Kapan Dunia Rantai Pasokan Akan Kembali ke Normal?

By Cat Dewinta - NSBBcHJpbCwgMjAyMQ==

Kapan Dunia Rantai Pasokan Akan Kembali ke Normal

Karena masalah rantai pasokan terus menjadi berita halaman depan, pabrik tutup karena gangguan pasokan, dan Presiden Biden secara langsung tertarik pada rantai pasokan, sejauh ini pertanyaan yang paling sering diajukan di kotak masuk saya saat ini. Bicara tentang rantai pasokan yang sampai ke panggung depan dengan lampu proyektor berkedip dari belakang kantor kecil yang kumuh.

Dengan pengawasan yang begitu ketat, sangat disayangkan bahwa eksekutif rantai pasokan hanya memiliki sedikit pilihan untuk memberikan bantuan segera. Jelas tidak ada jawaban sederhana atau perbaikan cepat.

Fluktuasi permintaan terlalu besar dan tidak dapat diprediksi: Fluktuasi permintaan menyebabkan perubahan yang tak tertandingi, menggunakan salah satu kata pandemi yang paling umum. Mereka hanya sedikit tidak terduga. Ini tidak menarik bagi investor karena belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak dapat diprediksi. Sulit untuk mengatakan apa itu kebetulan, tren, atau pola. Ketika permintaan sangat tidak stabil, mengapa ada orang yang berinvestasi di pabrik dan peralatan?

Durasi Pembangunan Infratruktur yang Memakan Waktu Lama

Butuh waktu bertahun-tahun untuk merancang dan membangun pabrik manufaktur. Perizinan dan pengembangan pabrik akan memakan waktu bertahun-tahun, jika bukan satu dekade, di banyak negara. Namun, bahkan dalam konteks regulasi dan konstruksi yang lebih fleksibel, pengiriman peralatan, dan waktu tunggu pemasangan sering kali dihitung dalam beberapa tahun. Bahkan jika investor mampu membiayai $ 3 miliar hingga $ 10 miliar biaya pabrik wafer baru, tidak ada solusi cepat ketika pasokan chip berkurang.

Pembangunan infrastruktur membutuhkan waktu sepuluh tahun. Selama bertahun-tahun, pakar rantai pasokan di Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa infrastruktur kita terlalu rentan. Ketika volume melebihi garis tren, para profesional operasional tahu itu pertanda buruk. Mereka juga tahu itu pertanda buruk ketika kapasitas tercapai selama periode puncak. Ketika pelabuhan AS tidak dapat menampung impor liburan di tahun-tahun sebelumnya, inilah yang sebenarnya terjadi. Kami dapat mengatasi pembatasan pelabuhan pada tahun 2031 dengan sedikit harapan dan banyak uang. Padahal, kita mengonsumsi udara dengan biaya tinggi dan berdampak negatif pada atmosfer. Mayoritas perbaikan infrastruktur lainnya mengikuti pola yang sama.

Perpaduan Cuaca Ekstrim dan Pandemi

Mungkin saja masalahnya bisa memburuk. Hampir menurut definisi, pakar rantai pasokan adalah multitasker yang sangat baik. Saat hambatan rantai pasokan berlipat ganda, mudah untuk merasa seperti orang yang berjalan di atas tali yang menyulap piramida manusia sambil menyeimbangkan. Begitulah rasanya ketika pandemi bertabrakan dengan gangguan terkait cuaca ekstrim, yang bertabrakan dengan krisis pelabuhan, yang bertabrakan dengan kekurangan sebagian manufaktur, yang bertabrakan dengan undang-undang baru, dan sebagainya. Bahkan gangguan tambahan kecil, seperti kebakaran di pabrik chip Jepang atau kapal yang terdampar di Terusan Suez, yang tidak akan dicatat oleh komunitas internasional dalam keadaan normal, menambah ketidakseimbangan. Ada kemungkinan bahwa backup ke backup bukanlah suatu pilihan.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat kami ambil dalam jangka pendek dan menengah, seperti menetapkan strategi pengadaan yang kuat dan tangguh, termasuk strategi bersama dengan pemasok tingkat 1 dan 2; menyederhanakan rantai pasokan dengan mengurangi ketidakpastian, meningkatkan persediaan penyangga, dan menempatkan persediaan dekat dengan pasar yang diharapkan; serta meningkatkan visibilitas dan kemampuan untuk merespons dengan cepat peristiwa rantai pasokan. Semua ini tidak mudah, karena perubahan permintaan menimbulkan keraguan pada komitmen pengadaan sebelumnya serta prakiraan kebutuhan inventaris menurut industri. Perusahaan dapat menempatkan diri mereka di tempat yang lebih baik secara individu.

ALOM bertujuan untuk menjadi klien favorit, dan kami telah bekerja dengan vendor kami selama beberapa dekade. Ini adalah salah satu alasan mengapa inventaris kami tiba dan kami dapat menyediakan pengiriman tepat waktu kepada pelanggan kami.

Ketika rantai pasokan menjadi lebih dipolitisasi, hubungan tenaga kerja yang diperkuat di pelabuhan dan peningkatan kapasitas dan pemuatan keluar pelabuhan dapat menguntungkan eksportir A.S., mencegah kapal dibiarkan kosong ketika produk ekspor tertinggal. Tidak perlu dipikirkan lagi untuk mengoperasikan pelabuhan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, sama seperti rantai pasokan lainnya. Setiap masalah stop-and-go dapat dihindari dengan teknologi pintar di pelabuhan atau chokepoint lainnya.

Pengemudi truk akan dapat memperoleh keringanan peraturan serta dukungan untuk pemilik-operator independen. Perundang-undangan yang konsisten dan adil, serta waktu pemrosesan yang cepat, dapat membantu rantai pasokan yang hampir mendekati dan diperpendek.

Bahkan jika kami berkolaborasi, retakan pada veneer rantai pasokan akan melebar seiring dengan berlanjutnya ketegangan rantai pasokan. Kami membiarkan ketidakpastian meningkat, dan pandemi serta gangguan rantai pasokan lainnya hanya mengungkapkan masalah sistemik yang sudah ada. Dalam sepuluh tahun, jika kita benar-benar pintar, kita bisa berada dalam kondisi yang lebih baik. Sementara itu, organisasi dengan pengalaman, kerja tim, dan pemrosesan data paling banyak akan memiliki keunggulan yang signifikan.