Your browser does not support JavaScript!

Pentingnya Optimasi Rute Pengiriman Barang Bagi UMKM

By Dudek Muljana - January 29, 2024

Ilustrasi jalanan yang berkelok-kelok menjadi lurus dengan optimasi rute

Pentingnya Optimasi Rute Pengiriman Barang bagi UMKM – Dalam era digital saat ini, perbedaan antara UMKM tradisional dan digital menjadi semakin mencolok. Kedua model ini memiliki karakteristik unik yang mempengaruhi cara mereka beroperasi. Oleh karena itu, Anda wajib baca artikel ini untuk memahami apa saja perbedaan diantara keduanya, beserta keunggulan dan limitasi yang mereka miliki.

Pengertian dan Manfaat Optimasi Rute

Optimasi rute merupakan proses strategis dalam pengaturan jalur pengiriman barang yang bertujuan untuk mencapai efisiensi maksimal. Konsep ini mengandalkan perencanaan rute yang efektif untuk menghemat waktu, biaya, dan sumber daya. Dalam konteks Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM), hal ini menjadi sangat penting mengingat sumber daya yang terbatas.

Mengurangi Biaya Operasional

Dengan menggunakan rute yang lebih efisien, UMKM dapat mengurangi biaya operasional secara signifikan. Rute yang dioptimalkan berarti jarak yang lebih pendek dan waktu tempuh yang lebih cepat, sehingga menghemat biaya bahan bakar dan mengurangi keausan kendaraan. Selain itu, efisiensi rute juga berdampak pada pengurangan biaya tenaga kerja, karena waktu pengiriman yang lebih singkat memungkinkan penggunaan sumber daya manusia secara lebih efektif.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dampak langsung dari pengoptimalan rute adalah peningkatan kepuasan pelanggan. Pengiriman yang lebih cepat dan tepat waktu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap UMKM. Selain itu, pengiriman yang efisien juga memungkinkan UMKM untuk menawarkan jasa pengiriman dengan jangkauan yang lebih luas, serta kemampuan untuk merespons permintaan pelanggan dengan lebih cepat dan akurat.

Baca juga: Apa itu UMKM

Teknologi dalam Optimasi Rute

Dalam era digital saat ini, teknologi memegang peranan penting dalam optimasi rute. Penggunaan alat dan aplikasi canggih memungkinkan UMKM untuk mengoptimalkan rute pengiriman dengan lebih mudah dan akurat, inilah mengapa mulai banyak UMKM yang berbasis digital atau biasa yang dikenal dengan UMKM Go Digital.

GPS dan Pelacakan Real-Time

Teknologi GPS dan sistem pelacakan real-time memberikan kemampuan untuk memantau posisi kendaraan pengiriman secara langsung. Hal ini tidak hanya memungkinkan UMKM untuk mengatur rute secara dinamis, tetapi juga memberikan informasi terkini kepada pelanggan tentang status pengiriman mereka. Ini meningkatkan transparansi dan kepercayaan pelanggan.

Analisis Data untuk Perencanaan yang Lebih Baik

Pemanfaatan data historis dan analitik canggih membantu dalam membuat keputusan yang lebih informasi tentang rute pengiriman. Analisis data dapat mengungkapkan pola lalu lintas, waktu pengiriman yang optimal, dan bahkan preferensi pelanggan. Ini memungkinkan UMKM untuk merencanakan rute yang tidak hanya efisien saat ini tetapi juga dapat diadaptasi untuk kebutuhan di masa depan.

Baca juga: Logistik Truk & Keuntungannya bagi UMKM

Tantangan dalam Optimasi Rute

Meskipun optimasi rute menawarkan banyak keuntungan, terdapat tantangan yang harus dihadapi, terutama bagi UMKM yang memiliki keterbatasan dalam sumber daya dan kapabilitas teknologi.

Biaya Implementasi Teknologi

Biaya implementasi teknologi untuk optimasi rute dapat bervariasi secara signifikan, tergantung pada skala bisnis dan kebutuhan spesifik UMKM. Menurut data dari Software Advice, harga software optimasi rute berkisar antara $10 hingga $25 per bulan untuk solusi dasar, hingga ribuan dolar untuk solusi yang lebih canggih dengan fitur tambahan seperti integrasi ERP atau CRM. Biaya ini belum termasuk biaya untuk hardware yang kompatibel, seperti komputer, tablet, atau smartphone yang canggih.

Investasi ini sebaiknya dilihat sebagai investasi jangka panjang. Sebuah studi oleh Inbound Logistics menunjukkan bahwa penggunaan software optimasi rute dapat mengurangi biaya operasional logistik hingga 20%, dengan pengurangan waktu pengiriman dan peningkatan efisiensi rute. Bagi UMKM, penghematan ini bisa sangat signifikan, mengingat margin keuntungan yang seringkali tipis.

