Spesialis Pengadaan dan Sourcing Hadapi 4 Kendala Utama

By Pandu Saputra - MyBKdW5pLCAyMDIx

Spesialis Pengadaan dan Sourcing Hadapi Kendala Utama

Ketika rantai pasokan menjadi semakin mengglobal, mengikuti sumber dan pengadaan menjadi lebih sulit. Ketika rantai pasokan mengoptimalkan biaya dengan memperluas global dan menjadi khusus, menjaga hubungan pemasok dan mengendalikan risiko menjadi jauh lebih menantang.

Menemukan jawaban yang benar untuk masalah ini akan menjadi prioritas utama bagi tim rantai pasokan di masa mendatang. Untuk lebih mempersiapkan masalah di masa depan, perusahaan dapat fokus pada penguatan ketangkasan sistem mereka saat ini, penyesuaian cepat terhadap perubahan, peningkatan transparansi, dan persiapan untuk gangguan di masa depan. Inilah bagaimana keempat faktor tersebut dapat membantu tim Anda mencapai kesuksesan di masa depan.

Meningkatkan Daya Tanggap Sistem Anda

ERP digunakan oleh perusahaan rantai pasokan untuk menangani data dan proses penting. Sementara ERP penting untuk menyimpan data rantai pasokan, mereka tidak memberikan visibilitas yang cukup bagi tim dan pemimpin untuk berhasil. Selanjutnya, solusi titik yang dikembangkan untuk alur kerja tertentu mungkin terlalu spesifik dan sulit diubah untuk memenuhi persyaratan tertentu.

Daripada terus menyesuaikan sistem inti yang sulit dikelola dengan lebih banyak sumber daya TI, perusahaan terkemuka menggunakan platform tanpa kode untuk menambah kelincahan pada ERP mereka. Melapisi kemampuan tanpa kode di atas sistem ERP membantu tim untuk memusatkan waktu guna memperkuat strategi pengadaan mereka, mengatasi masalah dengan lebih cepat, dan mengurangi biaya alih-alih membuang waktu untuk membuat alur kerja baru, mengambil data dari ERP, atau bekerja secara manual.

Beradaptasi dengan Perubahan dengan Cepat

Transformasi cepat tahun ini telah memaksa spesialis rantai pasokan untuk terus menanggapi isu-isu baru. Sayangnya, ketika hanya pakar TI atau luar yang mampu membuat penyesuaian yang diperlukan dalam perusahaan Anda, setiap kemunduran kecil dengan cepat meningkat menjadi bencana yang signifikan. Ketika tantangan teknologi mengharuskan penggunaan pengembang dengan pengetahuan teknis khusus, waktu yang dihabiskan untuk menunggu solusi baru bisa menjadi bencana.

Organisasi terkemuka, di sisi lain, melengkapi mereka yang paling dekat dengan pekerjaan dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk membuat perubahan penting sendiri. TI tidak lagi menjadi hambatan bagi tim yang mencoba beradaptasi dengan cepat terhadap gangguan rantai pasokan ketika pemimpin pengadaan memiliki kapasitas untuk mengumpulkan data pemasok, melacak kinerja, mengelola alur kerja, dan melaporkan data waktu nyata.

Peningkatan Transparansi

Transparansi adalah masalah kritis bagi tim dan pemimpin rantai pasokan. Tim membutuhkan banyak informasi penting, dan data pemasok yang terkotak-kotak atau tidak tersedia memiliki banyak efek buruk. Data yang hilang dapat mengakibatkan keterlambatan pengiriman produk, pengeluaran material yang berlebihan, kurangnya kesadaran akan kepatuhan, dan waktu henti saat terjadi gangguan.

Sebaliknya, kolaborasi yang sukses dengan pemasok dapat memberikan visibilitas waktu nyata ke dalam inventaris, kualitas material, dan biaya, membuat kinerja pemasok lebih mudah dipahami dan dilaporkan.

Memastikan Kelincahan yang Konsisten

Akhirnya, dengan semua gangguan rantai pasokan selama satu setengah tahun terakhir, tidak masuk akal untuk mengharapkan penyelesaian yang cepat. Organisasi yang akan berhasil adalah mereka yang tidak hanya bertahan, tetapi berkembang dalam gangguan ini.

Membangun lapisan kelincahan untuk memungkinkan perusahaan Anda merespons perubahan akan memungkinkan tim pengadaan dan pengadaan Anda bereaksi dengan cepat saat terjadi perubahan. Juga, dan mungkin yang lebih penting, TI akan memiliki kepercayaan bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh pengguna bisnis diatur dan dikendalikan.

Perusahaan terkemuka menggunakan tanpa kode untuk mengatasi masalah ini, dan mereka menggunakannya untuk mengatasi sejumlah kesulitan agar menjadi lebih gesit dan responsif. Menambahkan kelincahan tambahan ke rantai pasokan Anda dengan kemampuan tanpa kode akan memposisikan perusahaan Anda dengan lebih baik untuk sukses dengan gangguan yang akan datang, dari suku cadang sumber ganda hingga bereaksi terhadap masalah pemasok COVID-19.