Your browser does not support JavaScript!

Supply Chain Adalah Mesin dari Pertumbuhan Paska Pandemi

By Rica Prasetio - April 14, 2021

Supply Chain Adalah Mesin Dari Pertumbuhan Paska Pandemi

Perusahaan barang pasar telah berjuang untuk tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Menurut studi Accenture, mayoritas bisnis makanan dan minuman mengalami pertumbuhan kurang dari 3%. Dan tren pertumbuhan telah menurun di seluruh segmen pasar selama lima tahun terakhir, yang berpuncak pada gangguan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2020.
Saat kami melihat ke depan untuk pemulihan pasca pandemi, jelas bahwa industri barang konsumsi akan membutuhkan pertumbuhan baru, dan rantai pasokan akan sangat penting untuk mencapai pertumbuhan itu.
Perusahaan harus menghindari melihat rantai pasokan hanya sebagai pusat biaya untuk mendorong efisiensi yang lebih besar jika ingin memainkan peran yang diperluas ini.

Rantai Pasokan Yang Berpusat Pada Pelanggan

Sebaliknya, seluruh rantai pasokan harus didesain ulang sebagai mesin pertumbuhan. Itu harus diorientasikan kembali pada apa yang dihargai konsumen untuk mencapai ini. Accenture menyebutnya sebagai “rantai pasokan yang berpusat pada konsumen”. Ini adalah model rantai pasokan yang memanfaatkan konektivitas digital dan pengetahuan berbasis data secara ekstensif untuk memastikan bahwa seluruh organisasi berfokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan.

Keterampilan khusus yang diperlukan untuk membangun rantai pasokan yang berpusat pada konsumen biasanya ditentukan oleh konteks dan tujuan setiap organisasi. Namun, menurut studi Accenture, ada atribut tertentu yang dimiliki semua perusahaan.
Yang pertama adalah segmentasi pelanggan dan produk. Inilah, daripada yang lainnya, yang membedakan sentrisitas konsumen yang sebenarnya. Pemimpin dalam manajemen rantai pasokan dapat menyegmentasikan rantai nilai mereka berdasarkan produk dan / atau persyaratan konsumen. Mereka melihat rantai pasokan sebagai kumpulan rantai nilai yang berbeda, masing-masing dengan serangkaian kriteria umum sendiri dan masing-masing memberikan hasil untuk komunitas pelanggan tertentu.
Selain itu, pemimpin rantai pasokan biasanya merencanakan kapabilitas margin di seluruh ekosistem, memungkinkan mereka menghasilkan portofolio produk yang tepat dengan harga terbaik. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mempersiapkan dan melaksanakan pada saat yang sama, memungkinkan mereka untuk menyinkronkan perencanaan ulang sehingga mereka dapat bereaksi dengan cepat terhadap wawasan data baru.

Pendekatan Pusat Konsumen

Upaya besar adalah mengubah rantai pasokan yang berpusat pada produk menjadi rantai pasokan yang berpusat pada konsumen. Ini memerlukan pemikiran ulang tidak hanya konfigurasi rantai pasokan, tetapi juga penggunaan teknologi yang muncul, serta model operasi pendukung dan cara kerja rantai pasokan.
Pertama, bisnis harus mengonfigurasi ulang rantai pasokan mereka untuk memenuhi kebutuhan setiap segmen dalam skala besar, setelah menyegmentasikan rantai nilai. Kemampuan konfigurasi ulang ini idealnya harus dinamis, memungkinkan jaringan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap permintaan konsumen dan bisnis yang terus berkembang.
Untuk mencapai tingkat kelincahan ini, perusahaan sering kali memilih untuk menggunakan “aset ringan”. Mereka mendapatkan lebih banyak fleksibilitas secara substansial dalam jaringan mereka untuk beradaptasi dengan permintaan pelanggan baru dengan melakukan outsourcing beberapa aspek rantai pasokan yang berat.
Persyaratan penting lainnya adalah komunikasi digital di seluruh rantai nilai. Hanya dengan cara ini rantai pasokan yang berpusat pada konsumen dapat membuat keputusan lintas fungsi (seperti perencanaan dan pelaksanaan bersamaan yang disebutkan di atas).

Memberikan Apa Yang Dibutuhkan Pelanggan

Ada banyak sekali nilai yang bisa didapat di sini. Menurut temuan kami, rantai pasokan yang dipimpin intelijen akan mendukung pertumbuhan pendapatan hingga 3% dengan meningkatkan ketersediaan produk, meningkatkan layanan pelanggan, dan mengurangi penjualan yang hilang.
Ada juga ruang untuk meningkatkan profitabilitas dan modal kerja, serta banyak peluang lain untuk meningkatkan proposisi nilai, umur panjang produk, dan kepercayaan pelanggan.
Ketika Accenture menyurvei hampir 200 eksekutif rantai pasokan tentang tujuan proposisi nilai mereka, kebutuhan untuk membangun interaksi pelanggan yang terhubung adalah salah satu yang paling sering disebutkan.
Tentu saja, memiliki pengalaman multi-saluran yang disesuaikan sudah menjadi hal yang penting, tetapi dengan pandemi yang mendorong adopsi digital ke tingkat yang lebih tinggi, para eksekutif industri sekarang melihatnya sebagai bagian penting dalam menjalankan bisnis. Perusahaan membutuhkan rantai pasokan yang disesuaikan dengan setiap segmen konsumen dan memperhatikan kebutuhan yang berkembang untuk mempertahankan pengalaman yang terhubung — keduanya merupakan kekuatan utama dari rantai pasokan yang berpusat pada konsumen.
Loyalitas konsumen dan keberlanjutan yang lebih besar adalah dua tujuan lain yang akan mendapatkan keuntungan dari lebih berpusat pada konsumen. Jaringan pasokan yang terhubung secara digital, misalnya, dapat memberikan kecerdasan yang diperlukan untuk meningkatkan keberlanjutan produk sekaligus menunjukkan kredensial tanggung jawab sosialnya kepada pelanggan dengan menawarkan transparansi ujung ke ujung.

Reorientasi Terhadap Persyaratan Pelanggan

Setiap bisnis akan memiliki serangkaian sasaran yang berfokus pada konsumennya sendiri. Kebutuhan akan integrasi digital yang lebih besar di seluruh rantai pasokan, yang didukung oleh proses yang gesit dan pengambilan keputusan lintas fungsi, serta ketangkasan dan daya tanggap organisasi yang lebih besar, adalah sesuatu yang hampir disetujui oleh semua pemain di industri.
Perusahaan barang konsumen akan dapat menyegmentasikan dan mengatur rantai nilai mereka di sekitar hasil pelanggan, dan memberikan hasil tersebut melalui jaringan pasokan terukur yang didukung oleh teknologi digital, berkat yayasan ini. Karena perusahaan barang konsumen bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan yang sangat dibutuhkan di tahun-tahun mendatang, peningkatan penekanan pada pelanggan ini akan menjadi sangat penting.