Adakah Cara Eksekusi Pengiriman Terbaik?

By Cat Dewinta - MjEgSnVsaSwgMjAyMQ==

Adakah Cara Eksekusi Pengiriman Terbaik

Apa Metrik Ideal untuk Pengiriman? Kelengkapan pesanan, ketepatan waktu, kondisi, dan dokumentasi adalah empat elemen dari pengiriman yang sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa pesanan tiba sesuai jadwal, utuh, tidak rusak, dan dengan faktur yang benar.

Pengiriman yang sempurna menjadi lebih menantang seiring dengan meningkatnya kompleksitas rantai pasokan. Meningkatkan statistik ini memerlukan fokus pada orang dan prosedur, tetapi juga sering memerlukan penerapan sistem rantai pasokan baru yang lebih kuat. Pengukuran yang salah menyebabkan perilaku suboptimal, dan metrik sering dimanipulasi.

Ini juga merupakan kebiasaan untuk menyalahkan logistik atas pengiriman yang terlambat karena ini adalah langkah terakhir dalam proses. Namun, ketika proses pemenuhan pesanan end-to-end dibedah dan diperiksa, biasanya ditemukan bahwa logistik tidak berjalan seburuk yang terlihat.

Survei Net Promoter Score sering kali merupakan praktik terbaik dalam mengukur loyalitas klien. Skor promotor bersih didasarkan pada satu pertanyaan: seberapa besar kemungkinan Anda merekomendasikan perusahaan, produk, atau layanan ini kepada kolega atau teman? Ini terkait dengan pertumbuhan pendapatan.

Ketika skor promotor bersih perusahaan turun, biasanya dimulai proses untuk menentukan mengapa skor turun dan kemudian mencoba untuk memperbaiki situasi.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang dalam Jumlah Besar (Aplikasi Delivery)

Jenis Tekanan Apa yang Harus Dihadapi Bisnis?

Bisnis saat ini berada di bawah tiga tekanan berbeda. Langkah pertama adalah menciptakan pengalaman pembelian yang konsisten di semua saluran. Pelanggan tidak selalu mengharapkan pengalaman yang konsisten di seluruh saluran; masing-masing memiliki titik interaksinya sendiri dan dirancang untuk memberikan pengalaman unik. Pelanggan, di sisi lain, harus dapat menemukan barang yang mereka cari di saluran yang tepat.

Kapasitas untuk hanya menangkap pesanan adalah yang kedua. Dengan begitu banyak berbagai saluran penjualan dan pola aliran ganda untuk model bisnis yang berbeda, perusahaan harus dapat mengumpulkan semua informasi pesanan dengan cepat dan benar.

Tekanan ketiga adalah memenuhi pesanan secepat mungkin. Baik di dunia B2B dan B2C, harapan pelanggan untuk pengiriman cepat menjadi semakin meluas. Operasi pemenuhan pesanan tumbuh semakin kompleks karena perbedaan antara B2B dan B2C kabur dan model meluas ke fokus B2B2C. Akibatnya, operasi pemenuhan semakin tegang.

Teknologi Omni-Channel dan Pengiriman Sempurna

Manajemen pesanan terdistribusi adalah salah satu teknologi omni-channel yang paling penting. Manajemen pesanan terdistribusi memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data dari semua saluran yang relevan selama proses manajemen pesanan. Ini melibatkan entri pesanan, sumber, pemrosesan pembayaran, dan pemenuhan. Ini juga mencakup semua jenis saluran penjualan. Keuntungannya adalah tidak masalah dari mana datangnya pesanan; semua saluran pemenuhan memiliki akses ke data, dan pedagang dapat mendistribusikan inventaris sesuai dengan tingkat stok, persyaratan permintaan, dan jadwal pemenuhan.

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Berat: Bisnis Ekspedisi Truk Kargo

Rantai Nilai Order-to-Fulfillment Berubah

Strategi pasokan perusahaan B2B didasarkan pada tiga pilar. Langkah pertama adalah menghubungkan permintaan dan penawaran secara real time. Langkah kedua adalah memastikan bahwa produk yang benar berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Persyaratan ketiga adalah untuk memberikan tepat waktu.

Sangat sulit untuk menerapkan taktik ini. Ketika seorang pelanggan membutuhkan suatu produk, mereka sering beralih ke pedagang, yang bergantung pada sejumlah pemasok untuk menyimpan barang-barangnya. Ada sejumlah SKU yang dapat ditetapkan untuk setiap item. Munculnya SKU membuat hampir mustahil bagi toko untuk menyimpan semua produk yang mereka butuhkan. Dalam ketiga pilar ini, teknologi merupakan faktor pendukung utama.

Aplikasi dalam Rantai Nilai Order-to-Fulfillment

Orkestrasi manajemen pesanan, manajemen gudang, manajemen transportasi, dan manajemen perdagangan di seluruh dunia adalah aplikasi yang paling signifikan.

Orkestrasi manajemen pesanan bukanlah solusi satu ukuran untuk semua masalah satu ukuran untuk semua. Sebaliknya, ini adalah kumpulan teknologi yang memungkinkan perusahaan memenuhi pesanan dari berbagai sistem melalui berbagai saluran.

Tujuan mendasar dari sistem manajemen gudang adalah untuk mengelola sumber daya gudang, seperti inventaris, ruang, tenaga kerja, peralatan, tugas, dan aliran material. Ini berfungsi sebagai tulang punggung untuk mengangkut komoditas dari titik A ke titik B.

Sistem manajemen transportasi mencakup dua jenis solusi yang membantu perusahaan memindahkan barang dari asal ke tujuan secara efisien, andal, dan hemat biaya. Pengangkutan barang yang melibatkan pengangkut adalah pusat perencanaan dan pelaksanaan. Selanjutnya, manajemen armada memerlukan pergerakan barang dengan menggunakan aset transportasi milik perusahaan.

Terakhir, manajemen perdagangan global mengoptimalkan dan menyederhanakan prosedur perusahaan lintas batas. Penyaringan pihak terbatas, kepatuhan perdagangan, administrasi bea cukai, informasi perdagangan global, dan biaya pendaratan yang diantisipasi adalah beberapa modul yang tersedia.

Baca juga: Jasa Angkut Terdekat: Bisnis Logistik