Keamanan Penggunaan Forklift Lebih dari Sekedar Forklift

By Cat Dewinta - NSBKdW5pLCAyMDIx

Keamanan Penggunaan Forklift Lebih dari Sekedar Forklift

Mengingat peran penting keselamatan forklift dalam rantai pasokan, fokus holistik dan konstan sangat penting. Manajer harus mengevaluasi setiap area kunci yang dapat berkontribusi pada keselamatan karyawan sambil menekankan keterlibatan individu untuk membangun dan mempertahankan budaya keselamatan yang baik. Berikut adalah lima pertimbangan keamanan penting untuk diingat:

1. Pelatihan yang Mudah Diakses, Disesuaikan, dan Tersedia untuk Semua Karyawan

Pelatihan operator, supervisor, dan pejalan kaki harus dinamis, menarik, dan sesuai dengan individu, baik yang dilakukan di ruang kelas atau online.

2. Manajemen Kepatuhan

Hal yang membatasi akses dan mengotomatiskan prosedur untuk meningkatkan kepatuhan keselamatan. Manajer dapat mengatur akses ke peralatan, mengotomatiskan operasi yang menyederhanakan kepatuhan, dan mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang kepatuhan terhadap undang-undang keselamatan dengan mengumpulkan dan menganalisis data.

3. Peralatan yang Dirancang dengan Mempertimbangkan Keselamatan

Desain produk terkadang diabaikan sebagai bagian dari manajemen keselamatan, padahal itu bisa sangat penting. Mengaudit peralatan Anda saat ini untuk menemukan fitur keselamatan penting yang hilang adalah langkah penting dalam mengembangkan program keselamatan yang kuat.

4. Peningkatan Eksposur, Kesadaran, dan Peluang Melalui Konektivitas

Perangkat dan peralatan yang terhubung yang memungkinkan pengumpulan dan analisis data di seluruh tempat kerja menyediakan alat baru untuk menemukan peluang pengawasan, memperkuat pelatihan, dan mendorong perubahan perilaku.

5. Sasaran Keselamatan Diinformasikan Oleh Analitik Data

Dalam mengidentifikasi dan menanggapi masalah terkait keselamatan, serta mengidentifikasi tindakan yang benar dan tidak tepat, data real-time dan historis dari armada forklift dan sistem manajemen operator sangat penting.

Mengambil pendekatan holistik untuk keamanan gudang juga memerlukan penggabungan komponen yang biasanya tidak terkait dengan keselamatan forklift. Misalnya, sangat penting untuk memiliki jalur pejalan kaki yang tergambar dengan baik dan tanda yang terlihat yang mengidentifikasi berbagai wilayah gudang serta potensi risiko, seperti overhang yang rendah, baik bagi pejalan kaki maupun operator.

Desain dan kondisi rak gudang juga harus diperhatikan. Pastikan bahwa ruang lorong cukup bagi operator dari semua tingkat keahlian untuk dengan mudah memuat dan menurunkan barang dari rak. Lakukan inspeksi penilaian rak secara teratur untuk mencari rangka, balok, atau dek kawat yang rusak.

Pencahayaan dan papan nama adalah dua elemen desain gudang lainnya yang mungkin memengaruhi keselamatan. Pastikan bahwa pencahayaan yang tepat digunakan untuk menerangi gang serta jalur pejalan kaki/jalur staf yang ditunjuk. Untuk memastikan bahwa rambu-rambu yang disediakan telah dapat terlihat dan mudah dipahami, itu harus ditempatkan secara jelas pada ketinggian dan jarak yang sesuai untuk pengamat.

Organisasi yang meletakkan dasar keselamatan forklift dan memahami bagaimana menghubungkannya ke elemen lain dari strategi keselamatan gudang yang komprehensif akan diposisikan lebih baik untuk melanjutkan jalur menuju budaya keselamatan pertama.