3 Pertanyaan Sebelum Mulai Proyek Rantai Pasokan Digital

By Pandu Saputra - MyBKdW5pLCAyMDIx

Pertanyaan Sebelum Mulai Proyek Rantai Pasokan Digital

Kami menemukan bahwa hampir semua organisasi anggota Digital Supply Chain Institute kami sedang mengerjakan proyek transformasi digital setelah berbicara dengan mereka. Beberapa adalah inisiatif tingkat perusahaan berskala besar, sementara yang lain lebih kecil, inisiatif pemecahan masalah. Serangkaian hasil peningkatan kinerja yang ditargetkan dengan jelas biasanya tidak ada dalam desain dan prioritas program-program ini. Sangat mudah untuk terjebak dalam mengembangkan perbaikan cepat atau terkubur dalam detail infrastruktur skala besar sambil melupakan manfaat dan hasil penting yang dapat diberikan oleh rantai pasokan digital.

Kriteria Kritis dalam Rantai Pasokan

Menurunkan biaya, terutama biaya penyimpanan persediaan, secara tradisional menjadi salah satu kriteria kinerja paling kritis bagi para profesional rantai pasokan. Sebagian besar penelitian rantai pasokan berfokus pada penurunan biaya persediaan namun tetap dapat memenuhi permintaan konsumen dengan segera. Proyek rantai pasokan digital memiliki potensi untuk mengurangi trade-off yang melekat antara pengendalian biaya dan kebahagiaan pelanggan.

Buat daftar pendek hasil kinerja yang diharapkan untuk proyek transformasi rantai pasokan Anda berikutnya untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal dari apa yang ditawarkan inisiatif digital. Sebelum Anda menyetujui proposal proyek, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

3 Pertanyaan Penting

Apakah proyek diharapkan menghasilkan perubahan kinerja yang mengurangi biaya-ke-kepuasan pelanggan?

Menemukan solusi pemotongan biaya digital seharusnya tidak menjadi proses satu dimensi. Paling tidak, proyek harus menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan yang sama seperti sebelum perubahan dilakukan. Pikirkan kembali strategi Anda jika upaya Anda menghemat uang tetapi mengurangi kebahagiaan klien. Dengan menghadirkan proses dan model bisnis baru yang disempurnakan, transformasi digital menjanjikan untuk membuka kapasitas untuk mengurangi kompromi yang tak terhindarkan. Jadikan ini sebagai tujuan berulang dari proyek Anda, dan Anda akan memiliki peluang yang layak untuk melihat hasil yang lebih baik. Perkiraan permintaan yang lebih akurat, misalnya, yang disediakan oleh data media sosial yang tidak terstruktur, memungkinkan efek riak penghematan biaya sambil membatasi situasi kehabisan stok dan berpotensi meningkatkan kebahagiaan pelanggan.

Akankah proyek Anda memungkinkan model bisnis baru yang menghasilkan pertumbuhan melalui aliran pendapatan baru yang sebelumnya tidak tersedia?

Inisiatif rantai pasokan digital yang hanya mencoba mendigitalkan proses atau model bisnis yang ada kemungkinan besar akan gagal memenuhi harapan dalam hal peningkatan kinerja. Sebagai gantinya, sebelum menerapkan solusi teknologi, luangkan waktu untuk meninjau model bisnis itu sendiri. Anda mungkin dapat menyesuaikan model perusahaan Anda dengan segmen baru dengan berinvestasi pada data digital yang mengungkapkan wawasan yang lebih luas tentang preferensi dan permintaan pelanggan. Dengan cara ini, fungsi rantai pasokan mungkin dapat menjangkau dan meningkatkan segmen konsumen yang sebelumnya tidak tersedia di bawah model bisnis standar.

Akankah transformasi digital Anda memberi Anda keunggulan kompetitif melalui kemampuan terintegrasi yang sulit ditiru?

Sebelum Anda memulai proyek transformasi rantai pasokan digital, pertimbangkan apakah proyek tersebut memanfaatkan peluang untuk menautkan proses dan data di seluruh organisasi Anda. Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif, aktivitas transformasi Anda harus sulit ditiru oleh orang lain. Integrasi lintas fungsi organisasi sangat menantang, tetapi justru itulah mengapa Anda harus berusaha keras untuk itu. Ini berarti Anda dapat mengembangkan keterampilan yang tidak dimiliki pesaing Anda, memungkinkan Anda untuk melampaui mereka. Meyakinkan tim penjualan dan pemasaran Anda untuk berbagi data konsumen dengan manajemen rantai pasokan dapat memberi Anda peluang unik untuk membuat strategi yang memenuhi persyaratan klien dengan cara yang benar-benar baru.

Anda mungkin dapat melampaui kinerja inkremental sederhana dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini sebelum memulai inisiatif rantai pasokan digital berikutnya. Sebaliknya, Anda mungkin dapat mencapai potensi kinerja sebenarnya dari transformasi rantai pasokan digital.

Dave Kurz, Ed.D. dari Digital Supply Chain Institute, adalah Rekan Peneliti. Dia adalah pemimpin di bidang pembelajaran dan pengembangan organisasi. Kurz berkonsultasi tentang pembelajaran inovatif dan metode pengembangan kepemimpinan untuk perusahaan seperti Coca-Cola, J&J, Colgate Palmolive, General Mills, dan Mastercard. Dia saat ini bekerja sebagai profesor klinis di departemen manajemen LeBow College of Business di Universitas Drexel.