Rantai Pasokan dan Pandemi Covid dibahas oleh ToolsGroup.

By Pandu Saputra - TWFyY2ggMTAsIDIwMjE=

Saya berbicara dengan Kathleen Geraghty, Wakil Presiden Penjualan Amerika Utara di ToolsGroup, sebagai bagian dari Forum Rantai Pasokan ARC Advisory Group bulan lalu. Beberapa topik seputar pasar perencanaan rantai pasokan dibahas selama percakapan kami. Wawancara lengkap tersedia untuk ditonton di bawah ini.

Saya secara khusus meminta Kathleen untuk menjelaskan mengapa pasar perencanaan rantai pasokan telah tumbuh meskipun pandemi sedang berlangsung, sementara banyak pasar perangkat lunak lainnya telah menyusut. Saya bertanya tentang tren pasar signifikan apa lagi yang dia amati saat ini. Terakhir, saya menanyakan tentang peran kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin dalam rantai pasokan, serta apa yang harus diketahui pelanggan sebelum memilih vendor. Beberapa poin penting dari percakapan kita tercantum di bawah ini.

Pasar untuk Optimalisasi Rantai Pasokan

Pandemi Covid mendatangkan malapetaka di pasar rantai pasokan, memperlihatkan kelemahan dalam sistem. Perusahaan yang tidak dapat merespons gangguan dengan cukup cepat adalah yang paling menderita. Dampak awal di Amerika Utara adalah penutupan pemasok lepas pantai, yang membuat pesanan tidak mungkin dipenuhi. Lalu ada kemacetan dalam logistik global. Perusahaan juga menghadapi ketidakstabilan pasokan, yang berdampak pada ketidakpastian permintaan. Pentingnya ketahanan telah disorot oleh Covid. Sekarang ada pemahaman yang jelas bahwa gangguan dapat terjadi kapan saja, dan perangkat lunak dapat membantu kelincahan, ketahanan, dan visibilitas.

Tren di Pasar

Di ruang perencanaan rantai pasokan, ada sejumlah tren lainnya. ToolsGroup baru saja merilis perkiraan tahunannya untuk tahun yang akan datang. Yang pertama berpusat pada tren transformasi digital, yang bertujuan untuk meningkatkan ketangkasan. Model bisnis langsung-ke-konsumen, misalnya, telah maju lebih cepat daripada yang seharusnya. Beberapa inisiatif didorong oleh konvergensi ini.

Penggunaan kemampuan perencanaan untuk meningkatkan ketahanan dengan memperluas jaringan distribusi multi-eselon terus meningkat popularitasnya. Ini juga membantu untuk memusatkan perencanaan sekaligus meningkatkan kemampuan simulasi. Semua ini menambah kompleksitas, tetapi juga bisa sangat bermanfaat.

Pilihan sumber dan substitusi alternatif sedang ditekankan. Perusahaan berusaha untuk memperpendek dan melokalkan rantai pasokan, menghasilkan tradeoff antara biaya produksi yang lebih tinggi dan pengurangan inventaris dan pengurangan biaya logistik.

Terakhir, ada dorongan dalam industri untuk solusi terbaik dari jenisnya. Secara khusus, bisnis meninggalkan gagasan bahwa segala sesuatu harus disediakan oleh satu solusi atau pemasok. Membangun rangkaian solusi yang lebih terintegrasi sekarang menjadi prioritas.

Belajar dari Komputer

Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin masih menjadi topik populer. Pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan adalah konsep yang harus dipahami bisnis. Akhirnya, bisnis tidak dapat mengizinkan pemasok untuk menentukan apa itu dan bagaimana itu dapat digunakan.