Fokus pada Keberagaman Membantu Kesuksesan Dunia Logistik

By Dudek Muljana - MjAgTWVpLCAyMDIx

Fokus pada Keberagaman Membantu Kesuksesan Dunia Logistik

Lebih banyak wanita dibutuhkan di industri logistik. Sebagai seorang wanita dalam kepemimpinan, saya tidak pernah lebih yakin bahwa keragaman membangun tim yang lebih baik, lebih banyak inovasi, dan sudut pandang yang lebih beragam – dan itulah yang dapat diperjuangkan oleh bisnis di industri ini.

Karena manajer logistik melihat penghematan biaya dan keterlibatan pelanggan sebagai pendorong pertumbuhan yang paling penting, tim yang solid dan gesit dengan beragam pengalaman akan lebih baik diposisikan untuk memahami kebutuhan ini, memberikan solusi kreatif, dan mendorong kinerja bisnis.

Banyak aspek dan tahapan karir, termasuk promosi, lamaran kerja, penelitian universitas, dan bahkan mata pelajaran akademis yang ingin dipelajari wanita muda saat di sekolah, masih dibatasi oleh citra maskulin tradisional industri. Meningkatkan keragaman di sektor secara keseluruhan akan memerlukan pendekatan multi-segi untuk berbagai masalah mulai dari ruang kelas hingga ruang rapat.

Penting untuk dicatat bahwa bukan hanya wanita yang perlu ditingkatkan. Itu sifat perusahaan. Saya akan menjelaskan alasannya, serta apa yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan keragaman dalam industri logistik.

Keragaman Telah Berkembang di Depan Mata

Banyak dari keyakinan mendasar saya tentang keragaman dalam industri logistik didasarkan pada pengalaman saya selama 15 tahun. Mereka menunjukkan bahwa perbaikan tidak hanya akan memotivasi tim, tetapi juga memungkinkan.

Tidak ada tempat untuk agenda “keberagaman dan inklusi” ketika saya pertama kali memulai di industri logistik. Saya menonjol sebagai seorang wanita, dan itu berdampak besar pada cara saya ditangani. “Nyalakan ketelnya, sayang,” aku diberitahu berkali-kali.

Cara paling sederhana untuk mengalihkan fokus dari jenis kelamin saya dan menuju standar pekerjaan saya adalah mengubah cara saya berperilaku – meniru rekan kerja laki-laki saya. Meskipun hal ini mungkin telah membantu integrasi saya ke dunia saat ini, hal itu tidak memungkinkan penghuninya untuk menyesuaikan diri.

Namun, saya telah menemukan bahwa memimpin dengan memberi contoh adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan keragaman di industri apa pun. Saya cukup beruntung memiliki bos wanita pada saat itu, yang merupakan panutan yang sangat tidak biasa di industri ini. Dan dia adalah kue yang tangguh. Saya belajar bagaimana melanjutkan pekerjaan saya serta bagaimana mengabaikan komentar yang tidak masuk akal.

Saya mulai mengukir tempat untuk diri saya sendiri, bukan versi yang harus bertindak maskulin agar cocok, berkat teladannya bahwa wanita dapat diterima di dunia ini. Wanita lain, seperti saya, mengikutinya. Bertahun-tahun kemudian, saya sekarang memimpin tim yang jauh lebih beragam, dan kami masih bekerja keras untuk memastikan bahwa setiap orang bebas menjadi diri mereka sendiri. Ya, saya selalu membuat teh untuk rekan kerja saya, tetapi hanya jika saya menginginkannya.

Upaya Bersama untuk Beradaptasi Akan Membantu Industri

Keragaman yang meningkat berpotensi untuk meningkatkan organisasi rantai pasokan dengan cara yang lebih dari sekadar memenuhi kuota. Bakat perempuan harus dipertimbangkan secara serius oleh perusahaan yang ingin meningkatkan penawaran rantai pasokan mereka dan membangun ketahanan yang lebih baik. Mari kita lihat mengapa demikian.

Menurut laporan BluJay, 75% manajer rantai pasokan berencana untuk melakukan perbaikan moderat hingga signifikan pada aktivitas mereka sebagai akibat dari pandemi, memungkinkan mereka menjadi lebih tangguh. Menurut laporan Komisi Eropa 2018, memiliki lebih banyak wanita di industri transportasi meningkatkan pengambilan keputusan, kreativitas, dan inovasi. Tim yang lebih beragam, menurut laporan lain, memiliki pengaruh signifikan pada kemampuan organisasi untuk merekrut talenta terbaik, meningkatkan kepuasan karyawan dan pengambilan keputusan, serta meningkatkan orientasi pelanggan.

Wanita, di sisi lain, tidak diizinkan untuk melamar pekerjaan rantai pasokan sampai industri telah menunjukkan bahwa ia mampu mendukung kreativitas serta pilihan hidup mereka.

Penting untuk membuat upaya sadar untuk memajukan wanita. Hal ini memerlukan pembentukan pemimpin perempuan yang kuat dan dikenal untuk melanjutkan tren kepemimpinan logistik perempuan dari tahun ke tahun. Menurut laporan Komisi Eropa, dalam pekerjaan yang didominasi laki-laki, pekerjaan untuk meningkatkan bakat perempuan dalam kelompok pelamar harus dimulai sebelum proses lamaran.

Untuk memicu pertimbangan dalam benak perempuan muda, organisasi ingin mempertimbangkan untuk menjangkau lembaga pendidikan sebagai pelopor untuk reformasi kurikulum yang lebih sistemik, memposisikan rantai pasokan sebagai yang dapat diakses dan mengakomodasi perempuan.

Bagaimana perusahaan logistik membantu perempuan dalam fungsi rantai pasokan agar lebih efektif? Diversifikasi pekerja dalam rantai pasokan mungkin merupakan keputusan bisnis paling signifikan yang dibuat oleh para eksekutif dalam satu dekade. Namun, itu membutuhkan usaha. Begini cara satu perusahaan rantai pasokan menerapkan peningkatan bagi karyawannya.

Jika Anda tahu bahwa hanya 17 persen dari chief supply chain officer adalah wanita, program bijaksana seperti ini adalah pilihan yang sangat baik. Memiliki gambaran yang baik tentang keragaman organisasi dan mengenali area utama untuk perbaikan akan membantu dalam implementasi perubahan substantif. Dengan angka-angka tersebut di tangan, latar belakang dan kesadaran lokal sangat penting untuk kelancaran peluncuran inisiatif keanekaragaman apa pun.

Meskipun kepemimpinan dari atas ke bawah dalam masalah keragaman diperlukan, program-program ini bekerja paling baik ketika pekerja di semua tingkatan termotivasi untuk menumbuhkan budaya ramah di komunitas mereka.

Perkembangan rantai pasokan paling signifikan dalam satu dekade
Manfaat pemberdayaan wanita bagi perusahaan sangat besar, mendiversifikasi kumpulan pemimpin potensial, memperkenalkan bakat baru, dan membangun tim yang lebih besar dan lebih fleksibel.

Namun, jika keragaman diprioritaskan secara internal, industri rantai pasokan hanya dapat melihat peningkatan jumlah perempuan yang melamar pekerjaan, naik pangkat, dan memimpin dari depan. Memahami bagaimana wanita dapat membantu rantai pasokan mencapai tujuan terpentingnya memberikan lebih banyak motivasi untuk menginspirasi, mendorong, dan menciptakan peluang bagi wanita untuk unggul tanpa mengorbankan pilihan dan individualitas mereka sendiri.