Your browser does not support JavaScript!

Jasa Kirim Paket J&T, Pengiriman JNE & Deliveree (2022)

By Steven Widjojo - September 18, 2021

Jasa Kirim Paket J&T, Pengiriman JNE

Di antara ratusan perusahaan logistik di Indonesia, Deliveree, jasa kirim paket J&T dan pengiriman JNE menjadi beberapa ekspedisi yang terfavorit. Mereka memungkinkan individu dan para pelaku bisnis untuk mengirim barang mereka dengan harga yang lebih rendah dan efisiensi yang meningkat. Namun, Anda mungkin masih ingin tahu lebih banyak tentang apa yang mereka tawarkan. Oleh karena itu, tim redaksi kami telah memberikan Anda ulasan menyeluruh tentang layanan utama, fitur tambahan, dan harga dari ekspedisi ini agar Anda tidak bingung untuk memilih mana yang akan digunakan untuk pengiriman terbaik Anda yang bernilai setiap rupiah yang Anda keluarkan.

Baca juga: Cara Mengecek Ongkir Tiki, Paket JNE & Deliveree (Terbaru)

Layanan Utama

Deliveree

Deliveree merupakan salah satu ekspedisi pengiriman barang yang terpopular di Indonesia, Deliveree telah dikenal sebagai perusahaan ekspedisi yang dapat memberikan harga yang sangat terjangkau bagi semua pelanggannya. Hal tersebut dapat dilakukan oleh Deliveree dengan menggunakan teknologi generasi terkini milik mereka yang secara cepat menggabungkan semua harga ongkos kirim dari semua perusahaan ekspedisi yang berada di Indonesia dan dengan hal tersebut mereka dapat menawarkan harga yang sangat terjangkau di marketplace saat ini.

Deliveree terlebih dahulu dikenal sebagai jasa pengiriman dengan Layanan Satu Kendaraan dan pada tahun 2021, mereka meluncurkan satu layanan baru yang mereka beri nama Muat Sebagian. Layanan Muat Sebagian merupakan sebuah layanan disediakan oleh Deliveree yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan barang berukuran sedang hingga besar tanpa harus menyewa seluruh kapasitas truk. Hal ini memungkinkan para pengirim untuk memesan layanan tersebut dan kemudian pemesanan mereka akan diproses dan dikumpulkan sesuai dengan pemesanan yang memiliki karakteristik rute tertentu. Terlebih lagi, Deliveree mampu untuk memaksimalkan rute secara optimal dengan menggunakan teknologi revolusioner yang memungkinkan Deliveree mengirim barang tanpa memerlukan gudang sehingga harga yang Anda harus bayar akan tetap rendah. Untuk ETA dari pengiriman barang Anda akan memakan waktu 1-2 hari tergantung dengan rute tujuan yang Anda pilih. Untuk mendapatkan

J&T

Paket J&T merupakan salah satu jasa pengiriman yang dapat melayani pengiriman ke dalam kota, antar kota maupun antar provinsi yang berada di Indonesia. Paket J&T sendiri telah hadir di Indonesia pada tanggal 20 Agustus 2015. Layanan J&T sendiri pada saat ini lebih fokus ke pengiriman untuk barang degan berat yang tidak terlalu berat dengan maksimal berat mencapai 50 kg. Terdapat 3 tipe layanan saat ini yang dimiliki oleh paket J&T. Layanan (EZ) merupakan layanan dengan tarif reguler yang mencakup area layanan ke seluruh Indonesia yang memiliki estimasi waktu kirim 2 sampai 3 hari, tergantung dengan tujuan pengiriman. Sedangkan J&T (ECO) merupakan layanan yang memiliki tarif lebih ekonomis dibanding dengan layanan lain untuk pengiriman ke luar pulau Jawa dengan perkiraan waktu pengiriman 5 sampai 14 hari kerja. Layanan terakhir dari ekspedisi pengiriman ini disebut dengan J&T SUPER yang mampu mengirimkan barang Anda dengan estimasi waktu 1 sampai 2 hari tergantung dengan wilayah tujuan pengiriman.

