Your browser does not support JavaScript!

Ketahui Lebih Lanjut Soal Layanan Jumbo Pos Indonesia

By Dudek Muljana - March 30, 2023

Truk POS dan paket jumbo

Ketahui Lebih Lanjut Soal Layanan Jumbo Pos Indonesia – Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan BUMN yang memiliki banyak layanan pengiriman barang dan dokumen. Pos Indonesia juga dikenal mudah dalam hal cek ongkir POS, dan cek resi POS.  Selain layanan pengiriman standar, Pos Indonesia juga menyediakan layanan pengiriman Jumbo yang ditujukan bagi Anda yang ingin mengirimkan barang berukuran besar. Layanan ini hadir untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan Pos Indonesia yang memerlukan pengiriman barang berukuran besar dengan harga terjangkau dan memiliki berbagai kemudahan. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai apa itu layanan Jumbo dari Pos Indonesia serta keunggulan dan karakteristiknya.

Apa itu Layanan Pengiriman Jumbo?

Secara singkat, layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia adalah salah satu layanan pengiriman barang yang ditujukan untuk pengiriman barang dengan ukuran besar dan berat antara 3 kg hingga 30 kg. Layanan ini dapat digunakan untuk pengiriman barang dari satu kota ke kota lain di seluruh Indonesia dengan tarif yang ekonomis dan kompetitif. Untuk penjelasan lebih lanjut, baca informasi dibawah ini.

Keunggulan Menggunakan Layanan Pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia

Berikut kami jelaskan lebih lanjut terkait dengan keunggulan dari menggunakan layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia:

Tersedia di Seluruh Cabang Pos di seluruh Indonesia
Layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia tersedia di seluruh cabang Pos di seluruh Indonesia, sehingga pelanggan dapat mengakses layanan ini dengan mudah dari berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa keuntungan dari layanan ini antara lain:

  1. Jangkauan luas: Dengan tersedianya layanan Jumbo di seluruh cabang Pos, pelanggan dapat mengirimkan barang dari dan ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.
  2. Mudah diakses: Ketersediaan layanan Jumbo di seluruh cabang Pos memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan ini. Pelanggan dapat langsung datang ke cabang Pos terdekat untuk mengirimkan paket tanpa perlu mencari tempat pengiriman lainnya.
  3. Konsistensi pelayanan: Karena tersedia di seluruh cabang Pos, pelanggan dapat mengharapkan konsistensi pelayanan yang sama dari Pos Indonesia di mana pun mereka berada.

Dengan tersedianya layanan pengiriman Jumbo di seluruh cabang Pos di seluruh Indonesia, pelanggan dapat memilih layanan ini sebagai opsi pengiriman paket yang cepat, mudah, dan andal, terutama jika mereka perlu mengirimkan barang-barang dengan ukuran dan berat yang lebih besar.

Memiliki Tarif yang Ekonomis dan Kompetitif

Layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia memiliki tarif yang ekonomis dan kompetitif dibandingkan dengan layanan pengiriman serupa dari perusahaan ekspedisi atau jasa pengiriman lainnya. Beberapa faktor yang menjadikan layanan Jumbo ini ekonomis dan kompetitif antara lain:

  1. Harga yang terjangkau: Tarif layanan Jumbo dari Pos Indonesia dihitung berdasarkan berat dan jarak tempuh pengiriman, sehingga dapat disesuaikan dengan anggaran pengiriman yang dimiliki pelanggan. Harga yang ditawarkan juga terjangkau dan bersaing dengan harga layanan serupa dari perusahaan ekspedisi lainnya.
  2. Promo dan diskon: Pos Indonesia seringkali menawarkan promo dan diskon untuk layanan pengiriman Jumbo. Misalnya, ada promo diskon untuk pengiriman barang pada hari-hari tertentu atau pada periode tertentu seperti saat libur panjang atau akhir tahun.
  3. Layanan yang lengkap: Layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia tidak hanya terbatas pada pengiriman paket saja. Pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan packing dan asuransi untuk memastikan keamanan dan keselamatan paket selama pengiriman.

Dengan tarif yang ekonomis dan kompetitif, pelanggan dapat menghemat biaya pengiriman sambil memperoleh layanan pengiriman yang andal dan cepat dari Pos Indonesia. Hal ini membuat layanan pengiriman Jumbo menjadi pilihan yang menarik untuk mengirimkan paket dalam jumlah besar dengan berat yang cukup berat, terutama untuk keperluan bisnis atau industri.

