Your browser does not support JavaScript!

DAMRI Logistik Cargo vs Deliveree: Ahli Pengiriman 2022

By Cat Dewinta - 15 Mei, 2022

DAMRI Logistik Cargo

DAMRI Logistik dan Deliveree adalah dua ahli pengiriman terkenal untuk transportasi logistik darat yang menyediakan layanan pengiriman muatan yang dikenal sebagai less than truckload atau LTL dan layanan penyewaan truk penuh yang dikenal sebagai full truck load atau FTL. Layanan DAMRI Logistic meliputi layanan closed box trucking dan kargo, layanan kurir ekspres, layanan door-to-door, pengiriman sepeda motor, dan pergudangan. Deliveree menawarkan layanan full truck load (FTL) dan layanan pengiriman less than truck load (LTL) dengan 10 truk dan kendaraan yang dapat Anda pilih.

Pada artikel ini, kami membandingkan DAMRI Cargo vs Deliveree menggunakan beberapa kriteria:

1. Mendapatkan penawaran harga
2. Layanan (FTL dan LTL)
3. Pilihan armada
4. Kemudahan pemesanan
5. Pelacakan langsung

Memeriksa Penawaran Harga

Untuk cek harga Deliveree dan DAMRI Logistik, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Deliveree memiliki cara yang lebih sederhana dan lebih cepat untuk memeriksa harga mereka dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal. Di sisi lain, cara pengecekan harga DAMRI Logistik lebih tradisional sehingga membutuhkan waktu. Mari kita lihat lebih dekat tentang keduanya:

Deliveree 🏆DAMRI Logistik
MetodeVia web, applikasi web/selulerVia telepon, WA, atau email
LangkahJelas, hanya perlu isi info pengirimanTidak jelas, harus tanya semua ke CS
Waktu ResponKurang dari semenitTergantung ketersediaan CS
Transparansi★★★
Kenyamanan★★★

.
Deliveree menyediakan halaman website kalkulator harga, sehingga Anda dapat dengan mudah memeriksa harganya dalam waktu kurang dari satu menit. Metode lain yang mereka berikan adalah memeriksa tarif melalui aplikasi web / seluler mereka. Kedua metode telah menunjukkan layanan dasar yang menyertai harga yang diberikan. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan titik penjemputan, tujuan, dan kendaraan yang diinginkan. Anda juga dapat memeriksa beberapa titik tujuan atau berbagai jenis kendaraan secara bersamaan.

Sedangkan, untuk mengetahui harga DAMRI Logistic Anda perlu menghubungi mereka melalui telepon, email, mengisi formulir di website sewa truk mereka, atau melalui WhatsApp (WA) CS mereka yang dapat diakses di bagian kiri bawah situs web mereka. Semua nomor dan alamat email yang tersedia untuk Anda hubungi tercantum di bagian bawah beranda mereka. Setelah Anda berhasil menghubungi mereka, jangan ragu untuk menanyakan harga untuk rute tertentu/beberapa rute dan untuk kendaraan tertentu/berbagai kendaraan sekaligus. Hal ini karena seluruh proses pengecekan harga DAMRI Logistic mungkin akan memakan beberapa waktu. Jangan lupa juga untuk menanyakan apa saja rincian layanan dari harga yang diberikan.

Detail Layanan FTL Masing Masing

Baik Deliveree dan DAMRI Logistic menawarkan layanan ekspedisi truk Full Truck Load atau FTL di mana Anda menyewa seluruh kendaraan dan menggunakan kapasitas maksimum kargo dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Meski serupa, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan dari layanan kedua ahli pengiriman tersebut. Deliveree dengan jenis kendaraan yang lebih beragam dan sewa truk DAMRI Cargo yang cakupan area layanan yang lebih luas. Mari kita lihat lebih dekat:

Deliveree 🏆DAMRI Cargo
Area LayananJawa, SumatraJawa, Sumatra, Bali, madura, Makassar, Lombok, dan Kalimantan
Total Armada40.000+100+
Tipe ArmadaPick up, box, WingboxBox Tertutup
Metode Cek HargaVia web, aplikasi web/selulerVia telepon, email, WA, dan pergi ke kantor agen
Metode PemesananVia aplikasi web/selulerVia telepon, email, WA, dan pergi ke kantor agen
CS24/7Senin – Sabtu (08:00 – 17:00)
Live Map TrackingTersedia via app web/selulerKontak CS untuk status/lokasi