JNE

JNE dikenal sebagai salah satu ekspedisi pengiriman terkemuka yang berada di Indonesia. Perusahaan ekspedisi pengiriman JNE telah berdiri sejak tahun 1990 dan perusahaan pengiriman ini telah berkembang pesat menjadi salah satu pilihan ekspedisi terbaik untuk pengiriman barang dan pengiriman JNE juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai pelaku industri seperti  e-commerce dan lainnya untuk pengiriman dan distribusi barang mereka. Sejauh ini pengiriman JNE telah tercatat memiliki lebih dari 6000 titik layanan yang tersebar secara luas di Indonesia. pengiriman JNE menawarkan berbagai jasa pengiriman yang dapat Anda pilih. Layanan yang disediakan oleh pengiriman JNE mulai dari layanan YES (Yakin Esok Sampai), layanan REG (Reguler), layanan OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) dan layanan JTR (JNE Trucking).

Layanan YES sendiri merupakan layanan dengan perkiraan waktu sampai di tujuan keesokan hari (termasuk hari Minggu dan hari libur nasional). Layanan ini cocok untuk Anda yang ingin mengirimkan barang dengan estiasi pengiriman cepat, namun layanan ini memiliki biaya yang cukup mahal dan cocok untuk barang berukuran kecil saja. Untuk layanan REG, ini adalah pengiriman yang menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia, dengan waktu kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada tujuan pengiriman Anda. Sedangkan layanan OKE merupakan layanan pengiriman yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan tarif ekonomis namun layanan ini memiliki perkiraan waktu kiriman yang lebih lama dari layanan lainnya. Untuk JNE Trucking sendiri, ini merupakan layanan yang cocok untuk mengirimkan barang dengan kapasitas yang cukup berat dengan menggunakan armada truk.

Baca juga: Cek Harga Ongkir JNE Paket Besar & Deliveree New

Fitur Tambahan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemesanan untuk pengiriman barang Anda yaitu berkaitan dengan fitur atau layanan tambahan yang diberikan oleh pihak ekspedisi. Hal ini dapat menjadi faktor penentu apakah uang yang Anda bayarkan untuk melakukan pengiriman tersebut benar-benar maksimal atau tidak.

Setiap jasa pengiriman memiliki fitur tambahan yang berbeda, namun sebagian besar dari perusahan ekspedisi tersebut memiliki beberapa kesamaan dalam memberikan layanan tambahannya. Umumnya, layanan tambahan tersebut dapat berupa asuransi, bongkar muat barang, live chat dengan customer service, dan masih banyak lagi. Simak table berikut untuk informasi terkait dengan fitur tambahan yang disediakan oleh ekspedisi Deliveree, jasa kirim paket J&T, dan pengiriman JNE.

LayananDelivereeJ&TJNE
AsuransiGratisBerbayarBerbayar
Live-Chat Driver
PelacakanLivePerhentianPerhentian
CS24/7Jam KerjaJam Kerja
PemesananOnlineOnline/AgenOnline/Agen

Dari tabel diatas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa fitur atau layanan tambahan yang diberikan oleh jasa ekspedisi. Deliveree tidak hanya memberikan layanan asuransi gratis kepada pelanggannya, namun perusahaan tersebut juga memberikan opsi untuk asuransi berbayar jika pelanggan ingin barangnya di cover dengan lebih aman dan dengan nilai asuransi yang dapat mencapai 1 miliar. Di lain sisi, jasa kirim paket J&T dan pengiriman JNE tidak memiliki layanan asuransi gratis yang mana semua pelanggan mereka dianjurkan untuk membeli asuransi sendiri untuk pengiriman barang berharga mereka. Selain itu, masih ada beberapa hal yang berbeda dari fitur tambahan yang tertera di tabel, seperti live chat dengan pengemudi, waktu berbicara dengan CS, serta tipe pemesanan yang dapat kita gunakan.

