Your browser does not support JavaScript!

Kebangkitan Trailer Cerdas

By Pandu Saputra - September 10, 2021

Kebangkitan Trailer Cerdas

Trailer kargo yang didukung teknologi sedang didefinisikan ulang oleh kemajuan telematika dan analitik data.

Ketersediaan tag sensor murah, kamera, dan pusat pengumpulan data yang tersebar luas, serta pelaporan waktu nyata dan perpindahan ke jaringan nirkabel yang lebih cepat, telah meningkatkan kemampuan pemantauan trailer secara substansial.

Perubahan ini mendorong pengembangan generasi baru trailer “pintar” yang mengumpulkan lebih banyak data dan analisis bisnis secara signifikan daripada yang tersedia beberapa tahun lalu.

Dan dengan itu, perubahan signifikan dalam cara armada mengelola, memantau, mengalokasikan, dan mengoptimalkan aset yang sebelumnya dicemooh sebagai “hanya kotak bodoh” tetapi sekarang diakui secara luas sebagai aspek penting dalam kecepatan rantai pasokan yang siap ditingkatkan.

Menurut Mark Stanton, manajer umum di pemasok telematika dan manajemen aset PowerFleet, mengetahui posisi trailer sekarang “sudah pasti”.

“Sekarang, armada bertanya-tanya, ‘Apa yang dilakukannya?’ Apakah masih di jalan yang saya harapkan, atau telah mengambil jalan memutar? Bisakah saya mengambilnya jika sudah dibongkar?’ “Daripada menunggu [pengirim] menelepon [mereka] tiga hari kemudian, [armada] menginginkan informasi itu sekarang,” tambah Stanton.

Pada trailer saat ini, perangkat terkait, hub data, dan sensor menyediakan data waktu nyata yang dapat digunakan manajer armada untuk memperbaiki masalah pemeliharaan atau keselamatan, menjaga keamanan dan integritas kargo, meningkatkan pemanfaatan trailer, dan, mungkin yang paling penting, membuat pengemudi senang.

Menurut Chris Plaat, wakil presiden senior dan manajer umum BlackBerry Radar, pemasok lain solusi pelacakan aset, seiring dengan berkembangnya teknologi pemantauan trailer, biaya perangkat keras pelacakan menurun dan armada telah belajar dari waktu ke waktu bagaimana menggunakan data dengan lebih baik.

Dia mengklaim bahwa “Anda sekarang dapat membeli sensor dan gateway untuk sebagian kecil dari biaya lima atau sepuluh tahun yang lalu.”

Menurut dia, permintaan paling umum dari pelanggan armada adalah data dan analisis yang andal tentang lokasi trailer, mobilitas, dan status kargo.

Platform teknologi ini, menurut Plaat, bahkan memengaruhi pola pembelian trailer armada.

“Mengetahui bagaimana Anda saat ini menggunakan investasi trailer Anda dapat membantu Anda mengetahui berapa banyak trailer baru yang Anda perlukan,” katanya. “Anda membeli lebih sedikit trailer karena Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana trailer yang sudah Anda miliki digunakan dan di mana kapasitas dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.”

Teknologi trailer pintar juga dapat mengirimkan informasi terkait perawatan, seperti tekanan ban dan kinerja rem, ke armada, memperingatkan mereka akan potensi bahaya keselamatan sebelum menjadi serius.

Rob Phillips, CEO Phillips Connect, yang menghadirkan rangkaian perangkat keras dan perangkat lunak pada platform terbuka yang menggabungkan data sensor untuk manajemen armada yang cerdas, mengatakan, “Armada memiliki kesadaran akan suatu masalah sebelum menjadi bencana besar.”

Dia menjelaskan bahwa kecepatan dan ketepatan data sangat penting karena “ketika terjadi insiden ban, Anda hanya memiliki jendela yang sangat singkat untuk memberi tahu pengemudi” dan memberikan arahan tentang apa yang harus dilakukan.

Jenis data yang dapat ditindaklanjuti ini juga membantu armada dalam membatasi atau menghindari waktu henti yang tidak direncanakan dan biaya terkaitnya. Manajemen ban dan pengurangan pelanggaran CSA adalah dua dari pengembalian investasi tertinggi bagi konsumen, menurut Phillips.

Menurut Debbie Sackman, manajer produk senior untuk bagian armada SkyBitz, armada juga memanfaatkan teknologi sensor untuk meningkatkan pendapatan dan menangkap pendapatan yang “hilang”.

