Logistik DI KLIA Meningkatkan Ekonomi

By Rica Prasetio - TWFyY2ggNSwgMjAyMQ==

Taman Zona Perdagangan Bebas Digital KLIA Aeropolis, operator bandara terbesar di Malaysia, hampir menyelesaikan pusat logistiknya yang mengubah permainan. Randhill Singh, general manager KLIA Aeropolis di Malaysia Airports Holdings Berhad, mengatakan perusahaan berencana untuk membuka lengkap pusat seni yang dikembangkan bersama dengan Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Kami hanya beberapa bulan lagi, katanya kepada FMT. Ini akan menjadi pendorong tidak hanya untuk ekonomi dan dunia, tetapi juga untuk kawasan. Hub ini akan melayani Asia Tenggara, Oseania, dan sekitarnya sebagai proyek platform perdagangan dunia elektronik (eWTP) luar negeri pertama Alibaba.

Pusat logistik e-niaga Asia Tenggara adalah fasilitas terintegrasi penuh yang mencakup terminal pengiriman, penyimpanan, dan pusat penyortiran, di antara barang-barang lainnya, memungkinkan logistik yang lebih efisien dan operasi bernilai tambah. Misi hub, menurut Randhill, adalah mempermudah pengiriman produk ke seluruh dunia dalam 72 jam, yang secara efektif memposisikan KLIA sebagai hub pilihan kawasan ini untuk merek global dan pemain e-commerce. Kami menyadari bahwa e-niaga akan menjadi pendorong utama industri kargo udara, dan kami berencana memanfaatkannya melalui KLIA Aeropolis DFTZ Park.

Hub, yang mencakup 1,1 juta kaki persegi, akan memungkinkan Bandara Malaysia untuk menggandakan volume kargo udaranya di KLIA menjadi 1,4 juta ton per tahun dalam sepuluh tahun ke depan. Alibaba sendiri merupakan 30% dari luas lantai hub. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa hub tersebut akan membuat berbisnis di daerah itu jauh lebih mudah bagi perusahaan logistik, merek multinasional, dan bisnis kecil dan menengah. Selain itu, kedekatan KLIA dengan Port Klang akan membantu memperluas peluang transfer kargo laut ke udara setelah prosedur dan kebijakan yang dirancang khusus untuk tujuan ini diterapkan.

Randhill juga mengatakan bahwa seiring perluasan hub, MAHB mengharapkan lebih banyak lalu lintas kargo udara yang melewatinya, menguntungkan baik angkutan udara maupun maskapai penerbangan komersial, yang akan memiliki lebih banyak kargo untuk diangkut. Inilah mengapa kami yakin KLIA Aeropolis DFTZ Park akan menjadi katalisator untuk hal-hal yang lebih besar; akan sangat menarik bagi para pemain e-commerce untuk memilih Malaysia sebagai basis mereka, yang hanya akan baik untuk bisnis dan ekonomi.