Baca juga: Cek Ongkir Lion Parcel Terdekat, Paket SiCepat & Deliveree

Simulasi Biaya Ongkos Kirim

Biaya ongkos kirim merupakan salah satu faktor penentu bagi Anda untuk menggunakan jasa ekspedisi pengiriman. Setelah mengetahui tentang layanan utama dan fitur tambahan yang diberikan oleh jasa pengiriman, sekarang Anda harus perhatikan biaya ongkos kirim yang dipatok dari perusahaan tersebut. Berikut ini merupakan simulasi biaya ongkos kirim dari Deliveree, jasa pengiriman paket J&T serta pengiriman JNE.

Rute favorit Jakarta-Bekasi selatan pengiriman next-day dengan dimensi 40 x 50 x 60

BeratDelivereeJ&TJNE
15 kgRp 75.000Rp 180.000Rp 360.000
20 kgRp 75.000Rp 180.000Rp 360.000
30 kgRp 75.000Rp 270.000Rp 540.000
50 kgRp 75.000Rp 450.000Rp 900.000

Dari tabel simulasi biaya ongkos kirim diatas, Anda dapat melihat bahwa jasa pengiriman Deliveree memiliki biaya ongkir yang sangat stabil untuk berat barang 15 sampai 50 kg dengan tipe layanan pengiriman next day. Sedangkan jasa kirim paket J&T dan pengiriman JNE memiliki ongkir yang cenderung naik ketika digunakan untuk mengirim barang yang berat dan menggunakan tipe layanan esok sampai.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Diantara Deliveree, jasa kirim paket J&T dan pengiriman JNE, manakah yang memberikan pelayanan terbaik?

Setiap perusahaan ekspedisi memiliki layanannya masing-masing yang mungkin berbeda satu sama lain. Deliveree memberi pelanggan fleksibilitas untuk memilih layanan FTL dan LTL tergantung pada kebutuhan pengiriman mereka. Deliveree juga lebih didedikasikan dan disesuaikan untuk mengirim barang besar atau barang dalam jumlah banyak. Sedangkan jasa kirim paket J&T dan pengiriman JNE hanya menyediakan layanan LTL kepada pelanggan yang lebih cocok untuk barang yang lebih kecil. Baca selengkapnya untuk mendapatkan informasi lengkap tentang layanan utama yang disediakan oleh ekspedisi ini.

Fitur tambahan apa saja yang akan saya dapatkan saat mengirim barang dengan Paket J&T?

Saat mengirim barang dengan paket J&T, diharapkan Anda akan mendapatkan fitur tambahan yang termasuk dalam harga yang Anda bayar. Fitur-fitur ini bisa berbeda tetapi secara umum, ini termasuk obrolan langsung dengan CS, pelacakan langsung, dan banyak lagi yang bisa Anda dapatkan dari aplikasinya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan tambahan yang diberikan oleh paket J&T, baca artikel ini.

Berapa berat minimum pengiriman JNE, jasa kirim paket J&T dan Deliveree?

Pengiriman JNE dan jasa kirim paket J&T tidak mengharuskan Anda mengirimkan barang dengan berat minimum untuk dimuat. Namun, 2 ekspedisi ini lebih cocok untuk mengirim barang dari pelanggan individu yang memiliki ukuran kecil untuk mendapatkan harga terbaik. Sedangkan Deliveree memiliki berat minimum 20kg untuk menggunakan layanan LTL yang lebih dioptimalkan untuk pelanggan bisnis untuk mengirim barang dalam jumlah besar, namun pelanggan individu juga tetap dapat menggunakannya. Baca seluruh artikel untuk mendapatkan wawasan penuh.


Artikel Terkait: