Your browser does not support JavaScript!

Panduan Kirim Paket Wahana Ke Singapura

By Dudek Muljana - May 28, 2023

ilustrasi peta dan box kiriman wahana

Ekspedisi pengiriman Wahana tidak hanya dikenal sebagai penyedia jasa pengiriman barang di seluruh Indonesia, tetapi juga telah memperluas layanan mereka ke tingkat internasional, termasuk pengiriman ke Singapura. Sejak tahun 2005, Wahana telah membuka layanan pengiriman internasional ke Singapura untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka yang ingin mengirim barang ke negara tetangga ini. Pada tahun tersebut, Wahana juga membuka kantor cabang pertamanya di sana. Pada artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang layanan pengiriman internasional Wahana, cara memesan layanan ini, dan hal-hal yang perlu diperhatikan terkait pengiriman barang ke Singapura melalui Wahana.

Apa Itu Layanan Pengiriman Internasional Wahana?

Layanan Pengiriman Internasional Wahana merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh perusahaan ekspedisi Wahana. Layanan ini merupakan solusi yang terjangkau bagi pelanggan yang ingin mengirim barang ke luar negeri, khususnya ke Singapura. Wahana telah menjalankan layanan pengiriman internasional sejak tahun 2005 dan terus mengembangkan jaringan dan infrastruktur untuk mendukung kebutuhan pengiriman barang secara global.

Dalam layanan pengiriman internasional, Wahana bekerja sama dengan mitra logistik internasional yang terpercaya untuk memastikan pengiriman yang handal dan efisien. Mereka memiliki berbagai pilihan layanan pengiriman dengan waktu pengiriman yang berbeda, sehingga pelanggan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Layanan ini mencakup pengiriman paket, dokumen, dan barang komersial dengan berbagai ukuran dan berat.

Salah satu keunggulan layanan Pengiriman Internasional Wahana adalah harga yang terjangkau. Wahana menyadari pentingnya biaya pengiriman yang kompetitif bagi pelanggan yang ingin mengirim barang ke luar negeri. Oleh karena itu, mereka menawarkan tarif yang bersaing, sehingga pelanggan dapat menghemat biaya pengiriman tanpa mengorbankan kualitas dan keandalan layanan.

Bagaimana Cara Pesan Layanan Singapura Wahana?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memesan layanan pengiriman ke Singapura melalui ekspedisi Wahana. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara-cara tersebut:

Melalui Aplikasi Sahabat Wahana
Salah satu cara yang paling praktis dan mudah untuk memesan layanan pengiriman ke Singapura dan cek ongkir adalah melalui Aplikasi Sahabat Wahana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Sahabat Wahana melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).
  2. Setelah mengunduh aplikasi, buat akun Sahabat Wahana dengan mendaftar melalui email atau nomor telepon. Ikuti langkah-langkah yang diminta untuk melengkapi informasi pribadi Anda.
  3. Setelah berhasil mendaftar, masuk ke aplikasi dan pilih fitur “Kirim” yang biasanya terdapat di halaman utama aplikasi.
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi informasi lengkap terkait pengiriman.
  5. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, periksa kembali rincian pesanan Anda untuk memastikan semuanya benar dan lengkap.
  6. Jika semua informasi sudah terverifikasi, lanjutkan ke proses pembayaran yang tersedia di aplikasi. Pilih metode pembayaran yang sesuai dan ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan pembayaran.
  7. Setelah berhasil melakukan pembayaran, Anda akan diberikan instruksi mengenai pengantaran barang ke kantor atau agen Wahana terdekat. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan agar barang dapat dikirim dengan lancar.

Melalui Kantor Wahana Terdekat
Jika Anda tidak memiliki akses ke Aplikasi Sahabat Wahana atau lebih memilih cara yang lebih langsung, Anda dapat memesan layanan pengiriman ke Singapura langsung di kantor Wahana terdekat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Temukan kantor Wahana yang berlokasi dekat dengan Anda. Anda dapat mencari informasi tentang kantor Wahana melalui situs web resmi mereka atau menghubungi pusat layanan pelanggan.
  2. Setelah menemukan kantor Wahana terdekat, kunjungi kantor tersebut dalam jam operasional yang berlaku. Pastikan untuk membawa barang yang ingin dikirim dan persiapkan informasi yang diperlukan, seperti informasi pengirim, penerima, dan detail kiriman.
  3. Setibanya di kantor Wahana, temui petugas layanan pelanggan dan sampaikan niat Anda untuk mengirim barang ke Singapura. Tanyakan mengenai prosedur, persyaratan, dan tarif yang berlaku untuk layanan tersebut.
  4. Petugas akan memberikan formulir pengiriman yang perlu diisi dengan lengkap dan benar. Formulir ini akan mencakup informasi pengirim, penerima, deskripsi barang, berat, dimensi, dan nilai barang yang dikirim.
  5. Setelah mengisi formulir pengiriman, serahkan barang yang ingin dikirim kepada petugas. Pastikan barang sudah dalam kondisi yang sesuai untuk pengiriman, dengan packing yang aman dan sesuai standar.
  6. Petugas akan memberikan informasi mengenai biaya pengiriman dan pilihan pembayaran yang tersedia. Lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  7. Setelah melakukan pembayaran, pastikan untuk meminta bukti pengiriman sebagai tanda bahwa barang Anda telah diserahkan ke Wahana untuk dikirim ke Singapura. Bukti pengiriman ini akan berisi nomor pelacakan yang dapat Anda gunakan untuk memantau status pengiriman secara online.

