Your browser does not support JavaScript!

Alibaba Investasi $378,5 Juta di Lazada

By Dudek Muljana - 15 Jul, 2022

Alibaba Investasi $378,5 Juta di Lazada

Situs web e-commerce Asia Tenggara Lazada telah mendapatkan pemasukan $378,5 juta dari menerbitkan saham baru ke perusahaan induknya Alibaba Singapura, menurut DealStreetAsia, yang mengklaim pada hari Senin bahwa mereka menganalisis pengajuan peraturan perusahaan. DealStreetAsia melaporkan investasi tersebut adalah yang terbesar sejak investasi Alibaba senilai $1,3 miliar dalam bisnis ini pada Juni 2020. Saat ini kedua pihak dikabarkan sedang meninjau peraturan perusahaan terkait rencana tersebut.

Baca Juga: Industri Logistik Capai Puncak Tertinggi Investasi 2021

Persaingan Memanas

Alibaba baru-baru ini membuat rencana untuk memperluas Lazada ke Eropa untuk mendiversifikasi pengembangannya karena persaingan yang semakin memanas di China, menurut Reuters. Alibaba sudah memiliki pijakan di Eropa melalui AliExpress, yang melakukan penjualan lintas batas dari China.

Lazada, yang tidak terdaftar, tidak segera menjawab pertanyaan untuk mengomentari dugaan infus melalui penerbitan saham tambahan. Korporasi tersebut memiliki nilai barang dagangan kotor (GMV) sebesar $21 miliar dan 159 juta pengguna dalam 12 bulan yang berakhir pada September 2021. Ia tertinggal dari saingan besar Shopee yang dikendalikan oleh Sea Group, yang membukukan GMV $62,5 miliar tahun lalu.

Selain itu, Alibaba juga menargetkan jumlah pengguna Lazada tembus 300 juta pengguna pada 2030. Sementara saat ini jumlah pengguna mereka baru mencapai 159 juta pengguna.

Baca Juga: Investasi Logistik Eropa menambahkan 37.000 Tempat Koordinasi di Kraków Selama Pandemi.

Tentang Lazada

Lazada yang baru saja meluncurkan kantor pusat baru di Singapura, telah beroperasi di enam negara di Asia Tenggara. Shopee beroperasi di 13 negara termasuk Polandia dan Spanyol. Shopee berada di Prancis, tetapi berangkat satu bulan setelah diluncurkan di sana.

Alibaba membeli 51 persen Lazada seharga $1 miliar pada tahun 2016 dan kemudian meningkatkan sahamnya menjadi 83 persen dengan membelanjakan $1 miliar lagi. Alibaba ingin meningkatkan GMV Lazada menjadi $100 miliar GMV dan melipatgandakan jumlah konsumennya menjadi 300 juta pengguna pada tahun 2030.

Baca Juga: Investasi Logistik Mengalir Deras di E-commerce Intra-Asia