Industrial Internet of Things dan Rantai Pasokan Ramah Lingkungan

By Cat Dewinta - MTQgTWF5LCAyMDIx

Industrial Internet of Things dan Rantai Pasokan Ramah Lingkungan

Industrial Internet of Things menjelaskan bagaimana mesin pintar dapat berkomunikasi satu sama lain dalam jaringan yang lebih besar, memungkinkan informasi dari satu mesin memengaruhi kinerja mesin lainnya. Dalam pengertian rantai pasokan, ini dapat berarti bahwa aktivitas yang memerlukan keterlibatan dua atau lebih mesin dapat diotomatiskan, menghilangkan kemungkinan kesalahan manusia.

Banyak petunjuk tentang arah di mana rantai pasokan kemungkinan besar akan berkembang telah muncul dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa tema menonjol termasuk kebutuhan untuk meningkatkan visibilitas secara keseluruhan dan meningkatkan ketahanan. Masalah lingkungan menjadi pusat perhatian, meskipun fakta bahwa pendorong di balik pembangunan ini beragam. Terlepas dari pertimbangan organisasi yang sangat fungsional, masalah lingkungan menjadi pusat perhatian.

Jalan yang Lebih Baik Menuju Keberlanjutan Jangka Panjang

Menurut sebuah studi baru di AS, merek yang mendukung keberlanjutan tumbuh 5,6 kali lebih cepat daripada yang tidak. Dalam berbagai cara, teknologi pintar dapat membantu memungkinkan rantai pasokan yang lebih ramah lingkungan. Baik penghematan biaya dan manfaat lingkungan dapat dicapai dengan meningkatkan kinerja logistik di seluruh bagian, misalnya, dengan mengurangi pengemasan untuk memungkinkan transportasi yang lebih efisien, menggunakan rute yang paling efektif untuk kendaraan jarak jauh untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, dan memantau aset secara detail untuk memastikan bahwa sumber daya tersedia tepat di mana dan kapan diperlukan.

Manajemen Risiko dan Pengelolaan Lingkungan

Visibilitas rantai pasokan memiliki banyak keuntungan dalam hal kinerja dan penghematan biaya, tetapi juga dapat mengakibatkan perubahan bisnis yang kurang terlihat. Seorang pengecer Inggris baru-baru ini kehilangan £ 1 miliar dalam 24 jam karena kurangnya visibilitas di seluruh rantai pasokannya, berkat penurunan harga saham sebesar 40% menyusul tuduhan praktik kerja yang tidak etis oleh salah satu pemasok.

Perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan mengatasi masalah tersebut dengan segera melakukan penyelidikan independen terhadap rantai pasokannya di Inggris dan menjanjikan £ 10 juta untuk mengungkap penipuan rantai pasokan. Komitmen biaya yang dapat dihindari jika proses pemasok yang disetujui ujung-ke-ujung yang lebih ketat, seperti yang disediakan oleh solusi platform manajemen rantai pasokan yang cerdas, telah diterapkan, meningkatkan transparansi dan visibilitas.

Sistem manajemen rantai pasokan berbasis IIoT memiliki alat manajemen dan visualisasi data yang andal yang dapat digunakan untuk memperkuat proses visibilitas ujung ke ujung, memungkinkan pelanggan akhir untuk mengelola risiko dalam berbagai cara, termasuk atribusi dan pemantauan titik asal di berbagai macam industri mulai dari perikanan hingga logam mulia dan batu permata, garmen hingga teknologi industri.

Pemeliharaan Prediktif Memenuhi Kebutuhan Keduanya

Pemeliharaan prediktif, istilah yang mungkin tampak lebih cocok di pabrik mobil atau proses industri berat, semakin memengaruhi rantai pasokan yang lebih luas sebagai akibat dari munculnya rantai pasokan IIoT yang lebih cerdas. Pemeliharaan prediktif adalah salah satu faktor adopsi IIoT yang paling penting, menurut survei terbaru, yang memperkirakan bahwa industri platform IIoT akan bernilai $ 13,7 miliar pada tahun 2026. Menurut MarketsandMarkets, industri platform IIoT akan berkembang ke ukuran itu dari titik awal sebesar $ 6,0 miliar pada tahun 2020, mewakili tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) 14,8 persen.

Pemeliharaan prediktif semakin banyak digunakan di arena logistik konvensional seperti pengiriman untuk memberikan jadwal pengiriman pabrik yang lebih efisien karena waktu kerja tidak tiba-tiba diturunkan oleh kegagalan suku cadang. Perusahaan teknologi sedang mengembangkan paket IIoT yang dipesan lebih dahulu untuk melacak peralatan dan sistem di atas kapal secara real time, menghasilkan ‘perjanjian Pemeliharaan yang Dioptimalkan’ yang dapat didaftarkan oleh pemilik kapal. Data historis ditambang dengan kecerdasan buatan (AI) untuk kejadian-kejadian aneh dan dikorelasikan dengan data waktu nyata dari jaringan sensor onboard, seringkali jaringan global dengan 5G, misalnya, untuk memprediksi komponen utama seperti mesin.

Dalam perjanjian baru-baru ini di sepanjang jalur ini, Manajemen Kelautan Latsco LNG yang berbasis di Yunani menandatangani perjanjian Pemeliharaan yang Dioptimalkan selama lima tahun dengan perusahaan teknologi Wärtsilä, yang mencakup mesin utama untuk dua Pengangkut LNG besar, ‘Hellas Diana’ dan ‘Hellas Athina.’ Wärtsilä melaporkan bahwa solusi perawatan prediktifnya akan membantu mengurangi perawatan tak terencana hingga 50% sekaligus menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi hingga 3 hingga 4%.

Dalam Arah Sirkularitas Benar dan Nol Bersih

Teknologi pintar menawarkan prospek untuk menciptakan rantai pasokan tanpa limbah yang benar-benar melingkar, yang mungkin paling menarik dari perspektif ekologi jangka panjang. Efisiensi yang belum terealisasi dapat dicapai dengan mengoptimalkan dan memantau semua elemen rantai pasokan. Salah satu contohnya adalah menggunakan kembali kemasan secara efektif, yang mengurangi limbah pengguna akhir hingga mendekati nol, dan tindakan lainnya adalah memasukkan daur ulang titik pengiriman barang lama, komponen, atau barang yang sedang diganti. Pendekatan ini tidak hanya mengurangi limbah rantai pasokan, tetapi juga memungkinkan daur ulang suku cadang dan sumber daya khusus yang lebih terspesialisasi dan efisien.

Perkembangan penting lainnya dalam beberapa tahun terakhir adalah meningkatnya urgensi di balik kebijakan lingkungan, mulai dari rekomendasi dan peraturan tingkat pemerintah hingga pengetahuan pelanggan dan bisnis, dan kebutuhan akan hal ini sekarang dipahami dengan baik. Teknologi pintar dan IIoT memberikan setidaknya sebagian dari solusi akhir untuk rantai pasokan yang lebih aman dan lebih hijau sekarang dan di masa depan – sebuah peluang yang tidak dapat dilewatkan oleh perusahaan mana pun dalam rantai nilai.