Melihat Peluang dan Hambatan dari Harga Kontainer Kini

By Dudek Muljana - MiBKdWxpLCAyMDIx

Peluang & Hambatan Harga Kontainer

Beberapa pedagang tampaknya bersedia membayar apa pun untuk mendapatkan peti kemas di atas kapal layar dari Asia ke Eropa dan Amerika Serikat. Di kedua jalur perdagangan minggu ini, tampaknya ‘penawaran’ tarif lebih dari $20.000 per 40 kaki lazim.

Peluang dan Hambatan

Memang, kami telah melihat harga spot $21.000 untuk HC 40ft dari Cina ke Felixstowe yang ditawarkan dari lima operator teratas minggu ini. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa ruang premium dan tingkat jaminan debit prioritas ke pantai barat AS meningkat.

Namun, bahkan pada transaksi jangka pendek, mayoritas pengirim masih membayar jauh lebih sedikit daripada pembacaan pasar spot Freightos Baltic Index (FBX) hari ini sebesar $ 10.979 untuk Eropa Utara dan $ 6.905 untuk pantai barat AS per 40 kaki.

Lihat juga: Cek Harga Ekspedisi Kargo Ongkir Termurah (3 Top Tips)

Selain itu, beberapa pengirim telah menegosiasikan tarif dengan operator yang jauh lebih rendah. “Jangan salah, beberapa pengirim sangat menderita, sementara yang lain relatif sedikit menderita,” kata Lars Jensen, CEO dan mitra Vespucci Maritime.

“Ini adalah keunggulan kompetitif (secara relatif) di mana beberapa importir mendapatkan pangsa pasar dengan mengorbankan yang lain. Dengan kata lain, pengirim tertentu mungkin dapat mengubah ketidaknyamanan jangka pendek ini menjadi keuntungan strategis jangka panjang,” kata pakar tersebut.

Patrik Berglund, salah satu pendiri dan CEO Xeneta, sependapat. Ribuan titik data klien dari organisasi benchmarking tarif pengiriman yang berbasis di Oslo menunjukkan tingkat rata-rata kontrak jangka pendek dan jangka panjang yang jauh lebih rendah, katanya.

Berglund mengatakan kepada Kami pagi ini, “Kami melihat dan mendengar tentang harga yang sangat tinggi di media, tetapi harga utama ini tidak seperti yang kami amati dari data klien kami.” “Saya yakin harga ini ada di pasar,” katanya, “tetapi itu pengecualian, bukan aturannya, dan maskapai penerbangan umumnya membebankan biaya yang jauh lebih rendah kepada pengirim mereka.”

Lihat juga: Jasa Sewa Truk Expedisi Kargo Pengiriman: 3 Top Rahasia

Mr Berglund dirujuk keuangan kuartal pertama operator sebagai bukti. “OOCL melaporkan salah satu tarif rata-rata tertinggi $1.525 per teu, sementara Maersk melaporkan biaya rata-rata $1.331 per teu untuk periode tersebut. Jadi itu tidak berarti bahwa sebagian besar volume mereka berada pada tingkat yang sangat tinggi ini, ”jelasnya.

Meskipun demikian, insentif bagi operator untuk mengejar bisnis dengan peringkat premium daripada menghormati kontrak MQC jelas, dan Jon Monroe dari Jon Monroe Consulting yang berbasis di Washington mengatakan bahwa pasar kapal telah menjadi “gratis untuk semua.”

Kesimpulan

“Tarif berubah setiap dua minggu, dengan rotasi pelabuhan tidak sesuai jadwal dan pengirim membayar berapa pun harga pasar minggu itu dan, dalam beberapa situasi, hari itu,” jelasnya. Konsultan melanjutkan dengan mengatakan bahwa tampaknya tidak masalah jika BCO memiliki pemesanan lanjutan yang telah diverifikasi oleh operator.

Lihat juga: Jasa Pengiriman Barang Berat: Bisnis Ekspedisi Truk Kargo

Mr Monroe mengklaim bahwa “itu dapat dibatalkan untuk melayani pelanggan yang membayar lebih tinggi,” dan bahwa hubungan pelanggan-operator tampaknya berada pada titik terendah sepanjang masa. “Kepercayaan membutuhkan waktu lama untuk dibangun kembali,” saran seorang kontak penerusan Inggris, “jadi perhatikan mereka yang berusaha membantu dan menghargai mereka dengan bisnis Anda ketika Anda bisa.”