“Ini semua tentang menurunkan waktu idle dan memaksimalkan belokan untuk pengangkut truk,” jelasnya.

Sensor yang menawarkan informasi real-time tentang kondisi pemuatan atau pembongkaran trailer, serta apakah itu duduk atau bergerak, membantu memaksimalkan kapasitasnya yang terbatas.

Dengan kemajuan teknologi kamera dalam trailer, armada sekarang dapat melihat gambar kargo yang menggambarkan perilaku pengirim dan penerima barang dan menghilangkan semua keraguan tentang kondisi trailer.

“Sekarang setelah Anda memiliki dokumen yang lebih baik, Anda dapat melakukan percakapan yang lebih produktif dengan pengirim tentang mendapatkan trailer kembali lebih cepat,” tambah Sackman, menambahkan akan ada lebih sedikit perselisihan mengenai biaya penahanan.

Baca juga: Jasa Angkut Terdekat: Bisnis Logistik {Rekomendasi}

Kecerdasan Trailer adalah Pasar yang Berkembang

Bisnis muatan truk dan antar moda, di mana trailer atau kontainer pengiriman dipindahkan dari depot atau pelabuhan selama berminggu-minggu pada suatu waktu, telah menerima teknologi pelacakan trailer.

Sistem pelacakan ini juga semakin menarik minat operator yang kurang dari muatan truk, karena tarif trailer telah meningkat, permintaan pengiriman meningkat, dan kapasitas telah menyempit.

Misalnya, Estes Express Lines menggunakan teknologi pelacakan trailer “all in”, menyebarkan produk Spireon ke seluruh armadanya yang terdiri dari 40.000 trailer pengiriman, boneka konverter, dan kotak antar moda. Pelaksanaannya ditargetkan selesai akhir tahun.

Keputusan itu terdengar aneh pada awalnya, menurut Webb Estes, wakil presiden pengembangan proses armada, karena trailer LTL umumnya kembali ke terminal setiap malam.

Meskipun demikian, Estes dengan cepat menemukan beberapa manfaat pada sistem tersebut, termasuk lebih sedikit perselisihan mengenai biaya penahanan, lebih sedikit pemeriksaan halaman manual, dan pengalaman berkendara yang lebih baik.

“Waktu pengemudi menjadi semakin penting,” tambah Estes. “Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari jam pengambilan dan pengiriman barang mereka.”

Pengemudi biasanya menghabiskan waktu hingga 15 menit berjalan di sekitar halaman mencari trailer. Sekarang, sistem pelacakan dapat menunjukkan dengan tepat di mana trailer itu berada di halaman, menghemat waktu dan kejengkelan pengemudi.

“Kami meminimalkan pemeriksaan halaman manual, membantu pengemudi kami, dan melacak status dan ketersediaan trailer dengan lebih baik,” kata Estes.

Ini juga membantu armada LTL dalam mengelola waktu tunggu klien dengan lebih baik.

“Tahun lalu, kami benar-benar menyaksikan peningkatan hunian,” kenangnya, yang menyebabkan pemulihan dan pemindahan trailer tertunda. “Hal terbaik berikutnya adalah [memiliki produk] di salah satu trailer kami di luar jika Anda tidak memiliki cukup tempat di gudang Anda tetapi ingin dapat memberi tahu pelanggan bahwa Anda memilikinya. Ini setara dengan persediaan just-in-time di zaman modern.”

Estes juga menyebutkan manfaat yang tidak terduga.

Dia menjelaskan, “Kami memiliki sebuah trailer yang dicuri.” “Pencuri itu mengecat ulang dan memasang stiker baru, tetapi dia tidak tahu bahwa itu dilengkapi dengan pusat pelacakan. Ketika kami tiba dengan polisi hukum untuk memulihkannya, dia terkejut.”

Estes, yang terletak di Richmond, Virginia, berada di peringkat No. 12 dalam daftar 100 Top Topik Transportasi dari operator sewaan terbesar di Amerika Utara.

Baca juga: Sewa Truck Ekspedisi Terdekat Dari Sini (3 Cara Terbukti)

Kemampuan untuk Melacak Berkembang

Bisnis truk telah mendapatkan akses ke banyak informasi yang jauh melampaui titik-titik di peta seiring dengan kemajuan pelacakan aset.

