Pelajari Cara Kerja IoT Dalam Mengembangkan Industri Logistik

By Dudek Muljana - MzEgTWFyZXQsIDIwMjE=

Pelajari Cara Kerja IoT Dalam Mengembangkan Industri LogistikDibandingkan dengan teknologi Internet of Things (IoT) yang lebih mencolok seperti mobil tanpa pengemudi dan kota pintar, palet pengiriman yang mendukung IoT bisa tampak membosankan. Teknologi dan sensor pintar yang dioperasikan oleh jaringan nirkabel, di sisi lain, memiliki kemampuan untuk menghemat uang dalam jumlah besar dalam rantai pasokan setiap tahun.

Menurut Berg Insight, sebuah firma analis Swedia, ada sekitar 10 miliar palet pengiriman yang digunakan di seluruh dunia. Palet yang terhubung dapat meningkatkan produktivitas rantai pasokan dan menghindari kehilangan inventaris dengan memperkenalkan pemantauan IoT dan membuat platform untuk menganalisis data pengiriman. Menurut survei Forrester, pengeluaran untuk track-and-trace IoT diproyeksikan meningkat 24,2 persen dari 2017 hingga 2023 karena manfaat ini semakin dikenal secara luas.

Bahkan saat kita menjauh dari kendala COVID, pentingnya distribusi produk yang aman, termasuk obat-obatan, menjadi lebih menonjol. Foresolutions, pemasok teknologi pemantauan ke sejumlah industri, menggunakan IoT untuk memantau posisi dan suhu pasokan medis penting secara real time saat dikirim ke seluruh Eropa. Palet pengiriman yang terhubung ke internet of things

Palet pengiriman yang terhubung memungkinkan perusahaan untuk melacak inventaris, menghindari kerugian, dan mengumpulkan data baru dari segmen rantai pasokan yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Manfaat IoT yang signifikan ini diharapkan dapat secara dramatis mengurangi biaya rantai pasokan dan memungkinkan praktik logistik rantai pasokan yang lebih berkelanjutan.

Mencegah Kehilangan dan Penipuan Data dengan Menjembatani Kesenjangan Data

Karena data lokasi yang tidak dapat diandalkan, kurangnya peringatan waktu nyata, dan kesenjangan yang lebar dalam pengetahuan rantai pasokan, kehilangan kargo dan penundaan pengiriman adalah dua tantangan paling signifikan yang dihadapi operator rantai pasokan.

Menggunakan IoT untuk Membuat Palet Lebih Berkelanjutan

Berapa kali palet pengiriman dapat digunakan menentukan nilainya. Menurut Associated Pallets di Amerika Serikat, palet kayu khas memiliki siklus hidup sekitar tiga tahun dan membutuhkan banyak perbaikan selama periode itu. Meskipun membuat palet pengiriman kayu relatif murah, masa pakainya yang singkat mengurangi nilai keseluruhannya dan menimbulkan masalah lingkungan. Akibatnya, beberapa pendukung meminta palet yang lebih kuat yang terbuat dari bahan komposit, tetapi biaya produksi di muka yang lebih tinggi dan kemungkinan kehilangan palet membuat palet pengiriman yang lebih berkelanjutan tidak diadopsi secara luas.

Palet berkelanjutan, di sisi lain, bahkan lebih layak berkat Internet of Things. Palet yang terhubung dapat menggunakan bahan yang lebih tahan lama dengan bobot lebih ringan dan memiliki profil lebih rendah daripada palet kayu konvensional karena lebih mudah dilacak dan dipulihkan. Keunggulan ini memungkinkan bisnis meminimalkan konsumsi bahan bakar, limbah kayu, dan jumlah rata-rata palet yang hilang atau rusak setiap kali naik.

Palet pengiriman yang terhubung memungkinkan perusahaan untuk melacak inventaris, menghindari kerugian, dan mengumpulkan data baru dari segmen rantai pasokan yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Manfaat IoT yang signifikan ini diharapkan dapat secara dramatis mengurangi biaya rantai pasokan dan memungkinkan praktik logistik rantai pasokan yang lebih berkelanjutan.

Palet pengiriman yang terhubung dengan IoT menawarkan berbagai keuntungan bagi pemasok logistik, memungkinkan mereka melacak inventaris, menghindari kegagalan, dan mengumpulkan data baru dari segmen rantai pasokan yang sebelumnya tidak terlihat. Manfaat IoT yang substansial ini secara dramatis mengurangi biaya rantai pasokan dan memungkinkan praktik logistik rantai pasokan yang lebih berkelanjutan. Di Aeris, kami memberi manajer rantai pasokan strategi konektivitas yang tahan masa depan untuk membantu mereka memanfaatkan inovasi IoT sepenuhnya.