Penularan Tarif Angkutan Bawa Dua Tahun Keuntungan Besar bagi Pengangkut Laut

By Cat Dewinta - NCBNYWksIDIwMjE=

 

Penularan Tarif Angkutan Bawa Dua Tahun Keuntungan Besar bagi Pengangkut Laut

Pengirim harus mengharapkan kenaikan suku bunga lebih lanjut pada bulan Juni melalui berbagai perdagangan karena angkutan laut meningkatkan keuntungan menjelang musim puncak.

Tinginya Tingkat Kenaikan Harga

Operator Transpacific menerapkan banyak GRI baru pada 1 Juni setelah masa tenang menyusul kenaikan hingga 200 persen pada paruh kedua tahun lalu. Hapag-Lloyd, misalnya, menyarankan bahwa harga Asia ke Amerika Utara akan naik $ 1.200 per 40 kaki.

Sementara itu, pembacaan Freightos Baltic Index (FBX) hari ini untuk Asia ke AS tidak berubah, dengan pembacaan pantai barat $ 4.840 per 40 kaki dan pantai timur pembacaan $ 6.236 per 40 kaki. GRI yang akan datang akan menaikkan indeks, dan pengirim yang tidak tercakup dalam kontrak sudah membayar biaya tambahan premium secara signifikan untuk memastikan ruangan dan peralatan.

Pembacaan FBX untuk Asia-Eropa Utara dan Asia-Mediterania tetap tidak berubah masing-masing pada $ 7.734 dan $ 8.053 per 40 kaki, tetapi pengirim membayar sedikit lebih mahal.

Seorang forwarder Inggris mengatakan pada Logisticsbid minggu ini, “Saya mengikuti indeks setiap minggu, tetapi kami bahkan tidak bisa mendekati harga tersebut.” “Saat Anda mengutip tempat-tempat itu untuk maskapai penerbangan, mereka semua menertawakan Anda. Permintaan sebenarnya setidaknya 50% lebih besar, dan rilis box di China tidak selalu dijamin,” katanya.

Seorang kontak penerusan China mengatakan kepada Logisticsbid bahwa harga terbaik yang bisa dia dapatkan untuk kontainer 40 kaki dari Shanghai ke Felixstowe untuk pengiriman yang dijadwalkan pada akhir Mei adalah $ 14.000 ditambah biaya jaminan peralatan $ 1.500.

“Hampir tidak ada ruangan, ketersediaan peti kemas di depo sangat rendah, dan tarif itu akan hilang besok,” kata kontak tersebut.

Menurut Lars Jensen, CEO Vespucci Maritime, blokade Terusan Suez, yang dimulai pada akhir Maret, dapat mempengaruhi kapabilitas kapal dan peralatan hingga kuartal keempat.

Jensen memperingatkan bahwa dibutuhkan “setidaknya empat hingga enam bulan untuk mengeluarkan semua masalah operasional dari sistem” selama webinar Aliansi Pengirim Global hari ini tentang efek berkelanjutan dari enam-dan-a-setengah- Ever Given hari.

Keuntungan Besar Bagi Angkutan Laut untuk Periode Dua Tahun

Sementara itu, analis maritim Drewry mengatakan hari ini bahwa “tarif angkutan ekstrim” pada perdagangan transpasifik dan Asia-Eropa diperkirakan akan berlangsung “setidaknya tiga hingga lima bulan lagi.”

“Ada juga fenomena yang dikenal sebagai contagion, di mana tarif angkutan yang ekstrim menyebar dari jalur perdagangan ke jalur perdagangan,” lanjut laporan itu. Tahun lalu, ketika harga ekstrim di pasar spot transpasifik disertai dengan harga ekstrim di pasar spot Asia-Eropa, hal ini terjadi. Ada bukti kuat bahwa pasar perdagangan spot transatlantik akan mengikuti.

Memang, Cosco Shipping melaporkan laba $ 2,7 miliar untuk kuartal pertama, dan operator Jepang ONE melaporkan laba $ 1,8 miliar untuk waktu yang sama hari ini. Maersk, maskapai peringkat teratas dunia, akan melaporkan hasil kuartal pertamanya pada hari Rabu.