Your browser does not support JavaScript!

Intip Pendapatan Kurir Ninja Xpress (Terupdate)

By Dudek Muljana - May 08, 2023

kurir ninja xpress sedang menelfon

Intip Pendapatan Kurir Ninja Xpress (Terupdate) – Dengan semakin berkembangnya ekosistem belanja online, semakin banyak juga jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan pada sektor ini. Salah satu profesi yang sangat vital dan berpengaruh secara langsung di era e-commerce saat ini yaitu kurir jasa ekspedisi. Kurir memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengantarkan paket ke alamat tujuan secara tepat waktu dengan memastikan aspek keamanan barang tetap terjaga sehingga pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan sesuai harga yang mereka dapat melalui cek ongkir.

Dengan peran tersebut, profesi sebagai kurir cukup menjanjikan dikarenakan jaminan pendapatan yang cukup menggiurkan dan tambahan bonus. Salah satu perusahaan ekspedisi yang menawarkan gaji yang kompetitif dan sistem kerja yang cukup fleksibel sebagai kurir adalah Ninja Xpress. Bagi kamu yang penasaran dengan nominal pendapatan sebagai kurir Ninja Xpress, mari simak artikel berikut ini untuk mengetahui pendapatan menjadi kurir di Ninja Xpress.

Sistem Kerja Kurir Ninja Xpress

Sebelum mengetahui informasi lebih lanjut tentang pendapatan menjadi kurir Ninja Xpress, kamu perlu tahu bahwa perusahaan Ninja Xpress memiliki kebijakan pemberian nominal insentif berdasarkan jenis kurir. Ninja Xpress membagi hal tersebut menjadi dua kategori, yaitu kurir full time dan kurir freelance.

Jika kamu memilih menjadi kurir Ninja Xpress full time, maka kamu diwajibkan bekerja selama 6 (enam) hari dan libur 1 (satu) hari dalam seminggu. Jadwal bertugas mengikuti kebijakan dari perusahaan Ninja Xpress dengan sistem shift sehingga setiap kurir akan memiliki jadwal yang berbeda-beda setiap minggunya.

Sementara itu, bagi kurir freelancer atau pekerja lepas, diberikan kebebasan menentukan waktu kerja setiap harinya. Meskipun begitu, baik kurir full time ataupun kurir freelance harus tetap bekerja sesuai dengan waktu layanan kurir yang ditetapkan oleh pihak agen Ninja Xpress.

Dalam satu hari, kurir Ninja Xpress bekerja dalam satu shift dengan total waktu antara 6 sampai 8 jam. Pembagian shift dilakukan dengan mengikuti jam operasional Ninja Xpress yaitu mulai jam 9 pagi sampai jam 10 malam pada hari Senin – Sabut (Tanggal merah dan hari Minggu tidak beroperasi atau libur). Adapun aktivitas yang dilakukan pada runtut waktu tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Melakukan absensi harian sebagai tanda masuk kerja
  • Mengikuti briefing dengan para petugas (jika ada)
  • Mengambil berkas laporan pengiriman paket pada hari itu
  • Mengumpulkan dan menyusun paket-paket yang akan diantar ke alamat tujuan dengan rapi di kendaraan
  • Melakukan pengiriman paket sesuai alamat tujuan pengiriman sesuai jadwal dan memastikan paket sampai dengan aman
  • Melakukan penjemputan paket dari para pelanggan untuk dibawa ke drop off Ninja Xpress terdekat
  • Membuat laporan pengiriman dan mengumpulkan laporan tersebut untuk dimasukan ke dalam sistem database dari Ninja Xpress

Pendapatan Kurir Ninja Xpress

Pada dasarnya, total pendapatan per bulan yang bisa didapatkan oleh kurir Ninja Xpress berkisar antara 2 juta rupiah sampai 3 juta rupiah. Besaran nominal tersebut merupakan gaji pokok yang akan diterima oleh kurir full time atau penuh waktu. Namun angka tersebut tidaklah pasti dikarenakan akan menyesuaikan dengan UMR/UMK dari masing-masing wilayah kota atau kabupaten.

Tidak hanya gaji pokok, Ninja Xpress juga memberikan tunjangan kinerja bagi para kurir full time atau penuh waktu yang dapat memenuhi capaian tertentu. Tunjangan pertama yaitu uang bensin dan biaya presensi harian dengan nilai sebesar 40 ribu rupiah. Jika dijabarkan lebih detail, total tunjangan tersebut berasal dari uang bensin senilai 25 ribu rupiah dan biaya presensi harian sebesar 15 ribu rupiah. Ditambah lagi, kamu juga berkesempatan mendapatkan bonus pengiriman paket jika melebihi target sebesar 5 ribu rupiah per paket. Jika dihitung secara keseluruhan, maka total pendapatan yang akan diterima oleh kurir full time Ninja Xpress yaitu antara 2 juta rupiah hingga 3,5 juta rupiah.

