Your browser does not support JavaScript!

Review Lengkap Pos Indonesia: Kelebihan & Kekurangan

By Dudek Muljana - May 21, 2023

Review Lengkap Pos Indonesia: Kelebihan & Kekurangan

Sebagai perusahaan milik negara, Pos Indonesia memiliki misi untuk memberikan layanan yang terjangkau dan terpercaya kepada masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin ketatnya persaingan di industri logistik, Pos Indonesia masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai layanan yang ditawarkan oleh Pos Indonesia, kelebihan, dan kekurangan dari perusahaan ini.

Apa Saja Layanan Pos Indonesia?

Pos Indonesia menyediakan berbagai jenis layanan, mulai dari jasa pengiriman hingga jasa keuangan. Berikut adalah beberapa layanan yang disediakan oleh Pos Indonesia:

Jasa Pengiriman

Pos Indonesia menyediakan berbagai macam jasa pengiriman, termasuk jasa pengiriman surat, paket, dan barang berukuran besar. Berikut adalah beberapa jasa pengiriman yang disediakan oleh Pos Indonesia:

  1. Pos Instan Plus. Layanan pengiriman ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim surat atau paket dalam waktu tiba maksimal 3 jam saja dengan tarif yang terjangkau.
  2. Pos Sameday. Layanan pengiriman ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim surat atau paket dengan tarif yang terjangkau dan tiba di tempat tujuan pada hari yang sama dengan maksimal waktu tiba 9 jam.
  3. Pos Nextday. Layanan pengiriman ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim surat atau paket dengan tarif yang terjangkau dan tiba di tempat tujuan pada hari berikutnya.
  4. Pos RegulerLay. anan pengiriman ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim surat atau paket dengan tarif yang terjangkau dan tiba di tempat tujuan dalam waktu 2 sampai 4 hari kerja.
  5. Pos Ekonomis. Layanan pengiriman ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim surat atau paket dengan tarif yang lebih terjangkau, tetapi waktu pengirimannya lebih lama dibandingkan dengan layanan Pos Reguler.
  6. Pos Jumbo. Layanan pengiriman ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang berukuran besar dengan tarif yang terjangkau dan dengan batas waktu pengiriman 14 hari.
  7. Pos Logistik. Layanan pengiriman ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang dalam jumlah besar dengan tarif yang terjangkau dan waktu pengiriman yang ditentukan.
  8. Pos Freight Forwarding. Layanan pengiriman ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang melalui jalur laut dan udara ke luar negeri dengan tarif yang terjangkau.
  9. Pos Internasional. Layanan pengiriman ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim surat atau paket ke luar negeri dengan tarif yang terjangkau dan waktu pengiriman yang ditentukan.

Untuk cek ongkir bisa Anda lakukan melalui situs resmi mereka. Setiap jenis layanan memiliki ongkos kirim yang berbeda tergantung juga dari jarak pengiriman dan berat barang yang akan dikirim.

Jasa Pergudangan atau Warehousing

Pos Indonesia juga menyediakan layanan pergudangan atau warehousing bagi pelanggan bisnis atau korporat. Layanan ini memiliki beberapa keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh para pelanggan.

Dalam layanan warehouse, Pos Indonesia menyediakan tempat penyimpanan barang dalam berbagai skala, mulai dari yang kecil hingga besar. Pelanggan bisa memilih untuk menyimpan barang dalam jangka waktu yang fleksibel, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, Pos Indonesia juga menyediakan layanan pengambilan barang dari lokasi pelanggan dan pengantaran ke tujuan yang ditentukan.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan Pos Logistik adalah tersedianya teknologi modern seperti sistem informasi manajemen gudang yang canggih, yang memungkinkan pelanggan untuk melacak status dan lokasi barang mereka secara real-time. Selain itu, Pos Logistik juga menyediakan layanan pengemasan, pelabelan, dan inspeksi barang untuk memastikan bahwa barang yang disimpan dalam kondisi baik.

Pada layanan warehouse ini, para pelanggan juga dapat memilih untuk menggunakan layanan jasa distribusi barang atau fulfillment, yang mana Pos Indonesia akan membantu mengirimkan barang ke pelanggan akhir atau ke cabang-cabang toko atau kios yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini sangat membantu bagi pelanggan yang ingin meningkatkan efisiensi dalam mengelola bisnis mereka, terutama jika mereka memiliki banyak cabang atau toko di seluruh Indonesia.

Jasa Keuangan

Selain jasa pengiriman dan pergudangan, Pos Indonesia juga menyediakan berbagai layanan keuangan yang dapat memudahkan kegiatan bisnis maupun keuangan masyarakat. Berikut adalah beberapa layanan keuangan dari Pos Indonesia:

  1. Pospay. Pospay merupakan aplikasi pembayaran berbasis elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran ke berbagai layanan dan produk, seperti tagihan listrik, air, telepon, asuransi, dan lain-lain. Pospay juga dapat digunakan untuk melakukan pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, dan pembayaran online lainnya.
  2. Giropos. Giropos adalah layanan transfer dana nasabah antar bank di dalam negeri yang disediakan oleh Pos Indonesia. Layanan ini dapat digunakan oleh nasabah bank yang sudah terdaftar pada layanan giropos, baik melalui kantor pos maupun melalui aplikasi giropos.
  3. Penyaluran Dana dari Pemerintah. Pos Indonesia juga mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk menyalurkan berbagai program bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan Program Sembako. Pos Indonesia bekerja sama dengan bank untuk menyalurkan dana tersebut kepada penerima manfaat.
  4. Kemitraan Bank. Pos Indonesia berinovasi dekatkan layanan perbankan dengan masyarakat. Saat ini Pos Indonesia berkerjasama dengan beberapa bank untuk menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat , seperti pembukaan rekening tabungan, deposito, dan layanan kredit.
  5. Asuransi. Pos Indonesia juga menyediakan layanan asuransi, seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, dan lain-lain. Layanan asuransi ini dapat diakses melalui aplikasi Pospay atau kantor pos terdekat.

