Iron Bird Logistic & Deliveree: Rangkuman Transport

By Editor Logisticsbid - SmFudWFyeSAyNywgMjAyMQ==

Iron Bird Logistic & Deliveree: Rangkuman Transport

Dunia sedang menuju digitalisasi, terutama di industri transportasi, logistik, dan pengiriman barang. Tren ini bermuara pada dua jenis layanan logistik terkemuka: tradisional dan berbasis teknologi. Perusahaan logistik berbasis teknologi memberikan transparansi lebih. Dengan informasi waktu nyata di setiap langkah proses mereka. Mulai dari pembuatan pesanan hingga pengiriman produk.

Tim kami telah melalui ribuan penyedia logistik tradisional dan berbasis teknologi di Indonesia, dan menemukan bahwa Iron Bird dan Deliveree adalah dua pemain terkemuka dari masing-masing pihak. Pada artikel ini, kami mengumpulkan informasi yang diperlukan agar Anda dapat mempertimbangkan penyedia mana yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda. Mari kita selami langsung.

-Bayu Hermawan, Editor Logisticsbid logisticsbid-icon

Siapa pemain-pemain ini?

 

Iron BirdDeliveree
Tahun didirikan19932015
KeberadaanIndonesiaIndonesia, Thailand, Filipina
Kantor & cabang di IndonesiaCilegon, Jakarta, Cikarang, Semarang, SurabayaJakarta, Surabaya
LayananPergudangan, trucking, freight forwardingTrucking
Metode pemesananTelepon atau emailAplikasi mobile & desktop
Jam operasional24/724/7

 

Berdiri 27 tahun lalu, Iron Bird logistic merupakan perusahaan yang berdiri di bawah payung Blue Bird Group, sebuah perusahaan yang dikenal dengan jasa transportasi taksi. Kemampuan dan keahlian mereka dalam pengiriman kargo dengan peti kemas dan truk berhasil melayani pelanggan mereka di seluruh Indonesia, dan ke berbagai negara di dunia.

Di sisi lain, Deliveree adalah pemain yang relatif baru di sektor ini. Mereka adalah perusahaan persewaan truk layanan penuh yang menggunakan aplikasi seluler dan aplikasi situs web yang canggih. Mereka dapat ditemukan di Google Playstore dan Apple Appstore. Mereka telah memperluas area layanan mereka ke beberapa lokasi di Jawa dengan ribuan truk tersedia di platform mereka. Situs web mereka menampilkan “Ekspedisi” atau “Trucking” yang menunjukkan spesialisasi mereka pada truk berukuran sedang hingga truk pengangkut barang seperti engkel, engkel ganda, fuso, kotak tronton dan kotak sayap untuk mengirimkan barang untuk bisnis.

Area layanan apa yang mereka cakup?

Dengan jaringannya yang luas, saat ini Iron Bird transport dapat menjangkau pengiriman ke seluruh Indonesia. Area layanan yang luas ini juga didukung dengan jam operasional yang sangat menarik, 24 jam, 7 hari dalam seminggu. Jadi, jika tim Anda ingin melakukan pengiriman dengan Iron Bird logistic bahkan pada jam-jam ganjil, kami dapat dengan aman mengatakan bahwa tim Anda dapat melakukannya. Sedangkan untuk Deliveree, mereka juga melakukan aktivitas operasional 24 jam sehari. Namun, wilayah jangkauan pengirimannya tidak seluas Iron Bird transport. Deliveree saat ini mampu melayani pelanggannya untuk pengiriman ke seluruh wilayah di Jawa dan sebagian Sumatera. Tim editorial kami menemukan apa yang mereka sebut “pemeriksaan alamat” di situs web mereka. Menurut kami fitur ini sangat membantu jika Anda ingin mengetahui area mana saja yang sudah dicakup oleh Deliveree.

Jenis truk apa yang mereka miliki?

Kami menyukai bagaimana kedua penyedia menentukan dan mencantumkan jenis truk yang mereka sediakan di platform mereka. Ini tidak hanya akan membantu pengguna untuk mengetahui tetapi juga untuk membuat mereka memutuskan jenis truk mana yang mungkin cocok untuk barang mereka, ini juga akan menghemat waktu mereka dan mencegah mereka bolak-balik dengan dukungan pelanggan hanya untuk mendapatkan info tentang jenis truk yang disediakan.

