KPMG: Membangun Rantai Pasokan Untuk Dunia Digital

By Bayu Hermawan - MjMgQXByaWwsIDIwMjE=

Setiap hari, disrupsi digital mengubah dunia dan cara bisnis beroperasi, dan rantai pasokan tidak terkecuali.

Rantai pasokan telah ditransformasikan oleh peningkatan pilihan produk, kenyamanan inovatif baru seperti klik dan kumpulkan, dan bahkan pengiriman pada hari yang sama dalam beberapa kasus, serta visibilitas pesanan penuh. Permintaan dan harapan konsumen tidak pernah lebih tinggi atau lebih sulit dikelola daripada sekarang, dengan hiburan yang dipersonalisasi, sesuai permintaan, dan lebih mudah tersedia bagi mereka.

Tugas Bisnis

Bisnis harus mengembangkan peta jalan digital yang efektif untuk terus memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah ini. Perusahaan dapat hampir empat kali lipat pengembalian investasi (ROI) mereka dalam rantai pasokan dengan mengembangkan semua rencana yang mencakup dan sukses.

Sebuah laporan KPMG mempelajari keuntungan memulai perjalanan transformasi digital, serta langkah-langkah terperinci tentang cara memulai. Kami telah memecah laporan di sini untuk membantu Anda memahaminya dengan lebih baik.

Ketika datang untuk membuat peta jalan digital, bagian tersulit adalah mencari tahu di mana harus memulai. Operasi digital menawarkan peluang untuk inovasi rantai pasokan, tetapi memiliki dampak yang signifikan pada operasi bisa sulit. Salah satu hal pertama yang harus ditetapkan adalah bahwa bisnis harus melakukan segalanya dengan tujuan kinerja keseluruhan dan janji merek mereka dalam pikiran, atau mereka akan dengan cepat gagal.

Patut Dicontoh

Alibaba harus dihormati sebagai model bagi perusahaan mana pun yang ingin berinovasi operasinya. Alibaba telah berhasil membedakan dirinya dari kompetisi dengan memberikan operasi yang benar-benar inovatif melalui perjalanan transformatif dengan mengembangkan strategi jangka panjang yang berfokus pada pelanggan dengan kinerja pada intinya.

Perusahaan dalam skala global dan regional berada pada tahap yang sama sekali berbeda dalam evolusi digital mereka di seluruh dunia. Beberapa, seperti Alibaba, adalah pelopor digital yang memimpin, sementara yang lain mengikuti jejak mereka dan mendidik diri mereka sendiri berdasarkan keberhasilan transformasi sukses sebelumnya.

Beberapa bisnis bahkan akan dapat memulai transformasi, apalagi menyelesaikan perjalanan efektif yang membuahkan hasil. Dalam hal mengembangkan strategi yang efektif, organisasi membutuhkan dukungan sejak awal.

Kemitraan jangka panjang, seluruh ekosistem, dan banyak lagi akan ditransformasikan sebagai hasil dari perjalanan ini, sehingga bisnis perlu bergantung pada keahlian orang lain untuk memastikan transisi yang lancar ke proses digital.

Mengadopsi dan merangkul teknologi digital baru dalam rantai pasokan tidak dapat disangkal penting untuk sukses, tetapi memastikan bahwa mereka diimplementasikan dengan benar sama pentingnya. Solusi digital dapat memengaruhi operasi dengan berbagai cara, mulai dari pengoptimalan hingga transformasi lengkap.