Your browser does not support JavaScript!

Puncak Mesin Pembakaran Internal Mungkin Telah Berlalu

By Pandu Saputra - June 12, 2021

Puncak Mesin Pembakaran Internal Mungkin Telah Baru

Pada tahun 2017, dunia mencapai tonggak transportasi utama, meskipun kebanyakan orang tidak menyadarinya pada saat itu.

Konsumen membeli lebih dari 85 juta mobil pada tahun itu, tingkat yang turun pada 2018, lalu lagi pada 2019, sebelum anjlok pada 2020 karena COVID-19. Sementara itu, penjualan kendaraan listrik meningkat dan meningkat lagi, menjadikan EV sebagai satu-satunya pasar industri otomotif yang berkembang — dan menyiratkan bahwa kami hampir mungkin melewati puncak penjualan mesin pembakaran internal empat tahun lalu.

Potensi Kendaraan Listrik

Menurut Outlook Kendaraan Listrik tahunan Bloomberg NEF, masa depan terlihat lebih elektrik. Ada banyak kesimpulan yang berani dalam makalah ini. Sebagai permulaan, ia memperkirakan bahwa pada tahun 2030-an, sebagian besar kendaraan listrik akan dijual, dan pada tahun 2040-an, sebagian besar kendaraan listrik akan ada di jalan – dan itu hanya skenario bisnis seperti biasa. Di dunia dengan nol emisi, kendaraan listrik akan mencapai 100 persen dari penjualan kendaraan penumpang hanya dalam 15 tahun, dengan semua jenis kendaraan jalan lainnya — dari roda dua hingga truk komersial besar — ​​sepenuhnya bertenaga listrik atau sel bahan bakar. awal 2040-an.

Menciptakan skenario jenis ini sangat penting saat ini, ketika semakin banyak perusahaan berkomitmen untuk masa depan energi nol-bersih. Menggambarkan keadaan industri saat ini juga penting.
Mobil listrik mendapatkan banyak tekanan, tetapi mereka hanyalah salah satu bentuk kendaraan jalan listrik. Tahun lalu, kendaraan listrik menyumbang lebih dari 4% dari keseluruhan penjualan mobil penumpang dan, paling banyak, 1% dari pasar kendaraan komersial. Sementara penjualan kendaraan roda dua dan tiga listrik sebesar 44 persen, sedangkan penjualan bus sebesar 39 persen. Bahkan produsen mobil modern yang paling efisien pun tidak akan mampu mengimbangi produksi e-skuter yang bertujuan untuk menghasilkan 10 juta unit per tahun.

Kendaraan penumpang masih memiliki jalan panjang untuk mengejar. Namun, tingkat perubahan telah signifikan sejauh ini. Meskipun ada penurunan substansial dalam penjualan keseluruhan, nilai total penjualan mobil baru tahun lalu melewati $2 triliun. Kendaraan listrik sekarang menjadi industri bernilai lebih dari $100 miliar dengan tingkat pertumbuhan yang cepat.

EV menyumbang 0,1 persen dari penjualan mobil penumpang global pada tahun 2011, tetapi menurut BNEF, mereka mungkin mencapai 10% dari penjualan pada tahun 2023, pertumbuhan 100 kali lipat hanya dalam satu dekade.

Dari sudut pandang bisnis, ada baiknya mempertimbangkan peningkatan EV mobil penumpang yang akan datang. Sejumlah model baru, beberapa dari perusahaan berusia seabad, sedang dalam perjalanan. Beberapa di antaranya adalah merek yang dibangkitkan pada jenis kendaraan baru, seperti Mustang Mach-E milik Ford Motor Company, yang sudah mengalahkan senama coupe sport bermesin pembakaran.

Namun, semakin banyak EV setara dengan mesin pembakaran internal yang ada. Misalnya, F-150, yang telah menjadi kendaraan terlaris di Amerika Serikat selama empat dekade terakhir, akan segera bergabung dengan doppelgänger listrik, F-150 Lightning. Ketika mulai dijual musim semi berikutnya, ia mungkin melakukan salah satu dari tiga hal: memotong penjualan F-150 normal, memakan penjualan truk ukuran penuh dari produsen lain, atau menyerap penjualan dari kelas kendaraan lain, seperti SUV.

Sudat Pandang Penjualan

Di bagian penjualan, ada data tentang bagaimana model serupa satu perusahaan dengan powertrain berbeda dapat berkembang: Porsche. Porsche tidak memiliki banyak model, dan kebanyakan dari mereka telah ada di pasar selama bertahun-tahun atau dekade, sehingga model baru dapat bersaing dengan model yang ada. Porsche menjual dua SUV pembakaran internal (salah satunya adalah hibrida), serta dua sedan: Panamera (bensin dan hibrida) dan Taycan semua-listrik.

Ketika Taycan pertama kali memulai debutnya, itu menyumbang 7% dari penjualan sedan triwulanan Porsche di Amerika Utara. Itu sedikit di bawah setengah jam kemudian. Taycan menyumbang 82 persen dari penjualan sedan pada kuartal pertama tahun 2021, enam kuartal setelah diperkenalkan, meskipun fakta bahwa seluruh pasar sedan telah berkembang.

Dengan model baru, Porsche telah berhasil memperluas pasar sedannya, tetapi pertarungan antara incumbent dan pendatang baru juga terlihat jelas. Taycan listrik dapat mendorong Taycan mesin pembakaran ke tepi kepunahan – pasar dengan pasar yang terlalu kecil untuk membenarkan pembaruan model.

Ini adalah versi kecil dari persaingan yang akan dihadapi pasar mobil global dalam waktu dekat. Seluruh ekspansinya adalah listrik, dan pada titik tertentu, ekspansi itu akan datang dengan harga penjualan mesin pembakaran.