Layanan White Gloves dalam Manajemen Transportasi

By Cat Dewinta - MTEgSnVuaSwgMjAyMQ==

Layanan White Gloves dalam Manajemen Transportasi

Tidak semua pengiriman dibuat sama dalam logistik. Ada tingkat tarif, tingkat mode, dan tingkat kelas pengiriman, tetapi ada juga lapisan logistik. Beberapa muatan sangat halus sehingga memerlukan kemahiran ekstra. Pertimbangkan untuk memindahkan furnitur, peralatan, atau benda besar yang berharga sambil memastikannya tiba dalam kondisi sempurna. Itulah penjelasan tentang evolusi layanan White Glove, dan ini adalah bagian lain dari teka-teki jargon transportasi.

Tujuan layanan White Glove adalah untuk menciptakan pengiriman yang paling disesuaikan dan terspesialisasi. Segala sesuatu di dunia saat ini berputar di sekitar teknologi. Pengalaman konsumen berkembang karena peralatan pintar, sistem pintar, teater rumah, dan banyak lagi. Dan operator harus bereaksi dengan menyediakan pengiriman, pemasangan, dan penyiapan yang disesuaikan, serta pembersihan serpihan. White Glove mengacu pada bekerja ekstra di mil terakhir. Sangat penting untuk memahami hubungan antara layanan White Glove dan manajemen transportasi.

Layanan White Glove adalah layanan manajemen transportasi yang melampaui dan melampaui standar pengiriman konvensional. Sementara pelanggan mungkin senang melihat sebuah kotak menunggu mereka di teras depan mereka ketika mereka tiba di rumah, mereka menempatkan diri mereka dalam risiko. Ada kemungkinan kiriman tersebut akan dicuri, atau isinya akan musnah. Dalam manajemen transportasi, mereka harus melampaui pengiriman reguler, dan konsumen mendorong tren ini ke depan.

Istilah “layanan White Glove” berperan di sini. Ini mengacu pada penanganan barang dengan hati-hati, di mana penggerak atau pengirim benar-benar memakai White Glove untuk melindungi objek. Ini mengacu pada mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan dan memberikan dengan sempurna ke spesifikasi pelanggan dalam pengiriman.

Layanan dan solusi ini dapat disertakan dalam pengiriman White Glove:

  • Perakitan, pemasangan, dan penyiapan semuanya termasuk dalam pengiriman.
  • Bisnis tanpa pelabuhan atau cara tradisional lainnya untuk menerima pengiriman dapat menggunakan pemenuhan eceran.
  • Pengisian kembali inventaris untuk perusahaan yang membutuhkan pengiriman serta pengisian ulang atau pemasangan perlengkapan baru untuk inventaris mereka.

Kesulitan sebenarnya dari pengiriman kontemporer adalah mencari tahu apa yang ditawarkan operator. Pengirim harus menyadari bahwa ketika mereka memesan kiriman, mereka akan menerima tingkat layanan yang sesuai. Mungkin perlu menyewa pengemudi atau penggerak pengiriman tambahan untuk peralatan besar. Untuk memasang komponen listrik atau mengatur sistem otomasi rumah, Anda mungkin perlu mempekerjakan profesional TI dan personel yang berkualifikasi. Semuanya bermuara pada penentuan apa yang dapat disediakan oleh operator dan siapa yang akan dibutuhkan selama proses tersebut.

Jenis Produk Apa yang Membutuhkan Layanan White Glove?

Layanan White Glove diperlukan untuk produk yang tidak dapat dengan mudah diturunkan di pintu. Kulkas, peralatan rumah tangga utama, perabotan, dan elektronik kelas atas adalah contohnya. Pelanggan dapat merusak atau menyalahgunakan produk ini jika tidak ditangani dengan sangat hati-hati dan penuh perhatian selama pengiriman.

Karena mencakup pemenuhan harapan konsumen yang tinggi dan membutuhkan kapasitas untuk berkomunikasi dengan pengemudi dan konsumen selama perjalanan pengiriman, layanan White Glove dalam logistik jarak jauh mungkin sulit dilakukan dengan benar. Beberapa panduan untuk merampingkan layanan White Glove harus diikuti oleh pengirim:

  • Tentukan aspek-aspek kunci dari penanganan. Pemindaian otomatis, pemberitahuan, dan peringatan adalah contohnya. Ini juga harus memasukkan titik kontak konsumen.
  • Metrik dapat digunakan untuk melacak kinerja. Untuk memastikan bahwa layanan White Glove digunakan dan diberikan secara maksimal dan bernilai, penilaian kinerja sangat penting.
  • Mempersiapkan pengelolaan pengecualian. Meskipun sebagian besar pengiriman berjalan sesuai rencana, ada beberapa yang memerlukan penanganan dan pengawasan tambahan karena keadaan yang tidak terduga seperti cuaca, keterlambatan transportasi, kekurangan tenaga kerja, masalah akses di rumah atau terbatas, dan banyak lagi. Hal ini memungkinkan pengirim untuk mempersiapkan segala kemungkinan dan membuat pelanggan mereka senang.
  • Jelaskan pengertian kewajiban. Meskipun mungkin tampak tidak signifikan, menetapkan tanggung jawab sangat penting untuk memastikan bahwa pengangkut dan pengirim memahami persyaratan dan layanan saat menggunakan layanan manajemen transportasi White Glove.

Bagaimana dengan Jaminan Tanggung Jawab dan Kerusakan?

Karena pengiriman produk jarak jauh yang memerlukan layanan White Glove lebih mungkin terkait dengan barang berharga tinggi, pengirim harus mengurangi risiko yang terkait dengan pengiriman produk tersebut. Sangat penting untuk memeriksa secara menyeluruh semua penyedia layanan mil terakhir dan hanya bekerja dengan mereka yang telah dilatih dan diperlengkapi secara memadai.

Untuk pengirim, ini berarti pengurangan premi dan klaim lebih sedikit. Perusahaan Anda akan berkembang dan mendapat untung sebagai hasil dari keluhan klien Anda dan peningkatan layanan pelanggan.

Layanan White Glove Termasuk Pengiriman dan Logistik Juga

Selain itu, layanan White Glove memungkinkan proses logistik terbalik yang lebih efisien. Karena lebih sedikit pengembalian yang diterima, pengirim dapat lebih cepat mengidentifikasi produk cacat dan masalah lainnya, menghemat waktu baik di produksi maupun di gudang. Biaya pengelolaan pengembalian dan logistik balik juga berkurang dengan layanan White Glove. Untuk beberapa produk, menjamin perbaikan yang memadai, daur ulang, atau reklamasi barang-barang lama yang diangkut pada saat pengiriman mungkin memiliki dampak yang signifikan.

Sangat mudah untuk memahami konsep layanan White Glove. Ini tentang memberikan layanan sebelum, selama, dan setelah pengiriman. Layanan last mile tradisional, seperti pemberitahuan pengiriman atau bahkan pilihan cash-on-delivery kuno, juga ditingkatkan dengan logistik White Glove. Pengirim dapat lebih menggambarkan diri mereka sebagai organisasi yang unggul jika dibandingkan dengan pesaing mereka karena layanan White Glove berusaha untuk memuaskan pengalaman pelanggan, termasuk menindaklanjuti pelanggan setelah pengiriman untuk memastikan harapan mereka terpenuhi.