Memiliki Asuransi atau Jaminan

Layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia menyediakan asuransi atau jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman untuk memberikan keamanan ekstra bagi para pelanggan mereka. Jaminan tersebut meliputi:

  1. Jaminan keamanan: Pos Indonesia menjamin keamanan paket selama proses pengiriman. Paket akan diproses dengan hati-hati dan dilengkapi dengan tanda pengenal untuk memastikan paket sampai di tujuan dengan aman.
  2. Asuransi: Pos Indonesia juga menawarkan asuransi untuk paket yang dikirim melalui layanan Jumbo. Asuransi ini melindungi paket dari risiko kehilangan atau kerusakan selama proses pengiriman. Jika terjadi kehilangan atau kerusakan pada paket, pelanggan dapat mengajukan klaim untuk memperoleh ganti rugi.
  3. Ganti rugi: Jika terjadi kehilangan atau kerusakan pada paket, Pos Indonesia akan memberikan ganti rugi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Besarnya ganti rugi yang diberikan tergantung pada nilai deklarasi paket yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan jaminan keamanan serta asuransi yang disediakan, pelanggan layanan Jumbo dari Pos Indonesia dapat mengirimkan paket dengan tenang tanpa khawatir akan kehilangan atau kerusakan paket. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, pelanggan dapat mengajukan klaim untuk memperoleh ganti rugi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Terdapat Fitur Lacak

Salah satu fitur penting dari layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia adalah kemampuan untuk melacak status pengiriman. Pelanggan dapat melacak posisi dan status kiriman mereka dengan mudah melalui web resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau melalui layanan pelanggan HaloPos di 161. Beberapa fitur yang tersedia dalam layanan lacak kiriman di Pos Indonesia antara lain:

  1. Informasi detail pengiriman: Pelanggan dapat memasukkan nomor resi pengiriman pada halaman lacak kiriman di situs web resmi Pos Indonesia untuk melihat informasi detail tentang pengiriman mereka. Informasi ini meliputi status pengiriman, tanggal dan waktu pengiriman, lokasi pengiriman, dan informasi penerima.
  2. Pemberitahuan status pengiriman: Pelanggan juga dapat menerima pemberitahuan status pengiriman melalui email atau SMS. Pemberitahuan ini memberikan informasi tentang status pengiriman secara teratur sehingga pelanggan dapat memantau kiriman mereka tanpa harus secara aktif memeriksa situs web atau menghubungi HaloPos di 161.

Dengan fitur lacak kiriman yang lengkap dan mudah digunakan, pelanggan dapat memantau status pengiriman mereka dengan mudah dan cepat. Hal ini memberikan rasa percaya diri dan keamanan bagi pelanggan bahwa paket mereka sedang dalam proses pengiriman dengan aman dan teratur.

Tersedia Layanan Penjemputan untuk Pelanggan Khusus

Layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia juga menyediakan layanan penjemputan untuk pelanggan khusus yang membutuhkan kemudahan dalam pengiriman paket. Layanan ini memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengirimkan paket tanpa harus pergi ke kantor pos. Layanan penjemputan ini memungkinkan pelanggan untuk memesan jasa kurir Pos Indonesia untuk menjemput paket dari alamat pelanggan dan mengirimkannya ke tujuan yang diinginkan. Beberapa fitur layanan penjemputan Jumbo dari Pos Indonesia antara lain:

  1. Pemesanan online: Pelanggan dapat memesan layanan penjemputan secara online melalui situs web resmi Pos Indonesia atau melalui layanan pelanggan HaloPos 161. Pelanggan cukup memberikan informasi tentang alamat penjemputan dan tujuan pengiriman, serta informasi tentang paket yang akan dikirimkan.
  2. Penjemputan di lokasi yang ditentukan: Setelah pelanggan melakukan pemesanan, jasa kurir Pos Indonesia akan menjemput paket dari alamat yang ditentukan oleh pelanggan. Pelanggan tidak perlu repot-repot pergi ke kantor pos untuk mengirimkan paket./li>

Setelah mengetahui semua informasi terkait dengan keunggulan dari layanan pengiriman Jumbo, hal yang perlu pelanggan ketahui yaitu terkait dengan karakteristik dari layanan ini. Silahkan baca artikel ini lebih lanjut untuk penjelasannya.