.
Dapat kita lihat di atas bahwa layanan FTL Deliveree memiliki jenis kendaraan yang lebih luas dan armada yang lebih besar. Mereka juga memiliki CS yang beroperasi lebih baik yaitu selama 24/7 dan dengan demikian mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dalam keadaan darurat. Sebagai ahli penyedia truk modern yang memanfaatkan teknologi terbaru ke dalam layanan mereka, ada lebih banyak fleksibilitas dan kesederhanaan dalam hal memeriksa harga mereka, memesan layanan mereka, dan melacak kiriman Anda.

Sedangkan, DAMRI Cargo fokus pada penyediaan truk tipe closed box dengan armada yang lebih sedikit, namun dengan cakupan wilayah layanan yang lebih luas antara lain ahli pengiriman Jawa, Sumatera, Bali, Madura, Lombok, dan Kalimantan. Sebagai penyedia truk yang lebih tradisional, metode pengecekan harga, pemesanan layanan, dan pelacakan kiriman DAMRI Logistic masih mengandalkan sumber daya manusia di mana CS akan memainkan peran penting dalam menjawab kebutuhan pelanggan. Waktu operasional CS mereka terbatas pada hari Senin hingga Sabtu dari pukul 08:00 hingga 17:00.

Detail Layanan LTL Keduanya

Selain FTL, kedua perusahaan ini juga terkenal dengan layanan LTL (Less Than Truck Load). Untuk Deliveree, jenis layanan ini disebut sebagai Muat Sebagian. Sedangkan untuk DAMRI Logistic, layanan LTL ini mengacu pada layanan kurir mereka yang bernama DAMRI Express. Layanan LTL memungkinkan Anda untuk menggunakan sebagian kapasitas kendaraan untuk barang Anda demi meminimalkan biaya pengiriman dan mengirimkannya bersama dengan muatan pelanggan lain di kendaraan tersebut. Berikut rincian layanan LTL masing masing ahli pengiriman ini:

Deliveree 🏆DAMRI Express
Area LayananJawa, SumatraJawa, Sumatra
ETASatu hariSatu hari
Titik JemputSesuai keinginan AndaKantor agen
Titik TujuanDoor-to-door atau area bongkar muatDoor-to-door atau area bongkar muat
AsuransiTermasukKlaim max 10x dari ongkir
Live Map TrackingTersedia via app web/selulerKontak CS untuk status/lokasi
CS24/7Senin – Sabtu (08:00 – 17:00)

.
Dalam kategori ini, Deliveree menunjukkan tawaran layanan yang lebih baik dengan titik penjemputan yang fleksibel, asuransi, CS, dan fitur pelacakan langsung. Sementara itu, DAMRI Express seri dengan mereka pada aspek-aspek seperti area layanan, ETA (estimated time arrival), dan titik pengiriman.

Pilihan Armada

Seperti disebutkan di atas, layanan FTL DAMRI Cargo fokus dan ahli dalam menyewakan truk jenis box untuk memastikan keamanan yang lebih baik. Sementara itu, Deliveree menawarkan pilihan kendaraan yang lebih beragam untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mereka. Mari kita lihat lebih dekat opsi armada dan kapasitas mereka:

Armada dan KapasitasDeliveree 🏆DAMRI Cargo
Tronton Wingbox (18 ton)
Tronton Box (15 ton)
Fuso Long (10 ton)
Fuso (8 ton)
CDD Long (5 ton)
CDD Box (4 ton)
CDD Pick up (4 ton)
CDE Box (2.2 ton)
CDE Pick up (2.2 ton)
Small Box/Pick up (1 ton)
Van
(720 kg)

(1 ton)
Mobil Ekonomi (200 – 350 kg)

.
Kita bisa melihat bahwa Deliveree menyediakan truk dengan kapasitas lebih besar seperti tronton wingbox dan tronton box. Armada terkecil di kendaraan mereka juga merupakan mobil ekonomi sehingga akan membantu pelanggan yang memiliki kebutuhan pengiriman lebih berat dari rata-rata kapasita kurir paket untuk menghemat biaya. Dengan cara ini, Deliveree dapat mengakomodir berbagai jenis kebutuhan pengiriman.

