Perusahaan Menekankan Kepada Ketahanan untuk Bertahan

By Dudek Muljana - MjYgSnVuaSwgMjAyMQ==

Perusahaan Rantai Pasokan

Menurut survei internasional, gangguan rantai pasokan merugikan organisasi besar rata-rata $ 184 juta setiap tahun. Menurut sebuah studi internasional pembuat keputusan senior di perusahaan-perusahaan signifikan yang dirilis minggu ini, gangguan rantai pasokan terus menghabiskan banyak uang organisasi, terutama setelah tahun 2020 yang sulit.

Gangguan Rantai Pasokan

Gangguan rantai pasokan merugikan organisasi besar rata-rata $ 184 juta per tahun, menurut Laporan Rantai Pasokan Global Tahunan dari perusahaan manajemen risiko rantai pasokan Interos, yang mensurvei 900 pakar senior TI, keamanan TI, dan pengadaan di Amerika Serikat dan Eropa. Menurut responden survei, yang semuanya bekerja untuk perusahaan dengan penjualan tahunan lebih dari $ 1 miliar, konflik perdagangan, serangan dunia maya, dan konsekuensi dari epidemi Covid-19 adalah salah satu ancaman paling serius.

Dalam sebuah pernyataan yang merilis temuannya, Jennifer Bisceglie, CEO Interos, mengatakan, “Hasil survei kami menekankan relevansi yang berkembang dari ketahanan operasional rantai pasokan di dunia yang saling terhubung secara global tempat kita semua hidup dan beroperasi.” “Kami tidak dapat lagi membedakan dengan jelas antara rantai pasokan digital dan fisik, yang mengharuskan peningkatan transparansi ke dalam risiko, keterkaitan, dan ketergantungan rantai pasokan yang tersembunyi, yang semakin disadari oleh perusahaan sebagai hal yang penting untuk menjaga laba dan reputasi perusahaan.”

Lihat juga: Cek Ongkir Ekspedisi Cargo Terdekat: Kirim Barang Murah 2021

Menurut data, para pemimpin rantai pasokan masih menghadapi dampak pandemi. Lima puluh satu persen responden menyatakan kekhawatiran terkait Covid-19 telah mengganggu rantai pasokan mereka, dengan 89 persen melaporkan lini produk dan gangguan geografis. Serangan siber juga menempati urutan teratas, dengan lebih dari tiga perempat responden mengindikasikan rantai pasokan mereka telah menjadi target setidaknya satu serangan serupa di tahun sebelumnya. Sengketa perdagangan internasional juga menjadi sumber kekhawatiran, dengan 88 persen responden menyatakan bahwa mereka akan memiliki “dampak signifikan, menonjol, atau sedang” pada perusahaan mereka. Perubahan paksa di lokasi produksi, gangguan pada infrastruktur perbankan/pembayaran, dan meningkatnya spionase dunia maya terhadap organisasi mereka adalah salah satu konsekuensi yang paling umum.

Kesimpulan

Responden menyatakan akan lebih fokus pada keamanan dan ketahanan rantai pasokan sebagai akibat dari lingkungan risiko yang berfluktuasi. Setengah dari responden mengatakan keamanan dan ketahanan akan menjadi perhatian bisnis yang tinggi dalam dua tahun ke depan, naik dari 39% yang mengatakan mereka fokus pada masalah tersebut sekarang; lebih dari tiga perempat (78%) mengatakan para pemimpin perusahaan mereka bertemu setidaknya sebulan sekali untuk membahas topik tersebut.

Lihat juga: Cek Ongkir All Ekspedisi Cargo Murah: 4 Pilihan Editor