Stabilnya Palet Plastik Dampak Harga Palet Kayu Tinggi

By Dudek Muljana - MTIgTWVpLCAyMDIx

Stabilnya Palet Plastik Dampak Harga Palet Kayu Tinggi

Mungkin terdengar asing, tetapi harga palet kayu baru diperkirakan akan naik 18 persen lagi di bulan April, di atas kenaikan 18 persen yang terlihat di bulan Januari.

Penyebab Tingginya Harga Palet Kayu

Menurut surat dari pemasok utama bahan kemasan kayu, tekanan terus menerus pada pasokan kayu dan masalah dengan izin penebangan kayu di Irlandia adalah alasan utama kenaikan harga hampir 40%.

Meskipun pasar perumahan Inggris tetap kuat, industri pengemasan kayu harus bersaing dengan pasar lain untuk stok kayu, seperti pagar dan barang-barang DIY. Dengan cuaca yang membaik, persaingan ini diperkirakan akan semakin meningkat karena pelanggan terus berinvestasi pada barang-barang ritel perbaikan rumah dan berkebun.

Tampaknya hanya ada sedikit harapan untuk industri pengemasan kayu, tetapi situasinya sangat berbeda untuk pasar palet plastik.

Keuntungan untuk Palet Plastik

“Seiring dengan kenaikan harga palet kayu yang terus meningkat, gap harga dengan palet plastik daur ulang kami semakin mengecil,” kata Jim Hardisty, Managing Director Goplasticpallets.com. Ini bisa menjadi pengubah permainan untuk industri palet di Inggris Raya.

“Kami tidak hanya melihat penggunaan palet plastik yang lebih luas di sektor makanan dan farmasi – yang telah meningkat sejak pandemi Covid-19 – tetapi pasar ekspor juga melihat keuntungan dari beralih ke plastik.”

“Aturan perdagangan baru pasca-Brexit mulai berlaku pada bulan Januari, mewajibkan semua palet kayu yang mengangkut barang antara Inggris dan UE untuk diberi perlakuan panas dan diakreditasi untuk mematuhi peraturan ISPM15. Jika ini tidak dilakukan, pengiriman akan ditolak di perbatasan, yang akan menjadi kemunduran besar lainnya bagi pengguna palet kayu. Kemampuan perlakuan panas di Inggris sekarang mencapai kapasitasnya, tetapi palet plastik benar-benar dikecualikan dari standar perlakuan panas ISPM15 saat ini sedang berlangsung.”

Jika tekanan yang dijelaskan di sini tetap ada, dapatkah palet plastik daur ulang menggantikan palet kayu yang sederhana? Hanya waktu yang akan menjawab apakah ini benar.