Kemudahan Pemesanan

Kategori perbandingan selanjutnya adalah kemudahan pemesanan. Pada Deliveree yang memanfaatkan teknologi pada layanannya, pemesanan jasa menjadi lebih sederhana, fleksibel, dan lebih cepat. Hal yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi web mereka atau menginstal aplikasi seluler mereka. Proses pemesanan akan dilakukan dalam 3 langkah yang sudah termasuk pengecekan harga. Berikut adalah langkah-langkah untuk memesan layanan Deliveree:

  1. Pilih jenis layanan (FTL/LTL), kendaraan yang diinginkan (untuk FTL) atau jenis barang (untuk LTL), jadwal pengiriman, kemudian titik penjemputan dan tujuan.
  2. Setelah itu, pilih layanan tambahan yang ingin Anda tambahkan ke pengiriman Anda atau berikan catatan kepada pengemudi.
  3. Terakhir, Anda hanya perlu mengkonfirmasi pemesanan Anda.

Proses pemesanan hanya akan memakan waktu sekitar 5 menit. Apa yang hebat tentang Deliveree adalah mereka memberikan waktu pemesanan minimum 2-3 jam (untuk kendaraan yang lebih kecil) atau 4-6 jam (untuk truk besar) sebelum kebutuhan pengiriman yang Anda butuhkan. Artinya, Anda dapat memiliki pengiriman hari yang sama untuk kebutuhan pengiriman yang mendesak. Anda juga dapat menjadwalkan pengiriman selama berminggu-minggu ke depan.

Di sisi lain, untuk memesan jasa sewa truk DAMRI Logistik, mereka menawarkan opsi menelepon langsung, mengirim pesan melalui WhatsApp (WA), atau mendatangi kantor agen mereka yang tersebar di seluruh Jawa. Kantor cabang mereka tersedia di Jakarta Pusat, Cikarang, Bekasi, Bogor, Bandung, Tasikmalaya, Solo, Semarang, dan Surabaya. Adapun nomor telepon dan WA mereka tercantum di bagian bawah halaman web resmi mereka. Untuk layanan LTL (DAMRI Express), Anda harus meletakkan barang di kantor agen sebelum pukul 19:00 agar bisa dikirim di hari yang sama. Jika tidak, barang Anda akan dikirim bersama dengan muatan pelanggan lain keesokan harinya.

Fitur Live Tracking

Kedua ahli pengiriman ini telah menyediakan fitur pelacakan untuk layanan mereka tanpa biaya tambahan untuk pelanggan mereka. Kehadiran pelacakan GPS membantu memastikan lebih banyak keamanan dan perjalanan barang pelanggan yang tepat waktu. Meskipun sama-sama menyediakan fitur ini, Deliveree memiliki lebih banyak kesederhanaan dan visibilitas dengan pelacakan peta langsung mereka yang dapat dipantau langsung oleh pelanggan. Untuk mengakses fitur pelacakan peta langsung Deliveree dapat dilakukan melalui web/aplikasi seluler atau dengan mengklik dan membagikan tautan pelacakan yang diberikan, sehingga siapa pun yang memiliki tautan dapat mengaksesnya di browser web mereka sendiri. Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk melihat posisi tepat barang Anda di peta secara real time.

Sedangkan untuk DAMRI Cargo, semua truk mereka juga dilengkapi dengan GPS yang memungkinkan perusahaan untuk memantau posisi truk secara real time. Namun, jika pelanggan ingin mengecek status dan lokasi pengirimannya, pelanggan perlu menghubungi CS melalui telepon atau WA. Pastikan untuk menghubungi saat waktu operasional CS.

Selebihnya Tentang Deliveree

Deliveree adalah penyedia truk generasi berikutnya yang menggunakan layanan direct vehicle untuk mengambil barang dari tempat Anda, fasilitas, gudang, dll, dan mengirimkannya langsung ke tujuan Anda dalam hari yang sama atau hari berikutnya. Memanfaatkan teknologi terbaru ke dalam layanannya, Deliveree membuat penyewaan truk dan pengiriman jadi lebih mudah, sederhana, dan fleksibel melalui beberapa klik di web/aplikasi seluler mereka. Deliveree menawarkan dua layanan utama yaitu Satu Kendaraan (FTL) dan Muat Sebagian (LTL). Jika Anda penasaran dengan perbedaan antara kedua layanan tersebut, berikut kami berikan informasinya kepada Anda:

