Your browser does not support JavaScript!

Transformasi Rantai Pasokan Membutuhkan Orang Yang Tepat

By Pandu Saputra - March 08, 2021


Ketika bisnis menggabungkan teknologi perangkat lunak perusahaan, mereka sering menyebutnya sebagai bagian dari transformasi digital mereka. Namun, memperkenalkan teknologi modern tidak mengubah sesuatu secara digital jika orang yang diharapkan menggunakannya tidak dapat melakukannya secara efektif. Belcorp telah bekerja keras untuk menjadi pelopor dalam memastikan bahwa karyawan mereka dapat menggunakan perangkat lunak dinamis yang disebut desain rantai pasokan secara efektif. Dibutuhkan lebih dari sekadar mengetahui cara menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ini mengharuskan penggunaan filosofi desain rantai pasokan oleh perusahaan untuk diperluas.

Saya baru-baru ini berbicara dengan Nicolas Frasquet dari Belcorp dan Germán Ricardo Rodrguez Parra. Mr. Frasquet adalah direktur eksekutif pengadaan perusahaan, tetapi tugasnya lebih dari sekadar mencari sumber. Tuan Rodrguez adalah manajer perencanaan strategis logistik, dan dia memimpin tim yang bertanggung jawab atas desain rantai pasokan bisnis.

Kasus Belcorp

Belcorp, sebuah perusahaan Peru, memproduksi kosmetik dan produk perawatan pribadi untuk wanita di 13 negara Amerika Selatan dan Tengah. Ini menjual parfum, produk perawatan wajah dan tubuh, kosmetik, dan barang-barang perawatan pribadi. Perusahaan menjual produknya terutama melalui 800.000 konsultan kecantikan independen; saluran langsung ini menyumbang sebagian besar penjualan tahunan perusahaan sekitar $ 1 miliar. Perusahaan menjual produknya di bawah tiga merek terkenal: ésika, L’Bel, dan Cyzone, yang melayani berbagai demografi.

Belcorp, seperti kebanyakan bisnis di sektor mereka, memiliki rantai pasokan yang rumit. Belcorp, misalnya, mengoperasikan empat pabrik di Kolombia, Meksiko, Peru, dan Ekuador. Ada sedikit fleksibilitas produksi; tidak satupun dari pabrik ini akan memproduksi lebih dari 1.500 barang milik perusahaan. Setiap tiga minggu, perusahaan merilis katalog dengan banyak item baru. Perusahaan meluncurkan lebih dari 150 produk baru dalam satu tahun. Hingga 30% pendapatan perusahaan berasal dari barang-barang baru ini. Sulit untuk memprediksi produk kecantikan, yang tren fesyennya sedang berubah. Sebaliknya, meramalkan permintaan akan produk baru jauh lebih menantang.

Logistik bisa jadi sulit. Ada alamat untuk semua rumah di beberapa kota besar yang mereka wakili. Namun, di daerah pedesaan, alamat unik tidak selalu tersedia. Sebaliknya, instruksi digunakan. Misalnya, pergi ke Walmart dan belok kanan; itu rumah ketiga di sebelah kiri. Ada waktu tunggu satu hari bagi pelanggan di area metro dekat pabrik mereka. Waktu tunggu untuk daerah pedesaan bisa selama lima hari.

Apalagi, dulu konsultan kecantikan menjual barang dan perusahaan mengirimkannya ke konsultan. Para konsultan kemudian bertanggung jawab untuk mengirim ke klien mereka. Itu mulai berubah. Organisasi ini menyediakan aplikasi seluler kepada konsultannya, memungkinkan mereka mengelola bisnis dengan lebih baik. Perusahaan sekarang akan mengirimkan barang langsung ke pelanggan menggunakan solusi ini (platform mirip e-niaga yang disebut Toko Online Saya dan katalog interaktif digital).

Pandemi menjadi lebih rumit. Ini mempercepat transisi ke pengiriman langsung ke pelanggan. Perkiraan menjadi jauh lebih rumit. Penjualan beberapa produk anjlok, sementara penjualan lainnya melonjak, karena pergeseran perilaku konsumen di seluruh kategori produk.

Belcorp berusaha untuk mengurangi kesulitan ini dengan menerapkan pendekatan desain rantai pasokan Coupa. Solusi desain rantai pasokan melihat pada pilihan bisnis yang dapat dibuat organisasi selama jangka waktu perencanaan strategis, yang dapat bervariasi dari enam bulan hingga lima tahun atau lebih. Solusi ini dapat memberikan jawaban atas pertanyaan seperti di mana pengembangan baru atau kapasitas distribusi harus ditempatkan untuk memenuhi pertumbuhan permintaan yang diharapkan dengan sebaik-baiknya. Pabrik apa yang harus bertanggung jawab untuk mengembangkan produk baru? Apa efek memiliki pemasok baru terhadap keseluruhan biaya pendaratan? Bagaimana cara terbaik untuk mengatasi kenaikan biaya transportasi? Berapa perkiraan biaya bersih dari berbagai strategi hijau?