Dengan adanya berbagai layanan keuangan dari Pos Indonesia, masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan perbankan dan melakukan berbagai transaksi keuangan dengan aman dan mudah.

Apa Saja Kelebihan Pos Indonesia?

Pos Indonesia memiliki beberapa kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan bagi pelanggan dalam menggunakan layanannya, di antaranya:

  1. Jaringan yang luas dan terpercaya: Pos Indonesia memiliki jaringan yang sangat luas dan terpercaya, yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah terpencil. Hal ini membuat Pos Indonesia dapat melayani kebutuhan pengiriman dan logistik dari berbagai segmen pelanggan, baik individu maupun bisnis.
  2. Berbagai jenis layanan pengiriman: Pos Indonesia menawarkan berbagai jenis layanan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, mulai dari jasa pengiriman instan, regular, hingga freight forwarding untuk kebutuhan pengiriman dalam jumlah besar.
  3. Harga yang kompetitif: Meskipun memiliki jaringan yang luas dan layanan yang lengkap, Pos Indonesia tetap menawarkan harga yang kompetitif bagi para pelanggan. Hal ini membuat Pos Indonesia menjadi pilihan yang tepat bagi pelanggan yang ingin menghemat biaya pengiriman.
  4. Kemudahan dalam melakukan transaksi: Pos Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi, baik melalui website resmi, aplikasi mobile, maupun melalui jaringan kantor Pos yang tersebar di seluruh Indonesia. Pelanggan dapat dengan mudah melakukan pemesanan, pelacakan pengiriman, hingga melakukan pembayaran melalui berbagai cara, termasuk transfer bank dan e-wallet.
  5. Pelayanan yang baik: Pos Indonesia memiliki karyawan yang profesional dan berpengalaman dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Mereka siap memberikan solusi dan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan cepat dan akurat.
  6. Beragam layanan keuangan: Pos Indonesia juga menawarkan beragam layanan keuangan, seperti Pospay, pembayaran tagihan, Giropos, penyaluran dana dari pemerintah, kemitraan bank, dan asuransi. Hal ini membuat Pos Indonesia menjadi pilihan yang tepat bagi pelanggan yang membutuhkan layanan keuangan yang lengkap dan mudah diakses.
  7. Program loyalitas pelanggan: Pos Indonesia memiliki program loyalitas pelanggan yang memberikan berbagai keuntungan dan hadiah bagi pelanggan yang sering menggunakan layanan Pos Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan terhadap layanan Pos Indonesia.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak heran jika Pos Indonesia menjadi salah satu pilihan utama bagi pelanggan yang ingin melakukan pengiriman atau transaksi keuangan.

Apa Saja Kekurangan Pos Indonesia?

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kekurangan Pos Indonesia:

  1. Belum terintegrasi dengan semua platform belanja online: Pos Indonesia memiliki kekurangan dalam hal integrasi dengan semua platform belanja online yang ada di Indonesia. Hal ini menyebabkan para penjual dan pembeli tidak dapat menggunakan layanan Pos Indonesia secara langsung dari platform belanja online tersebut. Meskipun Pos Indonesia telah mengembangkan layanan seperti Pos e-commerce dan API (Application Programming Interface), namun masih terdapat beberapa platform belanja online yang belum terintegrasi dengan Pos Indonesia.
  2. Sistem pelacakan yang tidak real time: Meskipun Pos Indonesia memiliki layanan pelacakan paket, namun sistem pelacakan yang dimiliki oleh Pos Indonesia tidak selalu real time. Hal ini menyebabkan pelanggan sulit untuk mengetahui posisi dan status paket yang sedang mereka kirimkan atau terima. Pada saat tertentu, informasi pelacakan yang diberikan oleh Pos Indonesia juga dapat tidak akurat, terutama pada saat paket berada di perbatasan daerah yang terpencil.

Meskipun Pos Indonesia memiliki beberapa kekurangan, namun Pos Indonesia tetap menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk pengiriman paket dan dokumen dalam skala besar atau kecil. Pos Indonesia memiliki jaringan yang luas dan tersedia di seluruh Indonesia, serta menawarkan berbagai layanan pengiriman dengan harga yang bersaing.

Baca Juga:

  1. Ketahui Penyebab & Cara Atasi Paket POS Tidak Sampai
  2. Atasi Masalah Paket POS Tidak Bergerak di Sini
  3. Lakukan Hal Ini Untuk Kirim Makanan via Pos Indonesia
  4. Ketahui Cara Sampaikan Komplain Pos Indonesia di Sini
Cek Ongkir Pos