Your browser does not support JavaScript!

Pasar L Tumbuh Sebesar 10% Dari 2019 (USD 435 Miliar)

By Rica Prasetio - March 16, 2021

Pengirim terus memanfaatkan apa yang ditawarkan 3PL, memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan rantai pasokan, meminimalkan biaya dan menciptakan nilai, dan menyelaraskan harapan sebagai kunci untuk mencapai kesuksesan bagi kedua pihak. Integrasi teknologi tinggi dengan 3PLs, keahlian bisnis dan pengurangan biaya adalah beberapa alasan, karena itu, layanan outsourcing meningkat. Layanan outsourcing ini jelas menunjukkan bahwa persyaratan untuk 3PL sedang meningkat dan memaksa pasar. Banyak perusahaan 3PL sudah mulai menggunakan perangkat dan aplikasi seluler untuk meningkatkan ketangkasan. Perangkat yang dilengkapi chip identifikasi frekuensi radio (RFID) tidak hanya mampu mentransmisikan tempatnya, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menyimpan data tentang dirinya sendiri, sehingga dapat langsung dipantau dan dilacak. Dengan menggunakan aplikasi seluler yang dipasang di ponsel mereka, pelanggan akan memiliki kemampuan untuk memesan, memproses, dan memantau pengiriman barang setiap saat. Tren Pasar Utama E-Commerce Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Pertumbuhan pesat e-commerce mendorong permintaan untuk Layanan 3pl di seluruh dunia. Peningkatan e-commerce yang tak henti-hentinya pada dasarnya mengubah lanskap logistik pihak ketiga (3PL). Dengan meningkatnya ekspektasi konsumen untuk pengiriman tepat waktu dan akurat dan agar tetap kompetitif, lebih banyak pengecer e-niaga yang mengalihdayakan elemen penting misi dari operasi pasokan dan pemenuhan mereka ke mitra 3PL.

Transformasi 3PL di Asia Pasifik

Sejumlah pengecer e-niaga kecil dalam ukuran dan tidak mampu memiliki layanan desain in-house. Di sisi lain, retailer besar e-commerce seperti Amazon dan Alibaba sedang membuat infrastruktur logistiknya sendiri, sementara peningkatan e-commerce dan transformasi antisipasi konsumen juga dapat menjadi tantangan bagi perusahaan 3PL terkait pengurangan waktu pengiriman paket. , meningkatkan efisiensi, adopsi teknologi terbaru dan canggih, dll. Sebuah transformasi besar sedang terjadi dalam pengiriman jarak jauh, dengan perusahaan mencari alternatif, seperti loker pengiriman, titik penjemputan, pengiriman crowdsourced, pengiriman drone, dan kendaraan otonom. Evolusi teknologi membentuk kembali seluruh rantai distribusi dan menciptakan kembali industri parsel. Teknologi menjadi pendorong penting dalam meningkatkan efisiensi dan mencapai ekspektasi konsumen. Asia Pasifik Memimpin Pasar 3PL Internasional Kawasan Asia Pasifik adalah pasar 3PL terbesar di dunia dan juga merupakan kawasan dengan pertumbuhan tercepat. Pasar 3PL di kawasan ini diperkirakan lebih dari USD 435 miliar pada tahun 2019 dan diperkirakan akan tumbuh pada CAGR lebih dari 10% selama periode perkiraan. Cina menyumbang pasar 3PL di kawasan dengan lebih dari 60% pangsa pasar.

Kemitraan pemain 3PL untuk logistik yang lebih efektif

Kawasan Asia Tenggara adalah hotspot yang muncul di Asia Pasifik dengan ekonomi yang cepat dan penetrasi e-commerce yang meningkat. India juga merupakan salah satu pasar penting yang diperkirakan akan tumbuh kuat selama periode perkiraan. Lanskap Kompetitif Pasar sangat terfragmentasi dan kompetitif dengan berbagai perusahaan besar yang secara strategis membentuk aliansi dengan bisnis menengah atau kecil untuk memanfaatkan kemampuan regional mereka dalam logistik. Pemain regional utama telah diamati untuk menjelajah ke area baru, memungkinkan organisasi untuk meningkatkan keuntungan geografis mereka. Para pemain 3PL telah menunjukkan kesediaan untuk bermitra dengan pemain lain untuk mengurangi leverage dan biaya atas keunggulan kompetitif bersama. Karenanya, pasar menemukan banyak kemitraan, merger, dan akuisisi. Area Asia-Pasifik memiliki konsentrasi pemain baru dan yang baru muncul yang lebih tinggi. Pemain regional utama telah diamati untuk menjelajah ke area baru, memungkinkan organisasi untuk meningkatkan jangkauan geografis mereka. Pengenalan dan implementasi teknologi baru semakin meningkatkan persaingan pasar. Selain itu, adopsi teknologi juga membantu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi.