Your browser does not support JavaScript!

Pada Juni Lalu, Industri Logistik Kembali Tumbuh

By Pandu Saputra - July 11, 2021

Pada Juni Lalu Industri Logistik Kembali Tumbuh

Ketika Indeks Manajer Logistik terbaru mencapai peringkat tertinggi kedua sepanjang masa, permintaan yang kuat untuk pergudangan dan transportasi membuat industri terus berkembang.

Aktivitas ekonomi industri logistik meningkat pada bulan Juni, karena permintaan konsumen yang kuat, yang terus membebani jaringan gudang dan transportasi.

Pada bulan Juni, Indeks Manajer Logistik naik hampir empat poin persentase menjadi 75, level tertinggi kedua dalam sejarah indeks lima tahun. Menurut para ahli LMI, rata-rata pergerakan tiga bulan kuartalan juga mencapai level tertinggi baru musim semi ini, menunjukkan bahwa pertumbuhan kuartal kedua indeks adalah yang tercepat dalam sejarahnya.

Baca juga: Jasa Angkut Terdekat: Bisnis Logistik {Rekomendasi 2021}

Logistik Market Index (LMI) Mengukur Aktivitas Komersial Bulanan di Industri Logistik

Menurut para ahli, persediaan bergerak cepat melalui rantai pasokan, dan kapasitas yang ketat serta biaya tinggi tetap ada di seluruh saluran. Pada bulan Juni, tingkat persediaan dan biaya meningkat masing-masing sebesar 9 poin dan lebih dari 5 poin. Pada saat yang sama, kapasitas gudang dan transportasi masing-masing turun menjadi 40,7 dan 34,5.

“Kombinasi kurangnya kapasitas membuat memenuhi harapan konsumen menjadi tantangan. Terlepas dari kenyataan bahwa persediaan bergerak cepat, ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan telah mendorong biaya logistik, menurut analisis tersebut. “Pada dasarnya, perubahan permintaan logistik dari tahun sebelumnya telah membuat rantai pasokan menjadi jauh lebih mahal untuk menyimpan dan mengangkut setiap unit inventaris, bahkan ketika mereka memiliki lebih sedikit inventaris daripada sebelumnya. Ini akan berlanjut sampai jaringan rantai pasokan dapat diubah untuk lebih mewakili realitas pasca-pandemi kami, yang masih dikonfigurasi untuk siklus ekonomi pra-pandemi.”

Baca juga: Ongkos Kirim Wahana Logistik Terdekat & Deliveree {2021}

Menurut para peneliti, responden memperkirakan tingkat pertumbuhan 12 bulan di masa depan sekitar 70 persen, menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dan keadaan industri yang ketat saat 2021 berlangsung.

Kesimpulan

LMI mengukur pertumbuhan keseluruhan dalam industri logistik serta pertumbuhan di delapan bidang tertentu: tingkat persediaan dan biaya, kapasitas pergudangan, pemanfaatan, dan harga, dan kapasitas transportasi, pemanfaatan, dan harga. Para peneliti dari Arizona State University, Colorado State University, Rochester Institute of Technology, Rutgers University, dan University of Nevada, Reno berkolaborasi dalam penelitian ini, yang diproduksi setiap bulan bekerja sama dengan Council of Supply Chain Management Professionals (CSCMP).

Baca juga: Daftar Perusahaan Logistics Di Indonesia Untuk Cargo Darat