Langkah-Langkah Mengoptimalkan Jaringan Transportasi Anda

By Dudek Muljana - MjUgTWVpLCAyMDIx

Langkah-Langkah Mengoptimalkan Jaringan Transportasi Anda

Hal yang sulit untuk mengoptimalkan jaringan transportasi. Ini membutuhkan perpaduan yang tepat antara orang, alat, dan penyelarasan strategis. Berikut adalah peta untuk membantu Anda dalam perjalanan Anda.

Definisikan Istilah “Kesempurnaan”

Apa tujuan akhir pengoptimalan — kondisi dengan hasil yang hampir sempurna? Bisnis yang mengirimkan pasokan medis mungkin memiliki keseimbangan biaya / layanan yang sangat berbeda dari bisnis yang mengirimkan baja. Apakah biaya pengiriman, total waktu transit, total biaya rantai pasokan, biaya manajemen total, atau kombinasi dari semua ini “sempurna?” Tentukan parameter jaringan kargo “ideal” Anda.

Lakukan Survei Pelanggan

Konsumen Anda adalah titik awal untuk pengoptimalan. Sebelum membuat perubahan drastis pada cara Anda menangani transportasi, pertimbangkan apa yang pelanggan Anda butuhkan untuk menghindari pengiriman terlalu sering, terlalu lambat, atau dengan biaya yang tidak wajar.

Manfaatkan Data Anda

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan Anda, sistem penagihan, dan tagihan pengangkutan / 3PL semuanya berisi banyak data. Kapal dan waktu pengiriman paling awal / terbaru, ukuran pesanan, berat, dan lokasi asal / tujuan merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan saat meneliti pengoptimalan.

Buat Skenario Model Pengiriman dan Jalankan

Apakah Anda memiliki peralatan dan personel untuk menjalankan skenario “bagaimana jika” untuk pengiriman Anda secara efektif? Apakah mungkin untuk menilai secara massal pengiriman selama seminggu melalui semua moda? Apakah mungkin perangkat Anda merekomendasikan perubahan mode? Apakah mampu membangun truk multi-stop? Buat skenario untuk distribusi kumpulan. Pertimbangkan untuk menggandakan atau membagi dua ukuran pesanan Anda untuk beberapa pelanggan. Jika Anda menjawab “tidak” untuk semua pertanyaan ini, bicarakan dengan konsultan atau 3PL.

Uji Sebelum Anda Menayangkan.

Sebelum melakukan investasi dan implementasi yang signifikan, uji skenario untuk memastikan bahwa temuannya akurat.

Atasi Hambatan

Analisis hal hal yang menghambat Anda dengan berkonsultasi pada mitra logistik, maskapai penerbangan, dan penyedia infrastruktur Anda. Banyak hal yang akan berubah sampai Anda menyempurnakan jaringan pengiriman Anda. Pada waktu yang berbeda, operator akan memiliki jalur yang berbeda. Cara pelanggan Anda berinteraksi dengan Anda akan berubah. Antisipasi hambatan dan koordinasi sebelumnya untuk memastikan gangguan minimum.

Evaluasi Kemampuan Teknologi Anda

Tanpa sistem manajemen transportasi (TMS) —atau 3PL yang menggunakannya — pengoptimalan pengiriman tampaknya tidak akan berkelanjutan. Pemilihan TMS atau 3PL harus dilakukan dengan hati-hati. Meskipun sistem dapat memberikan “pengoptimalan”, pastikan sistem tersebut memenuhi persyaratan Anda dan penyedia mampu menyelesaikan hasil kerja Anda.

Menilai Bakat dan Pengalaman Perencanaan Pengangkutan

Beberapa jaringan pengiriman dapat diulang — industri mobil, misalnya, mengikuti seperangkat aturan. Produk pasar, retail, dan toko grosir, misalnya, mungkin lebih dinamis. Untuk menavigasi dunia yang serba guna dan berkembang, pastikan Anda memiliki tim atau mitra rantai pasokan yang tepat. Bahkan dengan rencana terbaik, perkirakan konflik jika ukuran pesanan, tanggal, waktu, atau spesifikasi khusus semuanya tidak stabil.

Pertimbangkan Semua Kemungkinan

Konsolidasi, pengiriman kumpulan, lompatan zona, konversi mode, konstruksi muatan truk multi-stop, operasi yang ditangguhkan, pengangkutan susu, pengangkutan khusus, harga pasar spot, dan harga volume hanyalah beberapa opsi yang tersedia dengan pengoptimalan.

Pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan pengirim lain. Jika ada waktu tunggu berlebih di lokasi pengiriman dan distribusi konsumen, pengoptimalan terbaik terjadi (a) ketika ada jumlah pengiriman yang besar dan (b) ketika ada jumlah pengiriman yang signifikan. B adalah sesuatu yang dapat dibagikan dengan klien Anda, tetapi A sulit dicapai secara organik. Pertimbangkan untuk membentuk kemitraan dengan pengirim lokal lain atau penyedia logistik pihak ketiga (3PL) untuk membantu mengatur solusi konsolidasi pengiriman.