Your browser does not support JavaScript!

Kebutuhan- Kebutuhan Perdagangan dan Logistik Global

By Rica Prasetio - April 29, 2021

Kebutuhan- Kebutuhan Perdagangan dan Logistik GlobalMultilingualisme, zona waktu, mata uang, perpajakan, dan moda transportasi merupakan tantangan bagi administrator perdagangan global. Perdagangan global diatur oleh sejumlah aturan yang bernuansa dan selalu berubah. Jadi, bagaimana bisnis menghadapi kerumitan seperti itu, dan bagaimana Anda mendapatkan keunggulan kompetitif?

Situasi Saat Ini

Anda dihadapkan pada banyak ancaman karena kompleksitas manajemen perdagangan global. Meskipun bisnis ingin membuat transaksi yang paling menguntungkan, rekanan dan risiko kredit harus seimbang. Materi regulasi dalam jumlah besar, yang sering ditulis di atas kertas dalam berbagai format dan disimpan dalam spreadsheet di seluruh organisasi, harus ditinjau dan ditindaklanjuti. Rahasia untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih menguntungkan adalah memiliki visibilitas ke seluruh rantai nilai perdagangan. Di tiga bidang utama, bisnis bahan baku dan produk membutuhkan ketelitian:

Sirkulasi Informasi

Kontrak, pengiriman, faktur, dan pembayaran semuanya membutuhkan pandangan komprehensif tentang P&L yang dianggarkan dan terkait perdagangan nyata. Mereka harus memastikan bahwa catatan benar dan mematuhi perjanjian bisnis, serta melacak semua pengeditan pesanan, perubahan pengiriman, dan dokumen terkait. Sebagai bagian dari upaya pemasaran, tugas logistik memainkan peranan penting dalam memuaskan pelanggan. Selain itu, logistik menjadi salah satu kunci untuk mencapai keuntungan bagi perusahaan secara keseluruhan. Perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas produknya sehingga mendapatkan konsumen yang “setia”. Melalui sistem logistik yang bagus akan mampu memberikan “nilai tambah” kepada para konsumen pada utilitas tempat dan utilitas waktu.

Arus Produk

Selama perjanjian kontrak, pengiriman, dan pembuatan faktur, perusahaan harus memantau pengiriman dan aktivitas terkait pemesanan, menangani semua detail yang terkait dengan pergerakan produk fisik, dan melakukan pemeriksaan kredit pada semua rekanan. Jaringan lokasi fasilitas merupakan hal yang mutlak wajib dimiliki oleh perusahaan untuk tujuan perencanaan ke mana dan melalui mana material dan produk-produk diangkut. Sebagai bentuk pelayanan terhadap user yang mempunyai hubungan langsung dengan produk, perusahaan menyediakan fasilitas-fasilitas meliputi pabrik, gudang-gudang, dan toko-toko pengecer.

Arus Dana

Perdagangan yang menguntungkan membutuhkan manajemen arus kas yang efektif. Perusahaan harus dengan cermat mendokumentasikan dan mencatat aliran letter of credit dari formasi hingga presentasi akhir. Mereka harus mengoordinasikan berbagai aliran resolusi mitra dagang. Manajemen pengadaan persediaan dalam sistem logistik adalah bagian dari perusahaan yang berfungsi untuk mengatur persediaan barang yang dimiliki. Perusahaan harus mengelola bagaimana cara memperoleh persediaan, proses penyimpanannya, sampai persediaan tersebut nantinya dimanfaatkan atau dikeluarkan.

Solusi Modern dan Komprehensif

Perusahaan perdagangan global secara tradisional menghabiskan sebagian besar waktu dan uang mereka secara manual untuk menyaring dan meningkatkan pengiriman. Solusi tersebut dapat menyederhanakan proses, memungkinkan organisasi untuk menyaring pengiriman mereka lebih sering, lebih efektif, dan lebih andal, memastikan bahwa status pengiriman aktual dikomunikasikan kepada pihak yang sesuai.

Selain itu, Dalam sebuah sistem apapun, pastinya terdapat komponen-komponen yang mendukung sistem tersebut untuk “berjalan”. bisnis harus dapat melacak dan melacak pengiriman dari titik asal ke titik tujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional. Mereka memperhatikan penundaan dan penyimpangan dan mampu mengatasinya. Perusahaan dapat menilai rencana pelayaran terbaik dengan mengukur biaya dan lokasi.  Serangkaian struktur lokasi yang bagus dan strategis dapat memberikan banyak keuntungan yang kompetitif. Perusahaan tentunya mengingkan efisiensi dalam sistem logistik. Nah, tingkat efisiensi itu berhubungan langsung dengan dan dibatasi oleh struktur lokasi fasilitas.