Solusi desain rantai pasokan melihat trade-off antara opsi pengadaan, biaya produksi dan distribusi, biaya penyimpanan inventaris, biaya pengiriman, dan proses bea dan cukai untuk menghitung biaya keseluruhan untuk mencapai tingkat layanan tertentu untuk alternatif strategis. Peta digital – atau kembaran digital – dari rantai pasokan perusahaan dibuat dengan solusi desain rantai pasokan. Kembar digital ini termasuk biaya jaringan; misalnya, biaya penyimpanan persediaan untuk produk ini adalah X, tetapi untuk yang ini adalah Y. Unit penyimpanan persediaan (SKU) ini berharga A di pabrik ini, tetapi B di pabrik ini, serta banyak rantai pasokan granular lainnya. biaya. Di atas model jaringan biaya ini, solusinya memungkinkan penyimpanan dan perbandingan skenario yang berbeda.

Belcorp memiliki pengalaman lebih dari sepuluh tahun dalam solusi desain rantai pasokan. Mereka mulai dengan sistem LogicNet IBM. Belcorp meningkatkan ke solusi Coupa Supply Chain Guru tidak lama setelah Coupa mengakuisisi LogicNet pada tahun 2015.

Organisasi menghemat jutaan dolar dengan menggunakan solusi arsitektur jaringan untuk membuat pilihan yang lebih cerdas tentang cara menggunakan jaringan mereka. Rasio penghematan biaya kotor Belcorp dari tahun ke tahun digambarkan dalam grafik di atas. Biaya pengadaan, bea dan cukai, pengiriman, pemrosesan, dan penyimpanan inventaris semuanya berkurang. Mereka tidak memasukkan biaya distribusi dalam model mereka saat ini.

Mereka menggunakan pendekatan manajemen inventaris Coupa pada tahun 2018. Ini adalah inisiatif penting bagi Belcorp untuk membantu mereka menilai jumlah unit pemegang saham yang terus meningkat. Selama tiga tahun terakhir, mereka memperkirakan bahwa SKU telah meningkat lebih dari 20%. Belcorp telah secara efektif mengurangi total inventaris mereka hampir 25% dan persediaan pengaman khusus mereka hampir 35% selama tiga tahun terakhir sambil meningkatkan tingkat layanan mereka secara keseluruhan sebesar 6 poin dengan menerapkan pendekatan ini.

Namun, penghematan biaya tidak semata-mata karena teknologi pengoptimalan. Mereka melihat 2018 dan 2019 sebagai tahun di mana kecanggihan mereka dalam menggunakan solusi ini meningkat secara dramatis. Model kematangan arsitektur rantai pasokan telah dikembangkan oleh Coupa. Dalam hal kedewasaan, Belcorp adalah perusahaan dengan kinerja terbaik di Amerika Latin.

Model kedewasaan ini sangat teliti. Ini melihat kemampuan tim, serta operasi, teknologi, dan strategi yang terlibat dalam desain rantai pasokan. Untuk membantu menghasilkan skor, antara 30 dan 70 kriteria diperiksa di setiap wilayah.

Rekrutmen yang Tepat

Meskipun ada banyak standar, Tn. Frasquet percaya bahwa beberapa di antaranya sangat penting. Diperlukan tim yang berdedikasi untuk desain rantai pasokan; ini bukan pekerjaan sampingan di mana tim proyek dibentuk untuk menanggapi permintaan ad hoc. Analisis tidak cukup dalam kaitannya dengan metode. Setelah analisis selesai, harus didiskusikan dengan pimpinan perusahaan, keputusan harus diambil berdasarkan analisis, mekanisme untuk melaksanakan keputusan harus ada, dan hasil harus dihitung. Tapi, yang terpenting, bisnis harus berbasis data. Analisis kuantitatif yang terperinci harus digunakan untuk membuat keputusan. Itu harus ada dalam DNA perusahaan. Kemampuan Belcorp untuk membuat keputusan strategis berdasarkan data di sekitar organisasi didukung oleh Coupa.

Dan, selain menurunkan biaya, kecanggihan desain rantai pasokan dapat membantu organisasi merespons gangguan lebih cepat, seperti pandemi global. Belcorp bernasib lebih baik daripada banyak pesaingnya di pasar produk perawatan kecantikan, berkat model penjualan langsung perusahaan. Alat interaktif baru untuk penasihat kecantikan independen mereka telah mendorong model penjualan langsung ini. Banyak toko kosmetik kecil tutup karena perusahaan kosmetik lain menjual produk mereka melalui mereka. Ini berdampak besar pada keuntungan mereka.

Mr. Frasquet, di sisi lain, menunjukkan bahwa keserbagunaan mereka juga membantu mereka dengan baik. Rangkaian produk perusahaan telah disetel ulang sepenuhnya, dengan penjualan barang perawatan pribadi meningkat sementara penjualan kosmetik anjlok. Ini adalah masalah rantai pasokan utama. Belcorp, di sisi lain, dapat kembali ke jumlah pendapatan keseluruhan historis mereka hanya dua bulan setelah bulan-bulan terburuk pandemi berakhir.

Banyak bisnis telah membeli solusi kelas atas dan kemudian memperlakukannya seolah-olah mereka mengendarai bug Volkswagen daripada Maserati. Belcorp telah menghindari jebakan ini dengan menunjukkan bahwa tim yang berkomitmen dan profesional, proses yang ketat, dan budaya berbasis data adalah komponen penting dari model digital jangka panjang.