Satu Kendaraan (FTL)Muat Sebagian (LTL)
HargaTergantung kendaraanTergantung berat muatan
KendaraanTerserah AndaDisesuikan dengan muatan
KapasitasSeluruh ruang cargoDigunakan secara kolektif
KontrolTerserah AndaBerdasar berat & ukuran muatan
LayananTerserah AndaDoor-to-Door / area bongkar-muat
PenjemputanPaling cepat same-dayPaling cepat next-day
RuteLangsung ke destinasiIkut rute paling efisien
PengirimanLangsungSame-day atau Next-day
ETASesuai jadwal yang ditentukanSesuai durasi pengiriman
AsuransiTermasukTermasuk
DukunganLive CS 24/7Live CS 24/7
Program BisnisTersediaTersedia
Pelacakan LangsungTersediaTersedia

Selebihnya Tentang DAMRI Logistik

DAMRI Logistik adalah perusahaan logistik milik negara yang terpercaya dan mapan yang fokus serta ahli pada pengiriman darat. Wilayah layanan mereka meliputi Jawa, Sumatera, Bali, Madura, Lombok, Makassar, dan Kalimantan. Mereka menawarkan berbagai layanan bermanfaat dan lengkap yang telah disebutkan di awal artikel ini, yaitu: truk & kargo, layanan kurir ekspres, layanan Door-to-Door, pengiriman sepeda motor, dan bahkan pergudangan. Di bawah ini adalah daftar lengkap dan deskripsi dari setiap layanan yang mereka sediakan:

LayananDeskripsi
Truk & KargoSewa truk box dengan berbagai ukuran untuk ritase, harian, mingguan, bulanan, tahunan, atau dengan kontrak
Paket ExpressPengiriman barang domestik dengan destinasi seluruh Indonesia pakai jaringan darat, laut, dan udara
Door-to-DoorPengiriman yang ambil muatan langsung dari tempat pengirim kemudian diantarkan langsung ke penerima
Kirim MotorKirim sepeda motor ke daerah Jawa Tengah dan Sumatra dengan harga terjangkau
GudangSewa gudang yang dilengkapi sistem teknologi informasi untuk bantu pantau dan kelola pergerakan barang

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa keistimewaan layanan FTL dan LTL DAMRI Logistik?

FTL DAMRI Logistik khusus sedia jasa kirim via truk jenis box (dari Fuso Long hingga Van) untuk wilayah Jawa, Sumatera, Bali, Madura, Makassar, Lombok, dan Kalimantan. Layanan LTL mereka spesialis dalam layanan pengiriman 1 hari untuk wilayah Jawa-Sumatera. Jika Anda mencari persewaan truk besar/kecil dan layanan LTL cepat lainnya, Deliveree adalah salah satu alternatif tepercaya di pasar.

Apakah DAMRI Logistic menyediakan asuransi untuk kerusakan kargo?

DAMRI Logistic tidak punya asuransi untuk layanan mereka. Sebaliknya, mereka beri pilihan pada pelanggan untuk ajukan klaim jika ada kerusakan dan kehilangan barang setelah barang sampai di tempat tujuan. Penyedia lain seperti Deliveree telah memasukkan asuransi ke dalam harga mereka hingga Rp 30 jt (tergantung kendaraan), mereka juga menyediakan opsi untuk menambahkan asuransi tambahan.

Apa perbedaan antara layanan DAMRI Cargo dan Deliveree FTL?

Perbedaan utama antara layanan DAMRI Cargo dan Deliveree FTL adalah pada jenis truk yang mereka sediakan. DAMRI fokus pada jenis truk boks tertutup dengan kendaraan terbesar adalah Fuso Long dengan kapasitas 10 ton. Sementara itu, Deliveree menyediakan berbagai jenis truk antara lain tipe pick up, box, dan wingbox dengan truk terbesar adalah tronton wingbox dengan kapasitas 18 ton.


Artikel Terkait

  1. Fedex Gandeng Salesforce Luncurkan Solusi E-Commerce
  2. Unikie & Valmet Automotive Kembangkan Solusi Logistik Next-Gen
  3. Solusi First, Middle, dan Final Mile Tercipta dari Akuisisi 3PL