Manajemen Berkelanjutan & Eco-Friendly dengan Pengemasan Sendiri

By Dudek Muljana - NiBKdW5pLCAyMDIx

Pengemasan Sendiri

“myProduct.at” adalah toko online yang menjual makanan, kerajinan tangan, dan ide hadiah dari sekelompok produsen skala kecil Austria terpilih yang bekerja hanya dengan cara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, selaras dengan manusia, hewan, dan lingkungan. Lebih dari 8.000 item dari sekitar 500 produsen Austria – mulai dari perusahaan rintisan kecil hingga perusahaan keluarga mapan – membentuk lini produk mereka. Pendiri perusahaan bekerja setiap hari untuk menyediakan makanan dan kerajinan tangan yang dibuat secara berkelanjutan dari pemasok Austria kepada klien di bawah moto “berkualitas tinggi, regional, dan pribadi.” Mereka mendukung produsen kecil Austria dengan proses produksi yang otentik dan bertanggung jawab dalam pertempuran harga melawan raksasa global dengan mempromosikannya. Para pendiri “myProduct.at” juga menganggap misi mereka sebagai melestarikan dan memperluas keragaman produk Austria, tradisi kerajinan tangan, dan keahlian manufaktur.

Kebenaran

Sejak awal, tanggung jawab sosial, pengelolaan berkelanjutan, dan konservasi sumber daya telah menjadi agenda utama myProduct.at. Konsep inti konservasi sumber daya tidak hanya berlaku untuk produsen, tetapi juga untuk distribusi barang yang dipasok. Pendekatan pengiriman MyProduct.at juga ramah lingkungan. Perusahaan berupaya membuat operasinya lebih ramah lingkungan, terutama dalam hal pengemasan dan bahan pengisi.

Sedapat mungkin, keripik kemasan organik yang berasal dari 100 persen tepung jagung organik digunakan sebagai bahan pengisi. Bahan pengisi lainnya yang berasal dari bahan baku yang tidak berkelanjutan akan dihapus hampir seluruhnya dalam jangka panjang. Kotak kardus yang diterima perusahaan secara rutin akan digunakan kembali untuk mewujudkan hal tersebut.

Strategi alternatif ini akan menghemat uang perusahaan sekaligus meningkatkan kemandirian mereka dari pemasok. Dengan demikian, kemacetan pasokan, seperti yang disebabkan oleh situasi COVID-19 belakangan ini, dapat dihindari. Sederhananya, kemasan yang diproduksi sendiri memungkinkan fleksibilitas dan kemandirian yang lebih besar. Pendiri dan direktur perusahaan mulai membuat alternatif untuk kemasan plastik dan bahan pengisi dengan pemikiran ini.

Solusinya

Direktur Rainer Neuwirth memilih mesin pengepakan HSM ProfiPack P425 dengan pengekstrak debu kelas M dari penghancur dokumen dan produsen baling press HSM GmbH + Co KG di Jerman Selatan setelah menerima saran.

“Kami mengikuti saran mitra kami dan menemukan bahwa mesin pengepakan HSM ProfiPack P425 memenuhi semua kriteria kami dengan sempurna. Rainer Neuwirth, pendiri dan direktur pelaksana myProduct GmbH, menjelaskan keputusannya dengan mengatakan, “Keputusan untuk memilih HSM jelas merupakan keputusan yang tepat.”

Manfaat mesin pengemasan “Made in Germany” HSM sudah jelas. Bahan kemasan dan pengisi sekarang dapat diproduksi sendiri. Dengan demikian, kemasan karton pemasok dan barang masuk dapat didaur ulang dengan cara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan berkelanjutan, sehingga mengurangi pembuangan kertas bekas perusahaan secara signifikan. Kastor putar yang praktis adalah fitur hebat yang memungkinkan mesin kecil digunakan di berbagai lokasi di seluruh gudang.

Perusahaan memutuskan untuk menggabungkan mesin pengepakan dengan pengekstrak debu HSM DE1-8 untuk melindungi karyawan dari debu. Karena kardus dan partikel debu berhasil dikumpulkan, ini memiliki efek samping positif untuk membatasi kontaminasi isi kemasan. Partikel debu disedot ke dalam tabung di laci pengumpul debu, di mana mereka dapat dengan mudah dibuang. Karena HSM ProfiPack P425 digunakan di gudang, jumlah debu pada produk yang disimpan di sana dijaga agar tetap minimum.

Produk Akhir

Selain semua fitur ramah lingkungan dan ramah lingkungan, mesin pengemasan HSM ProfiPack juga memberikan keuntungan finansial. Karena sangat sedikit bahan kemasan eksternal yang dibutuhkan di masa depan, penghematan bulanan yang diantisipasi akan berada di kisaran 200 hingga 300 euro.

“Komunikasi dengan HSM cepat dan profesional. Organisasi berusaha untuk menyediakan setiap pelanggan dengan solusi yang unik. Kami tidak hanya akan mewujudkan potensi penghematan yang disebutkan dengan produk HSM, tetapi kami juga senang dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi sirkular,” kata Rainer Neuwirth.