Kedua penyedia logistik tersebut sama-sama memiliki 10 jenis truk yang bisa disewa dengan FTL atau dengan kata lain Full Truck Load. Dengan sistem FTL ini, sangat memungkinkan bagi Anda sebagai pelanggan untuk menyewa truk sesuai keinginan. Jam pengiriman bisa di sesuaikan dengan kebutuhan anda, bagian dalam truck cargo adalah milik anda sendiri tanpa harus khawatir barang anda tercampur dengan barang orang lain. Jadi dengan kata lain, kebebasan penuh adalah milik Anda.

Dari tabel yang disediakan oleh tim kami di atas, terlihat bahwa Iron Bird logistic hanya memiliki jenis truk besar, truk terkecil yang dimilikinya adalah L-300 atau setara dengan yang disebut Small Box di Deliveree. Jadi, jika Iron Bird muncul di benak Anda sebagai penyedia truk besar, tidak heran lagi. Namun jangan salah, Deliveree juga menyediakan truk berukuran besar untuk para pelanggannya. Kami mengecek di website mereka bahwa truk terbesar mereka berkapasitas 18 ton untuk jenis tronton wingbox. Selain wingbox tronton, tersedia juga varian ankle dan fuso. Yang menarik, mereka juga menyediakan city car dan MPV yang biasanya dibuat untuk mengangkut penumpang untuk mengangkut barang. Menurut kami jenis mobil kecil ini akan sangat cocok jika Anda hanya perlu mengirimkan barang yang tidak terlalu besar atau berat, tetapi tidak memungkinkan lagi untuk mengirim dengan sepeda motor.

Bagaimana struktur harga mereka?

Setelah tim kami menjelajah dan menekan semua tombol yang ada di website Iron Bird transport, tim kami masih belum menemukan informasi apapun terkait harga yang ditawarkan oleh mereka, baik itu berupa daftar harga maupun kalkulator penghitungan harga online. Jadi kami menemukan satu-satunya cara untuk mendapatkan harga mereka dengan langsung menghubungi tim mereka melalui telepon atau email. Mirip dengan penyedia tradisional lainnya, Anda akan diarahkan ke perwakilan penjualan mereka. Setelah Anda terhubung, itulah kesempatan Anda untuk menjelaskan kebutuhan pengiriman Anda secara komprehensif, sehingga tim mereka dapat memberikan penawaran harga terbaik yang dapat disesuaikan.

Sebaliknya, tim kami berhasil mendapatkan harga dari Deliveree untuk rute mana pun yang kami inginkan (sistem mereka akan memberi Anda info tentang area mana yang mereka cakup). Cukup nyaman yang harus kami katakan. Melalui apa yang mereka sebut kalkulator online, dan dapat diakses secara bebas kapan saja oleh siapa saja, kami dapat memeriksa harga untuk semua dari 10 jenis armada yang mereka sediakan. Kami juga melihat bahwa mereka memiliki versi kalkulator lain, yang mereka sebut “ukuran kargo”. Jadi, jika Anda tidak yakin jenis truk mana yang cocok untuk barang Anda, Anda selalu dapat mencoba menggunakan versi ini. Pada dasarnya Anda memasukkan berat dan volume barang Anda, kemudian mereka akan memberikan saran truk mana yang cocok untuk barang Anda.

Layanan apa yang Anda dapatkan?

Sekali lagi, tidak banyak info tentang harga dan apa yang disertakan dalam situs web Iron Bird logistic. Namun, beberapa layanan yang mereka sebutkan adalah Anda akan didukung penuh oleh layanan pelanggan mereka untuk pra, selama, dan pasca pengiriman. Mereka juga melengkapi setiap pengiriman dengan sistem pelacakan dan sistem manajemen transportasi, yang dapat Anda tanyakan statusnya ke CS mereka. Selain itu, perlu diketahui bahwa mereka juga menyediakan cek kemasan. Jadi, jika barang Anda perlu dikemas, tim mereka dapat membantu Anda.

Sayangnya layanan ini tidak ditemukan di Deliveree. Pengemudi Deliveree tidak menyediakan kotak atau alat pengemas lainnya untuk barang Anda. Namun, ada banyak inklusi lain yang bisa Anda dapatkan dari harga Deliveree. Ini termasuk: asuransi barang gratis, biaya bongkar muat, pengambilan dan pengiriman barang ke depan pintu Anda, layanan CS 24 jam, dasbor analitik untuk melihat seluruh riwayat pengiriman dengan Deliveree, dan juga fitur pelacakan langsung waktu nyata. Jadi bisa dikatakan, keuntungan yang didapat dari penawaran harga Deliveree masih lebih menarik dibanding yang tertera di website Iron Bird logistic. Tim kami merekomendasikan agar Anda menghubungi Iron Bird transport untuk mengonfirmasi apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam penawaran harga mereka.

