Penerapan Internet of Things, Perubahan di Segala Aspek

By Dudek Muljana - MTQgTWVpLCAyMDIx

Penerapan Internet of Things Perubahan di Segala Aspek

Kami bertanya kepada audiens kami selama webinar MHD baru-baru ini tentang Connected Supply Chain apa tantangan utama untuk menerapkan solusi IoT. Tiga puluh dua persen mengatakan kasus bisnis tidak sesuai, dan tiga puluh persen mengatakan sulit untuk menemukan teknologi yang cocok. Keduanya, pada kenyataannya, saling terkait.

Kami berbagi wawasan tentang bagaimana inovator cerdik dalam industri sekarang menyediakan solusi IoT ujung ke ujung di Industri Rantai Pasokan yang benar-benar mengganggu status quo di kolom Tren IoT ini. Mungkin mengejutkan bahwa kami melihat masalah pengendalian hama di infrastruktur logistik dan tempat kerja yang vital, tetapi ini menggambarkan betapa luasnya Internet of Things.

Industri pengendalian hama, menurut Peter Taylor, Manajer Umum Pengendalian Hama Adam, tidak dikenal dengan solusi inovatif atau berpikiran maju.

“Ini adalah industri yang sangat konservatif yang tidak memiliki banyak dorongan untuk menemukan kembali atau mencari cara baru dalam melakukan sesuatu,” Peter menjelaskan.

Peter memutuskan ingin mencari cara yang lebih baik untuk menangani masalah hewan pengerat ketika bergabung dengan Adam’s Pest Control 16 tahun lalu, dengan latar belakang keuangan dan manajemen dana.

“Saya lebih nyaman dengan data dan spreadsheet, dan saya sangat ingin melihat bagaimana kita dapat menangani masalah hama dengan cara yang lebih berdasarkan data,” katanya.

Peter memulai pencarian untuk lebih memahami sifat sebenarnya dari masalah dengan bereksperimen dengan berbagai jenis teknologi dan jaringan untuk memantau pergerakan hewan pengerat.

Operasi peletakan umpan dan pemeriksaan lagi sebulan kemudian adalah prosedur standar dalam industri pengendalian hama. Namun dalam dunia logistik dan FMCG, menunggu satu bulan dapat merusak citra perusahaan dan menimbulkan masalah yang berkelanjutan di gudang.

Woolworths, klien dari Pengendalian Hama Adam, berada dalam situasi ini. “Anda tidak bisa mengambil risiko meninggalkan umpan dan mengunjunginya kembali sebulan kemudian jika Anda pengecer besar seperti Woolworths,” kata Peter.

Hasil dari Data

Peter memulai pencarian untuk menemukan cara baru untuk memantau perilaku hama.

“Sekitar sepuluh tahun lalu, kami mulai bekerja dengan sensor yang terhubung. Awalnya, kami mencoba Wi-Fi, tetapi ternyata terlalu sulit karena sinyalnya tidak cukup baik untuk kisaran yang kami butuhkan,” Peter menjelaskan.

Peter dan timnya kemudian mulai menyelidiki 3G dan 4G, tetapi tidak berhasil. “Jaringan 3G hanya membuang-buang waktu,” saran Peter. “Konsumsi daya yang tinggi adalah masalah utama; baterai sensor tidak akan bertahan cukup lama.”

Peter mulai mencari solusi Internet of Things (IoT) saat ini.

“Pada 2017, kami mulai menyelidiki solusi pemantauan digital berkemampuan IoT Cre8tec. Sepanjang 2017, kami fokus pada pembuktian konsep. Dia menjelaskan, “Kami memiliki sekitar empat lokasi pengujian di Melbourne CBD dan membuktikannya berhasil.”

Di Jaringan 0G nasional Thinxtra, Pengendalian Hama Adam menjalankan solusi pemantauan hama otomatis jarak jauh. Solusi tersebut telah menunjukkan hasil yang mengesankan sejak diuji dengan berbagai perusahaan besar Australia, termasuk pusat hiburan 24/7, penyedia pendidikan, dan jaringan pusat distribusi dan toko Woolworths di Melbourne dan Sydney.

“Banyak klien kami telah berubah dari memiliki masalah hama yang besar menjadi hampir tidak memiliki masalah sama sekali,” Peter menjelaskan.

Tim pengendalian hama Adam menerima data waktu nyata dari sensor IoT yang ditautkan, memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan jelas dan andal di mana masalah sebenarnya berada.

“Jika kami tahu di mana aktivitasnya, kami dapat membuktikan fasilitas tersebut dengan mengunci pintu, mengatasi masalah kebersihan, dan mengamankan titik masuk yang memungkinkan untuk hewan pengerat,” Peter menjelaskan.

Inilah yang terjadi di pusat distribusi Woolworths. Mereka berubah dari memiliki masalah hewan pengerat menjadi tidak memiliki masalah dalam waktu kurang dari sebulan hanya dengan memantau titik masuk.

Peter sebelumnya pernah bekerja dengan analis data karena latar belakangnya di bidang keuangan dan manajemen dana, jadi dia merekrut seorang untuk bergabung dengan tim di Adam’s Pest Control. “Ini sebagian besar belum pernah terdengar di bidang ini, tetapi saya tahu kami membutuhkan seseorang untuk menganalisis data jika kami ingin memecahkan masalah ini,” Peter menjelaskan.

Pengendalian Hama Adam akan melihat apa yang terjadi di situs setiap pagi dan mengkomunikasikan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah dengan mendapatkan analis data pada staf. Menurut Peter, ini adalah metode yang jauh lebih efisien untuk menyelesaikan masalah.

Selain itu, dengan Jaringan 0G Thinxtra, masalah cakupan dan jangkauan jaringan tidak lagi menjadi masalah.

“Dalam hal jangkauan sinyal melalui terowongan dalam ruangan, gudang bawah tanah, dan dinding beton, kami dapat menggunakan stasiun mikro yang dapat dengan cepat memperluas jangkauan di mana pun kami membutuhkannya,” Peter menjelaskan.

Kesimpulan

Bagi banyak bisnis, masalah hama lebih dari sekadar kerugian yang ditimbulkannya pada operasi mereka; ini juga tentang citra mereka. Masalah hama adalah sesuatu yang Woolworths, yang beroperasi di sektor makanan segar, perlu menyelesaikannya sesegera mungkin, itulah sebabnya cara IoT yang kreatif untuk memantau dan menyelesaikan masalah ini sangat membantu.