Karakteristik dari Layanan Pengiriman Jumbo

Layanan Pos Jumbo juga memiliki sejumlah karakteristik yang perlu diperhatikan oleh para pelanggan.

Batasan Berat Kiriman

Pos Indonesia memberikan batasan berat kiriman minimum sebesar 3 kg dan maksimum kiriman sebesar 30 kg. Ini berarti bahwa kiriman yang kurang dan melebihi batasan berat tersebut tidak dapat diterima oleh layanan pengiriman Jumbo ini. Batasan berat maksimum ini diberlakukan untuk memastikan bahwa kiriman dapat dikirimkan dengan aman dan efisien. Dengan batasan berat yang telah ditentukan ini, pelanggan dapat mengirimkan berbagai jenis barang, mulai dari dokumen hingga paket besar. Namun, jika pelanggan ingin mengirimkan barang yang lebih berat dari 30 kg, mereka dapat memilih untuk memecah kiriman mereka menjadi beberapa paket yang lebih kecil dan memilih layanan pengiriman yang sesuai untuk setiap paket tersebut.

Batasan Ukuran Kiriman

Layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia memiliki batasan ukuran kiriman yang ditetapkan untuk memastikan keamanan dan efisiensi dalam proses pengiriman. Batasan ukuran kiriman tersebut berlaku untuk kiriman dengan bentuk kotak, gulungan panjang, dan yang tidak beraturan. Dimensi maksimum yang diperbolehkan untuk bentuk barang kiriman tersebut adalah 2 kali jumlah lebar dan tinggi kiriman tidak boleh melebihi 400 cm. Selain itu, dimensi panjang kiriman maksimum adalah 150 cm.

Batasan ukuran kiriman ini diberlakukan untuk memastikan bahwa kiriman dapat ditangani dengan aman dan efisien selama proses pengiriman. Pelanggan dapat menghubungi Pos Indonesia untuk informasi lebih lanjut tentang batasan ukuran kiriman ini.

Besaran Tarif

Tarif untuk layanan pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia ditentukan berdasarkan berat aktual kiriman atau hitungan volumetrik jika kiriman berbentuk kotak atau gulungan. Penentuan tarif menggunakan hitungan volumetrik dilakukan untuk memastikan bahwa biaya pengiriman yang dikenakan sesuai dengan ukuran dan berat sebenarnya kiriman. Untuk bentuk kiriman barang kotak atau gulungan, berat dikonversi dengan rumus berikut.
(panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000.

Standar Waktu Penyerahan (SWP)

Standar Waktu Penyerahan (SWP) pada layanan Pos Jumbo dari Pos Indonesia adalah maksimal H+14, yang berarti kiriman akan tiba di tempat tujuan paling lambat 14 hari setelah tanggal pengiriman. Waktu pengiriman ini tentu saja dapat berbeda-beda tergantung jarak dan rute pengiriman, kondisi cuaca, serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi proses pengiriman.

Apabila terdapat kendala atau keterlambatan pengiriman, pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan Pos Indonesia melalui telepon atau melalui email untuk memperoleh informasi dan tindakan yang harus dilakukan. Selain itu, pelanggan juga dapat melacak status pengiriman secara online melalui website resmi Pos Indonesia atau melalui aplikasi Pos Indonesia.

Kesimpulan

Layanan Pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia merupakan solusi pengiriman barang besar dengan harga terjangkau dengan berbagai keunggulan. Layanan ini sangat menguntungkan bagi pelanggan yang memerlukan pengiriman barang berukuran besar namun memiliki budget yang terbatas. Dengan layanan Pengiriman Jumbo, pelanggan dapat menghemat biaya pengiriman dan memperoleh keuntungan dalam pengiriman barang. Selain itu, layanan Pengiriman Jumbo juga mudah dan praktis digunakan serta dilengkapi dengan asuransi pengiriman untuk melindungi barang dari kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman. Oleh karena itu, jika Anda memerlukan pengiriman barang besar dengan harga terjangkau, layanan Pengiriman Jumbo dari Pos Indonesia bisa menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

 

Baca juga:

  1. Lebih lanjut soal layanan Sameday Pos Indonesia
  2. Ketahui Langkah Kirim Tanaman via Pos Indonesia
  3. Daftar Alamat Agen & Kantor Lion Parcel (Terlengkap)
  4. Apa Itu Layanan Nextday Pos Indonesia
Cek Ongkir POS