Sedangkan bagi kurir freelance atau pekerja lepas, total pendapatan yang bisa didapatkan selama sebulan berkisar antara 1 juta rupiah sampai dengan 2 juta rupiah. Capaian angka tersebut dikarenakan kurir freelance dibayar berdasarkan jumlah paket yang berhasil mereka antar ke alamat tujuan. Kisaran upah yang didapatkan untuk setiap paketnya antara 2 ribu rupiah atau 3 ribu rupiah tergantung kebijakan dari setiap kantor cabang. Bisa saja pendapatan dari kurir freelance lebih tinggi atau lebih rendah dari kisaran nilai tersebut tergantung kinerja dan bonus yang diperoleh.

Untuk memudahkan kamu, mari perhatikan tabel berikut ini untuk melihat rincian perbedaan pendapatan antara menjadi kurir full time dan kurir freelance:

KategoriKurir full timeKurir freelance
Gaji PokokRp2.000.000 – Rp3.000.000 (Tergantung UMR/UMK)Rp1.000.000 – Rp2.000.000 (Tergantung Jumlah Paket yang diantar)
Tunjangan Absensi HarianRp15.000Tidak Ada
Tunjangan Bensin HarianRp25.000Tidak Ada
Bonus Pengiriman per PaketRp5.000Rp2.000 – Rp3.000

.
Meskipun menjadi kurir freelance menghasilkan pendapatan lebih sedikit ketimbang menjadi kurir full time, masih banyak yang bergabung menjadi kurir freelance terutama dari kalangan ojek online dikarenakan kebebasan yang diberikan. Hasilnya juga cukup besar, misalnya upah pengiriman per paket sebesar 2 ribu rupiah, mereka dapat menghasilkan 100 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah dengan mengirimkan setidaknya 10 (sepuluh) paket.

Sistem Gaji Kurir Ninja Xpress

Meskipun antara kurir full time dan kurir freelance memiliki total pendapatan yang berbeda, proses penggajian kurir Ninja Xpress tetap dilakukan menggunakan sistem yang sama. Tidak seperti informasi yang beredar bahwa waktu penggajian dilakukan per minggu, gaji kurir Ninja Xpress akan dibayarkan setiap satu bulan sekali.

Untuk waktu tanggal pembayaran biasanya akan dilakukan di awal bulan. Kebijakan detail dari tanggal pembayaran berdasarkan keputusan masing-masing pihak manajemen kantor Ninja Xpress setempat.

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir Ninja Xpress

Sebagai kurir Ninja Xpress, kamu memiliki tugas utama untuk mengantarkan barang pelanggan dengan aman dan tidak terlambat. Demi mendukung kinerja kurir, Ninja Xpress memberikan pelatihan Edukurir untuk meningkatkan keselamatan mitra pengemudi. Hal ini penting sekali untuk menjaga kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh kurir sebagai salah satu pihak yang berhubungan langsung dengan para pelanggan. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab lainnya yang diemban oleh kurir Ninja Xpress diantaranya sebagai berikut:

  • Membuat laporan harian terkait dengan pengiriman paket yang telah dilakukan pada hari tersebut ke pihak Ninja Xpress sebagai acuan kinerja
  • Mengambil paket dari layanan penjemputan atau pick up di alamat penjemputan, kemudian mengantarkan paket tersebut ke drop off Ninja Xpress untuk diproses pengiriman ke alamat tujuan
  • Memastikan bahwa paket dalam kondisi yang aman dari segi kemasan, label beserta segel yang masih utuh ketika pelanggan menerima paket.

Demikianlah ulasan singkat tentang informasi pendapatan jika menjadi kurir di Ninja Xpress. Jika kamu ingin mendapatkan pendapatan secara maksimal, maka kamu dapat mendaftar sebagai kurir full time. Namun, jika kamu ingin memiliki waktu yang lebih fleksibel meskipun kemungkinan pendapatan lebih sedikit, kamu dapat mendaftar sebagai kurir freelance. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang tertarik bergabung untuk menjadi kurir di Ninja Xpress.

 

Baca Juga:

  1. Syarat & Cara Daftar Kurir Ninja Xpress
  2. Cara Mengembalikan Paket Ninja Xpress
  3. Kontak Ninja Xpress yang Bisa Dihubungi
  4. Review Kirim Paket dengan Ninja Xpress (Terlengkap)
Cek Ongkir Ninja Xpress