: Jelajah Profil Kargo Technologies untuk Referensi Investasi

Kondisi Logistik Indonesia

Perusahaan pelayaran dan ekspedisi internasional, penyedia jasa kurir yang fokus utamanya pada transportasi darat, dan total penyedia layanan logistik yang menggunakan model transportasi multimoda membentuk sektor logistik Indonesia. Sektor ini juga termasuk perusahaan ekspedisi. Perusahaan lokal semakin mengikuti tren menuju outsourcing aspek-aspek kunci dari manajemen rantai pasokan dan distribusi mereka ke penyedia logistik pihak ketiga (3PL or Third Party Logistics), yang telah menciptakan permintaan untuk layanan logistik khusus di bidang barang-barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG), elektronik, dan petrokimia. Pasar logistik Indonesia secara keseluruhan sangat terfragmentasi, dengan hanya beberapa perusahaan besar dan ribuan pemain kecil dan menengah. Hal ini menyebabkan persaingan harga yang ketat di pasar.

Penyediaan logistik melalui penggunaan jasa transportasi darat masih menjadi fokus utama industri jasa transportasi negara ini. Transportasi jalan bertanggung jawab atas antara 70 dan 80 persen dari total volume angkutan yang ditangani setiap tahun di dalam perbatasan Indonesia. Persentase dari total pasar logistik yang diwakili oleh industri angkutan darat tetap antara 40 dan 50 persen terlepas dari fluktuasi nilai atau mata uang.

Pola Pikir dan Keyakinan Kargo Tech

Kargo Technologies percaya bahwa penerapan teknologi akan menjadi kekuatan pendorong utama dalam mewujudkan misi mereka untuk mengubah dan merevolusi industri logistik Indonesia menjadi kenyataan. Mereka percaya bahwa untuk mencapai ini, mereka membutuhkan layanan dari individu yang sangat terampil.

Produktivitas tempat kerja dapat ditingkatkan dengan menumbuhkan pola pikir karyawan yang kondusif untuk sukses. Ini membutuhkan penciptaan lingkungan yang mendukung kreativitas individu dan mendorong kolaborasi. Semangat dan kepuasan karyawan juga dapat ditingkatkan dengan memberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan harus mengambil pendekatan komprehensif yang mencakup strategi manajemen dan komunikasi.

Karena itu, Kargo sangat menjunjung tinggi tradisi budayanya. Mereka memiliki keyakinan bahwa setiap orang akan memberikan pekerjaan terbaik mereka ketika perusahaan mempercayai mereka dan memberi mereka otonomi atas tugas yang menjadi tanggung jawab mereka. Mereka percaya bahwa orang akan melakukan yang terbaik ketika mereka merasa aman untuk mengambil risiko. Kargo Technologies juga percaya pada meritokrasi, yaitu gagasan bahwa gagasan terbaik harus menang, terlepas dari mana gagasan itu berasal.

Baca juga: Teleport (Bagian dari Capital A) Investasi Ke Kargo Technologies