Keterampilan dan Pelatihan

Penerapan teknologi optimasi rute membutuhkan keterampilan khusus dalam analisis data dan pemahaman terhadap software yang digunakan. Sebuah survei oleh PwC menemukan bahwa 77% UMKM mengakui bahwa kurangnya keterampilan digital adalah penghalang utama dalam pemanfaatan teknologi. Ini berarti, UMKM perlu mengalokasikan sumber daya untuk pelatihan karyawan agar dapat memanfaatkan teknologi secara efektif.

Pelatihan ini tidak hanya mencakup cara menggunakan software, tetapi juga memahami bagaimana data dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Peningkatan keterampilan ini tidak hanya berguna untuk penggunaan teknologi saat ini, tetapi juga penting dalam mempersiapkan UMKM untuk adaptasi dengan inovasi teknologi di masa depan.

Baca juga: Inilah Perbedaan UMKM Digital & Tradisional

Strategi Implementasi untuk UMKM

UMKM dapat mengadopsi strategi tertentu untuk mengatasi hambatan dalam implementasi optimasi rute, memastikan bahwa mereka mendapat manfaat maksimal dari proses ini.

Pilihan Teknologi yang Tepat

Memilih teknologi yang tepat adalah kunci kesuksesan dalam implementasi optimasi rute. UMKM harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti kemudahan penggunaan, integrasi dengan sistem yang sudah ada, dan kemampuan skalabilitas. Menurut sebuah laporan oleh Gartner, lebih dari 50% kegagalan implementasi teknologi disebabkan oleh pemilihan solusi yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Solusi yang ideal untuk UMKM adalah yang menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam penggunaan tanpa memerlukan investasi besar pada awalnya. Hal ini memungkinkan UMKM untuk mengadopsi teknologi dengan risiko yang lebih rendah dan potensi pengembalian investasi yang lebih tinggi.

Kolaborasi dan Kemitraan

Kolaborasi dan kemitraan dapat menjadi strategi efektif bagi UMKM dalam mengimplementasikan teknologi optimasi rute. Melalui kemitraan dengan penyedia layanan logistik atau perusahaan teknologi, UMKM dapat memanfaatkan keahlian dan infrastruktur yang sudah ada tanpa perlu investasi besar.

Menurut laporan dari the Council of Supply Chain Management Professionals, UMKM yang berkolaborasi dengan mitra logistik dapat mengurangi biaya operasional hingga 15%. Kemitraan ini juga memberikan akses ke inovasi teknologi terbaru dan memungkinkan UMKM untuk fokus pada aspek bisnis lainnya seperti pengembangan produk dan layanan pelanggan.

Pentingnya Logistik Truk untuk Kesuksesan UMKM

Dalam perkembangannya, optimasi rute untuk pengiriman barang tentu tidak terlepas dari seberapa efisien operasional logistik mereka. Untuk UMKM sebenarnya tidak cocok untuk memiliki armada pengiriman sendiri karena akan meningkatkan biaya perawatan dan pengeluaran secara signifikan yang tentu tidak cocok untuk UMKM yang baru berkembang ketimbang perusahaan korporat yang sudah stablil. Di Indonesia sendiri, banyak penyedia jasa yang menyediakan solusi Full Truckload (FTL) dimana FTL memungkinkan UMKM untuk mengiriman barang yang diperlukan secara sekaligus dalam satu truk untuk kemudian diantarkan ke berbagai tujuan, namun terlepas dari itu, yang terpenting adalah memilih jasa FTL yang paling lengkap, cepat, dan terjangkau. Berdasarkan pengalaman kami, Deliveree merupakan salah satu penyedia jasa yang cukup populer di kalangan pengusaha UMKM karena menyajikan layanan logistik truk yang mengintegrasikan teknologi dengan harga komprehensif. Layanan yang ditawarkan Deliveree ideal dan terjangkau bagi UMKM karena harga mereka sudah mencakup segalanya mulai dari pengemudi, bahan bakar, layanan dari pintu ke pintu, bantuan muat barang, asuransi, sampai pelacakan secara real-time dan dukungan pelanggan 24/7 yang dapat diakses langsung melalui aplikasi ataupun website mereka.

Sementara Deliveree spesialis dalam mengangkut barang bisnis dan paket besar, ada kalanya UMKM perlu juga untuk mengirimkan paket kecil di bawah 15 kg untuk pelanggan-pelanggan individu mereka. Untuk keperluan yang satu ini, kami merekomendasikan Anda untuk mempertimbangkan J&T Express dan JNE.  Hal ini karena keduanya menawarkan tarif yang ekonomis  untuk pengiriman paket dan waktu pengiriman yang cukup cepat. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web masing-masing. Pada intinya, ingatlah bahwa penting bagi pebisnis UMKM untuk mengetahui kebutuhan spesifik Anda untuk menghindari kekeliruan dalam pengambilan keputusan yang bisa mempengaruhi efisiensi waktu dan biaya logistik Anda.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis UMKM

Kesimpulan

Optimasi rute adalah aspek krusial dalam pengiriman barang, terutama untuk UMKM. Dengan memanfaatkan teknologi dan strategi yang tepat, UMKM dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Meskipun ada tantangan, dengan pendekatan strategis, UMKM dapat mengimplementasikan optimasi rute secara efektif.

Baca juga: Software Keuangan UMKM