Sekarang, bagaimana Anda memesan truk mereka?

Kembali ke diskusi kita di awal, Iron Bird transport dan Deliveree berada pada ujung yang sedikit berbeda satu sama lain. Jika Iron Bird logistic lebih tradisional, Deliveree lebih ke arah digital, teknologi, dan cloud.

 

Iron BirdDeliveree
Cara pesan trukTelepon atau emailAplikasi mobile atau web
Dukungan operasional CS24/724/7
Lama proses pemesanan5 – 10 menit<5 menit
Pengaturan pemesananJemput di lokasi yang ditentukanJemput di lokasi yang ditentukan
Jadwal pemesananKapanpun, bergantung pada pelangganKapanpun, bergantung pada pelanggan, hingga 2 minggu kedepan

 

Tim editor kami memberikan perbandingan ini untuk melihat penyedia angkutan truk mana yang paling memudahkan pemesanan. Harap diperhatikan, metode pemesanan ini akan tergantung pada preferensi Anda. Anda mungkin lebih nyaman berkomunikasi langsung dengan orang lain sehingga Anda dapat menjelaskan kebutuhan pengiriman Anda dengan jelas. Namun jika kebalikan dari itu, maka Anda bisa memilih Deliveree karena cara pemesanan yang bisa dilakukan hanya dengan ujung jari. Tim kami mempelajari sedikit tentang aplikasi Deliveree dan menemukan 3 langkah cepat untuk memesan truk. Secara keseluruhan, hal-hal yang biasanya diminta pelanggan logistik tercakup dalam aplikasi mereka. Jadi, Anda tinggal cek dan pesan saja.

Keputusannya: kendali penuh ada di Anda

Kami hanya membantu Anda mempertimbangkan atau mempertimbangkan di antara ribuan penyedia dengan mempersempitnya menjadi dua. Kedua penyedia ini adalah yang terbaik dari yang terbaik di bidangnya, perbedaan kecilnya adalah dalam hal teknologi, dan jenis harga. Pada akhirnya, Andalah yang akan memutuskan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda dan mana yang memberi Anda nilai ekonomi dan layanan terbaik. Tidak dapat disangkal bahwa Iron Bird transport adalah raksasa dalam hal cakupan area layanan, kualitas layanan, dan dukungan pelanggan. Sementara Deliveree, pemain baru di antara keduanya diam-diam mengubah industri logistik dengan memelopori teknologi sebagai cara saat ini untuk menjalankan logistik. Sekarang, apakah kamu sudah memutuskan?

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

  1. Bagaimana cara melacak pengiriman menggunakan Iron Bird atau Deliveree?
    Iron Bird transport memiliki sistem manajemen pelacakan yang bekerja 24 jam sehari. Tim terpercaya mereka akan selalu memantau keberadaan barang Anda yang terus bertambah. Anda sebagai pelanggan dapat menghubungi tim Iron Bird untuk menanyakan status dan lokasi barang Anda melalui telepon atau Whatsapp. Di sisi lain, Deliveree menggunakan sistem pelacakan langsung yang terdapat dalam aplikasinya. Setiap orderan yang dibuat bisa dilakukan secara real time, begitu juga saat barang sudah sampai di tempat tujuan, otomatis kamu akan diketahui melalui push notifikasi.
  2. Apa perbedaan utama antara Iron Bird Logistic & Deliveree?
    Iron Bird memiliki layanan lain selain trucking yaitu pergudangan dan pengiriman barang untuk pengiriman dengan peti kemas ke luar negeri. Sedangkan Deliveree hanya fokus mengantarkan barang dengan truk. Selain itu, cara pemesanan keduanya juga berbeda, dimana Iron Bird lebih tradisional, sedangkan Deliveree sudah menggunakan segala sesuatu secara digital.
  3. Bagaimana cara mendapatkan harga terbaik dari Iron Bird transport atau Deliveree?
    Kami percaya bahwa misi utama dari kedua provider adalah kepuasan pelanggannya. Oleh karena itu, kedua perusahaan akan selalu berusaha untuk berinovasi dengan memberikan harga yang terjangkau dan murah untuk setiap pelanggannya. Anda dapat menghubungi tim Iron Bird dan menjelaskan kebutuhan pengiriman Anda kepada mereka. Dengan begitu, tim Iron Bird dapat memberikan penawaran harga terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Sementara itu, Deliveree saat ini bermitra dengan ribuan pengemudi untuk memberi Anda harga pengiriman terendah setiap hari. Dengan konsep marketplace, ribuan partner akan selalu berlomba memberikan layanan terbaik dengan harga di bawah rata-rata.