Melalui Agen Wahana Terdekat
Selain melalui aplikasi dan kantor Wahana, Anda juga dapat memesan layanan pengiriman ke Singapura melalui agen Wahana terdekat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cari informasi mengenai agen Wahana yang beroperasi di daerah Anda. Anda dapat mencarinya melalui situs web resmi Wahana atau menghubungi pusat layanan pelanggan.
  2. Setelah menemukan agen Wahana terdekat, hubungi mereka melalui telepon atau kunjungi langsung agen tersebut.
  3. Bicarakan dengan agen mengenai keinginan Anda untuk menggunakan layanan pengiriman ke Singapura. Tanyakan mengenai prosedur, persyaratan, dan biaya yang berlaku.
  4. Jika Anda telah menyetujui layanan pengiriman, serahkan barang yang ingin dikirim kepada agen. Isi informasi yang diperlukan sesuai dengan petunjuk agen Wahana.
  5. Setelah informasi pengiriman terisi dengan benar, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh agen Wahana.
    Pastikan untuk meminta bukti pengiriman dari agen sebagai bukti bahwa barang Anda telah diserahkan untuk dikirim ke Singapura.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kirim Barang ke Singapura dengan Wahana

Sebelum Anda mengirim barang ke Singapura melalui layanan pengiriman internasional Wahana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Pastikan semua informasi sudah lengkap dan benar
Sebelum Anda memesan layanan, pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan lengkap tentang pengirim dan penerima, termasuk nama, nomor telepon, alamat lengkap, dan instruksi khusus jika ada. Hal ini akan membantu memastikan pengiriman barang berjalan lancar tanpa kendala.

Perhatikan persyaratan dan regulasi
Sebelum mengirim barang ke Singapura, pastikan Anda memahami dan mematuhi persyaratan dan regulasi yang berlaku. Hal ini termasuk aturan bea cukai, dokumen yang diperlukan, dan pembatasan barang tertentu. Memahami persyaratan ini akan membantu mencegah masalah saat pengiriman barang.

Lakukan pengemasan yang baik
Pastikan barang yang Anda kirim dikemas dengan baik dan aman. Gunakan bahan kemasan yang kuat dan tahan banting untuk melindungi barang dari kerusakan selama perjalanan. Juga, pastikan untuk memasukkan label pengiriman dengan jelas dan mencantumkan alamat pengirim dan penerima dengan benar.

Pastikan tidak mengirim barang terlarang
Sebelum mengirimkan barang ke Singapura, pastikan bahwa barang yang akan dikirim tidak termasuk dalam kategori barang terlarang atau terbatas. Singapura memiliki peraturan yang ketat terkait impor barang tertentu seperti senjata, obat-obatan terlarang, bahan kimia berbahaya, dan lain sebagainya. Pastikan untuk memeriksa daftar barang terlarang atau terbatas yang berlaku di Singapura sebelum memilih jenis barang yang akan dikirim.

Lacak pengiriman secara berkala
Setelah Anda melakukan pemesanan dan barang dikirim, penting untuk memantau status pengiriman barang Anda. Anda dapat cek resi Wahana dengan mudah untuk melacak posisi barang Anda selama dalam perjalanan. Dengan melacak resi pengiriman, Anda dapat memperoleh informasi mengenai perkiraan waktu pengiriman dan memastikan barang sampai ke tujuan dengan aman.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas dan memilih layanan pengiriman Singapura Wahana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat mengirimkan barang ke Singapura dengan lebih mudah dan terjamin. Jangan ragu untuk menghubungi Wahana atau agen mereka jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan dalam proses pengiriman.

Layanan pengiriman internasional Wahana merupakan solusi terpercaya dan terjangkau bagi mereka yang ingin mengirim barang ke Singapura. Dengan layanan yang telah hadir sejak tahun 2005, Wahana telah membangun reputasi sebagai penyedia jasa pengiriman yang handal dan efisien. Pelanggan dapat memesan layanan ini melalui Aplikasi Sahabat Wahana, mengunjungi kantor Wahana terdekat, atau melalui agen Wahana. Sebelum mengirim barang, pastikan Anda memperhatikan informasi lengkap yang diberikan, perhatikan syarat dan regulasi yang berlaku, pengemasan yang baik, tidak mengirimkan barang terlarang, dan melakukan pelacakan kiriman secara berkala. Dengan menggunakan layanan pengiriman internasional Wahana, Anda dapat mengirim barang ke Singapura dengan mudah, aman, dan murah.

 

Baca Juga:

  1. Baca Ini Jika Anda Ingin Wahana Jemput Barang Anda
  2. Ini Dia 3 Ketentuan Wahana Terkait Barang Retur
  3. 15 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Pesan Wahana
  4. Cara Mudah Dapat Promo Wahana
Cek Ongkir Wahana