Meskipun demikian, Roni Taylor, wakil presiden senior strategi dan pengembangan bisnis di Spireon, pembuat sistem pemantauan FleetLocate, menyatakan bahwa lokasi trailer GPS real-time tetap menjadi tujuan utama.

Fitur penting lainnya adalah pelacakan kargo. Spireon, misalnya, memberikan data tentang kapan trailer dimuat atau dibongkar — dan siap untuk dikembalikan atau diambil — menggunakan laser dan sensor kargo berbasis kamera.

Gambar kamera dari dalam trailer, menurut Taylor, mengungkapkan kualitas muatan, status, dan faktor lainnya, yang “sangat membantu dengan manajemen penahanan dan klaim,” terutama ketika pengirim sedang memuat atau mengosongkan trailer.

Dia menambahkan, “Anda tidak membuang-buang waktu pengemudi.” “Aspek lainnya adalah mampu memenangkan pertempuran penahanan dan benar-benar mengubah perilaku pengirim Anda sehingga mereka dapat menurunkan trailer Anda lebih cepat.”

Fitur lain yang berguna adalah kemampuan untuk melacak kesehatan baterai liftgate.

“Jika baterai Anda mati di tengah perjalanan, pengemudi tidak akan dapat mengirimkan muatan yang tersisa,” Taylor menjelaskan. “Dan Anda bisa melihat panggilan bantuan pinggir jalan $ 500 hingga $ 1.000.”

Sementara itu, dengan semakin banyaknya data pelacakan “trailer pintar” yang sekarang tersedia, armada semakin mencari bantuan dengan manajemen telematika trailer. Taylor melanjutkan.

Spireon memperkenalkan program layanan terkelola awal tahun ini, di mana orang khusus Spireon ditugaskan kepada pelanggan untuk membantu mengelola data dan mengoptimalkan aset dengan memantau aspek-aspek seperti waktu tunggu dan giliran, misalnya.

Penggunaan sensor yang diletakkan di atas palet atau langsung di atas barang yang sebenarnya adalah batas lain yang berkembang pesat untuk kemampuan pelacakan.

Data gerakan, guncangan, suhu, dan kelembapan dapat dikumpulkan dan ditransmisikan menggunakan sensor ini.

Untuk waktu yang lama, industri mengandalkan pengemudi untuk memeriksa status kargo, tetapi “Anda benar-benar tidak tahu apa yang dirasakan kargo,” menurut Ron Konezny, CEO pemasok teknologi pelacakan Digi International.

Itu mulai berubah.

Haagen-Dazs, sebuah perusahaan es krim mewah, adalah salah satu klien Digi. Pengiriman individu Haagen-Dazs pergi ke 90 lokasi penerima yang berbeda di seluruh dunia, dan sensor Digi ditempelkan di sana.

Sensor memberikan Konezny “kepastian bahwa suhu stabil di seluruh rantai pengawasan ini [dengan operator] dan kualitas [produk] dipertahankan,” katanya. “Anda tahu statusnya apakah itu di truk, di atas rel, atau di atas kapal.”

Sementara itu, ketika operator nirkabel menghentikan jaringan 3G mereka yang sudah ketinggalan zaman, industri telematika trailer telah beralih ke konektivitas 4G. Beberapa bisnis sudah melihat ke depan ke 5G.

Merek telematika Road Ready dari Clarience Technologies meluncurkan sistem 5G Ready pada bulan Agustus, yang menggunakan jaringan 4G saat ini tetapi juga dibangun untuk berjalan pada 5G di masa depan, mencegah penundaan layanan selama peningkatan jaringan berikutnya.

Trailer pintar memiliki konsekuensi untuk pengembangan truk swakemudi juga.

Teknologi trailer pintar terintegrasi Drov Technologies, menurut Lisa Mullen, dapat mengaktifkan kopling dan komunikasi traktor-trailer, yang “diperlukan untuk kendaraan yang terhubung dengan aman dan cerdas.”

Mullen menjelaskan bahwa kemajuan [truk] otonom membawa [trailer pintar] ke dalam gambar. “Tanpa trailer alami pengemudi sekarang harus menjadi lebih pintar dan menemukan cara untuk terhubung langsung dengan perangkat lunak otonom truk….” Agar siap untuk penyebaran akhirnya kendaraan otonom, Anda harus mulai mengaktifkan trailer hari ini.”

Baca juga: Jasa Pengiriman Barang Berat: Bisnis Ekspedisi Truk Kargo