Kurang Gas di Ibu Kota Semakin Parah Akibat Serangan Siber

By Pandu Saputra - MTQgTWVpLCAyMDIx

Kurang Gas di Ibu Kota Semakin Parah Akibat Serangan Siber

Kekurangan gas menyebar dari Selatan ke negara bagian Atlantik Tengah, dengan Virginia dan District of Columbia di antara daerah yang paling terpukul setelah serangan dunia maya yang menyebabkan pipa bahan bakar terbesar di negara itu ditutup.

Pada 14 Mei, layanan pelacakan GasBuddy.com melaporkan bahwa 86 persen pom bensin di Washington, D.C., lebih dari setengah pom bensin di Virginia, dan 42 persen pom bensin di Maryland kehabisan bahan bakar. Di Carolina Utara, lebih dari 70% stasiun kehabisan bensin, dan di Georgia dan Carolina Selatan, lebih dari setengahnya kehabisan bensin.

Masalahnya, menurut pemilik pompa bensin di Virginia, adalah pembelian panik.

Resiko dalam Pembelian Panik

WJLA-TV mengutip pernyataan pemilik pom bensin Burke, Barry Rieger, “Ini seperti hiruk-pikuk.”

Colonial Pipeline, yang berbasis di Georgia, mengumumkan pada 13 Mei bahwa mereka telah membuat “kemajuan signifikan” dalam menyelesaikan pematian terkait peretasan komputer. Ia mengumumkan bahwa operasi telah dilanjutkan dan bahwa penjualan bensin telah dimulai di semua pasarnya. Semuanya akan kembali normal dalam “beberapa hari”, dan beberapa area mungkin mengalami “gangguan layanan yang terputus-putus selama fase mulai ini,” menurut perusahaan.

Ketika krisis kekurangan bahan bakar memburuk, setidaknya lima distrik sekolah North Carolina menyatakan pada 13 Mei bahwa mereka akan beralih ke pembelajaran jarak jauh. Kabupaten Durham, Franklin, Vance, dan Wake, misalnya, telah membatalkan pembelajaran tatap muka pada 14 Mei. “Pengaruh kekurangan gas pada ketersediaan staf dan transportasi siswa,” menurut email yang dikirim ke orang tua di Wake County, North Distrik sekolah terbesar di Carolina.

Bisnis juga Merasakan Kesulitan

Banyak kendaraan perbaikan dan keselamatan di Dixie Speedway di Woodstock, Ga., Perlu diisi sebelum dua hari Sabtu berikutnya dari balap mobil stok, tetapi “semua pompa bensin di dekat kita – dalam jarak satu mil dari kita – keluar gas, ”kata Mia Green, manajer umum trek. Dia mengetahui setidaknya beberapa lintasan balap di area tersebut yang telah membatalkan balapan yang akan datang akhir pekan ini karena kemungkinan kru balapan tidak bisa sampai ke sana karena kekurangan bahan bakar.

7 Mei melihat dimulainya serangan dunia maya oleh peretas yang mengenkripsi sistem komputer dan menuntut uang tebusan untuk membukanya. Operasi pipa tidak diambil alih oleh para peretas, tetapi Kolonial menutupnya untuk membatasi kerusakan.

Otoritas AS, menurut Presiden Joe Biden, tidak percaya pemerintah Rusia terlibat dalam peretasan tersebut. “Kami memiliki alasan kuat untuk meyakini bahwa para pelaku yang melakukan penyerangan itu tinggal di Rusia,” katanya. Begitulah cara dia sampai di sini. ”

Dari Texas ke New Jersey, Colonial Pipeline mengangkut sekitar 45 persen bahan bakar yang dikonsumsi di East Coast.

Richard Joswick, kepala global analisis minyak di S&P Global Platts, berkata, “Kami belum keluar dari hutan, tetapi pepohonan semakin menipis.”

Jika pipa kembali beroperasi seperti yang diharapkan dan pelanggan diyakinkan bahwa mereka tidak perlu panik-membeli bensin, pompa bensin harus kembali normal minggu depan, menurut Joswick. Dia memperkirakan akan membutuhkan beberapa minggu lagi baginya untuk pulih sepenuhnya.